Tanggap Bencana Sejak Dini Mahasiswa KKN UM Desa Langlang Bagikan Infografis Mitigasi Bencana - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Mahasiswa KKN UM 2020 menyerahkan infografis mitigasi bencana pada sekretasis Desa Langlang

iing merilla

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Juni 2020

Selasa, 30 Juni 2020 10:02 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Tanggap Bencana Sejak Dini Mahasiswa KKN UM Desa Langlang Bagikan Infografis Mitigasi Bencana

    Kegiatan KKN UM 2020 edisi COVID-19 dilakukan secara online dengan menerapkan protokol kesehatan. Mahasiswa menyusun program kerja dalam bentuk karya pengabdian. Desa Langlang, Singosari, Kabupaten Malang pernah dilanda angin puting beliung, sehingga informasi tentang mitigasi bencana sangat diperlukan agar masyarakat lebih tanggap tentang bencana.

    Dibaca : 393 kali

    Desa Lang-Lang, Singosari, Kabupaten Malang pada tahun 2017 dan 2019 memiliki sejarah dilanda angin puting beliung. Angin puting beliung terparah terjadi pada tahun 2017 yang berdampak pada rusaknya 248 rumah, 5 orang mengalami luka ringan, dan 2 orang mengalami luka berat. Pada tahun 2019 kembali terjadi dalam skala yang lebih ringan, tidak terdapat korban jiwa namun 1 rumah rusak.

    Guna meningkatkan kewaspadaan penduduk dalam menghadapi bencana, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang tahun 2020 di Desa Langlang membagikan infografis mitigasi bencana.

    “Untuk mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan kami mencoba membantu dengan infografis ini yang berisi salah satunya, tanda-tanda adanya bencana puting beliung, hal-hal yang perlu dilakukan jika terjadi bencana tersebut,” ujar Refa Iqbal, ketua KKN Desa Langlang 2020.

    Selain angin puting beliung, mahasiswa juga membagikan infografis untuk becana gempa bumi, tanah longsor, dan banjir. Infografis yang dibagikan memuat informasi tentang pemicu bencana, tanda-tanda terjadinya bencana tersebut, dan yang terpenting tindakan mitigasi yang tepat dilakukan baik itu prabencana, saat becana, maupun pascabencana.

    Penempelan infografis dibantu oleh Muhammad Khoir, anggota karang taruna Desa Langlang, pada hari Sabtu (27/06/2020). Infografis ditempelkan di 5 titik strategis Desa Langlang, yaitu di setiap RW (RW 01-04) serta di papan informasi Balai Desa Langlang. Selain itu, mahasiswa KKN juga membagikan softfile infografis pada karang taruna agar bisa diperbanyak atau disebarkan secara online pada setiap warga.

    “Program kerja ini tepat sekali, karena memang pernah ada kejadian angin puting beliung. Dengan adanya kegiatan ini di Desa Langlang nanti masyarakat bisa paham awal mulanya terjadi beliung seperti apa, tanda-tandanya seperti apa, penyebabnya seperti apa, jadi bisa dipahami lebih awal sehingga bisa menyelamatkan diri,” ujar Pak Sandi, selaku Sekretaris Desa Langlang, Singosari.

    Pewarta : Iing Merillarosa K – Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat UM

    Pewarta Foto : Anugrah Oktandi dan Augusto Daniel - Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia UM



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.