x

Iklan

Iftina Faiz Annisa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2020

Kamis, 2 Juli 2020 06:02 WIB

Urgensi Perencanaan Keuangan bagi UMKM saat Pandemi

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) adakan webinar perencanaan keuangan bagi UMKM ditengah pandemi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pada tanggal (10/6) mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan Web-seminar (webinar) terkait perncanaan keuangan bagi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di Desa Karanganyar, Poncokusumo, Kabupaten Malang. Webinar tersebut diadakan pada platform Google Meet. Pembicara dari acara ini adalah Dr, Dwi Wulandari. S.E., M.M., CFP, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) edisi Covid 19 Desa Karanganyar sekaligus Perencana Keuangan. Saat ini jumlah UMKM di Desa Karangnyar tercatat sekitar 7 unit UMKM.

            Webinar ini diadakan karena terdapat berbagai masalah keuangan yang dialami oleh UMKM yang ada di Desa Karanganyar. Menurut Dwi Wulandari, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM yang juga perencana keuangan menjelaskan terdapat beberapa permasalahan umum yang sering dijumpai pada UMKM terutama pada masalah keuangan. Permasalahan tersebut antara lain tidak memisahkan keuangan usaha dengan keuangan pribadi sehingga sulit mengontrol cashflow, cashflow sering negatif dan tidak punya dana darurat. Dalam ilmu ekonomi, cashflow atau laporan arus kas adalah sebuah laporan yang berisi penerimaan dan pengeluaran suatu badan usaha dalam periode tertentu. Adanya cashflow mempermudah pemilik usaha mengetahui apakah usaha yang dijalaninya mengalami untung atau rugi.

            Selain itu, tujuan dari adanya webinar ini dikemukakan oleh Gigin Ferdika Putri, Mahasiswi Pendidikan Akuntasi UM angkatan 2017 yang juga sebagai penanggung jawab dari acara webinar. Menurut Gigin, tujuan dari adanya webinar ini agar pemilik usaha UMKM memiliki perencanaan keuangan yang bagus, yang mana apabila keuangan UMKM bagus maka UMKM tersebut akan berjalan stabil, selain itu juga dengan adanya webinar perencanaan keuangan ini para pemilik usaha UMKM nantinya dapat mencapai financial freedom di hari tuanya nanti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Bagus Priyambudi, salah satu peserta webinar menanggapi positif terkait adanya acara ini. Menurutnya, acara webinar tersebut berlangsung tepat waktu dan juga materi yang disampaikan mudah dipahami sehingga peserta mengetahui terkait pentingnya memilah uang dan investasi. Serta membantu pengebangan manajemen keuangan. Dwiky Syaputra mahasiswa Hukum Kewarganegaraan FIS UM juga peserta dalam webinar perencanaan keuangan UMKM mengacungi jempol terhadap materi yang diberikan, "materi webinar ini tidak hanya  dapat digunakan oleh UMKM namun juga untuk pengembangan manajemen diri terkait mengatur keuangan pribadi ditengah kondisi ekonomi yang semakin tidak terduga." jelasnya saat ditanyai oleh panitia pelaksana webinar perencanaan keuangan KKN Desa Karanganyar. (ift)

Ikuti tulisan menarik Iftina Faiz Annisa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB