Mahasiswa KKN UM Adakan Program Jum'at Berkah untuk Warga Desa Bujel - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Alvi Rohmatulazizah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 hari lalu

3 hari lalu
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Mahasiswa KKN UM Adakan Program Jum'at Berkah untuk Warga Desa Bujel

    Dibaca : 125 kali

    Kediri. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pulang Kampung Universitas Negeri Malang mengadakan program kerja “Jumat Berkah” yang dilaksanakan setiap hari Jum'at di Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Program “Jum’at Berkah” adalah program bagi-bagi sayur secara gratis. Program ini ditujukan untuk masyarakat terutama yang berada dilingkup Kelurahan Bujel. Program ini dilaksanakan di dua tempat yang berbeda yaitu di Kelurahan Bujel dan Ruas Jalan RW 05.

    Pembagian sayur ini dilaksanakan mulai pukul 07.00 sampai paket sayur yang disediakan sudah habis. Dalam paket sayur gratis ini terdiri dari beberapa sayuran seperti sayur sop, bening, asem, kacang panjang, sawi, dan lain-lain. Selain beberapa sayuran tadi dalam paket sayur gratis ini juga ada protein seperti telur, ayam, tahu, dan tempe. Paket yang telah jadi akan disangkutkan pada paku di dinding, nantinya warga dapat bebas memilih paket yang diinginkan. Meskipun warga bebas memilih, namun tetap dibatasi satu orang hanya dapat mengambil satu paket saja.

    Program ini mendapatkan dukungan secara penuh oleh Kepala Kelurahan Bujel dan mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat setempat, selain itu dengan adanya Program Jum’at Berkah ini dapat membantu warga khususnya Bujel untuk meringankan beban perekonomian masyarakat khususnya untuk masyarakat yang masih kekurangan bahan makanan akibat pandemi Covid-19.

    Dampak positif dari adanya program ini yaitu membangkitkan jiwa kesadaran masyarakat untuk gotong royong menghadapi dampak dari adanya Covid-19 ini dengan turut andil dalam menyumbangkan donasi sayur selama berlangsungnya program ini.

    Kepala Kelurahan Bujel, Bapak Mujiyo juga aktif memberikan penjadwalan dan pengawasan kepada setiap warganya yang tergabung dalam rukun tetangga untuk turut serta menyumbangkan sayur dan lauk pauk dalam kegiatan ini sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan. Jumlah donasi mencapai 300 lebih baik dari mahasiswa KKN maupun dari RT setempat masih menyisakan warga yang sudah berdiri menunggu antrian namun tidak mendapatkan jatah.

    Harapannya dengan program ini maka masyarakat diluar Kelurahan Bujel juga bisa ikut termotivasi mengadakan pembagian sayur secara gratis karena di tengah wabah Covid – 19 ini sangat penting untuk saling bantu membantu antara masyarakat lapisan menengah dan atas yang diperuntukkan untuk saudara lain yaitu masyarakat lapisan bawah. (Kdr, 26/06/20)


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.