x

Iklan

ANGGUN TRI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2020

Kamis, 2 Juli 2020 06:03 WIB

Lawan Covid-19, Mahasiswa KKN UM Sediakan Tempat Cuci Tangan dari Galon Bekas


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dunia tengah dilanda pandemi yang mengakibatkan banyak korban berguguran. COVID19 atau virus corona di Indonesia sendiri kasusnya terus meningkat sejak bulan maret lalu. Jawa Timur menjadi provinsi yang mengalami penambahan kasus covid19 paling tinggi di Indonesia. Hal tersebut bisa kita putus rantai penyebarannya dengan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah dan menjalani gaya hidup sehat.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, KKN mahasiswa Universitas Negeri Malang  pada tahun ini dilaksanakan secara online, mahasiswa tidak diperkenankan untuk tinggal di desa. Salah satu kelompok KKN reguler Universitas Negeri Malang yang ditempatkan di Desa Kasembon Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang melaksanakan kegiatan membantu masyarakat untuk memutus rantai penyebaran covid19 dengan membuatkan tempat cuci tangan dari galon bekas berjumlah 15 buah. Selain tempat cuci tangan, masyarakat Desa Kasembon juga dibekali video tutorial cara mencuci tangan, dapat discan pada stiker yang ditempatkan disekitar tempat cuci tangan, dengan begitu masyarakat bisa mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar menggunkan sabun.

Penyerahan dilakukan secara langsung bertempat di kantor Desa Kasembon pada 24 juni 2020 dan diterima dengan baik oleh perangkat desa setempat. “Kita tetap sangat senang karena dengan adanya program KKN di sini dapat memberi motivasi untuk perkembangan desa. Kalau masalah online itu semua kita sudah menyadari karena adanya pandemi. Meskipun yang KKN tidak seperti biasanya menginap di sini, tetapi sekarang dilaksanakan secara online itu semua tetap berkesan dan membanggakan buat kami. Semoga dengan adanya KKN di sini pada periode tahun ini dari UM membawa manfaat untuk masyarakat kami.” ujar Huda selaku Kesra Desa Kasembon.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain itu, mahasiswa KKN UM juga membagikan tempat cuci tangan ke beberapa tempat seperti sekolah-sekolah yang berada di Desa Kasembon. “Khusus untuk proker ini harapan kami, yang dikasihkan pada hari ini itu dapat menambah kekurangan yang ada di desa, karena kemarin dari desa memberikan tempat cuci tangan hanya dibeberapa titik. Semoga itu bermanfaat untuk menangani pandemi korona pada masa new normal di Malang”, ujar Bapak Huda selaku Kesejahteraan Rakyat Desa Kasembon berharap proker tersebut bermanfaat untuk warga desa khususnya dalam mencegah penyebaran covid19.

Ikuti tulisan menarik ANGGUN TRI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler