x

Iklan

Adella Febrina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Juli 2020

Kamis, 2 Juli 2020 18:38 WIB

Edukasi Pencegahan Covid-19 Melalui Kegiatan KKN Tematik UPI


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cibinong, Bogor - Kemunculan penyakit baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya, yakni Coronavirus Disease 2019 atau dikenal juga dengan sebutan Covid-19,  menghadirkan tantangan yang tidak biasa pada setiap aspek dalam kehidupan. Semenjak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan Covid-19 sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia, Indonesia segera menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dimana seluruh masyarakat dihimbau untuk melakukan Pembatasan Fisik atau Physical Distancing. Namun, nyatanya masih banyak masyarakat yang menganggap sepele anjuran tersebut bahkan melanggarnya.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai salah satu perguruan tinggi yang ada di Provinsi Jawa Barat terpanggil untuk turut serta berkontribusi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan Covid-19 untuk Mewujudkan Merdeka Belajar yang dirumuskan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPI. 

Kegiatan KKN selama 30 hari ini dilaksanakan oleh mahasiswa UPI di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya bertempat di RT 05 RW 10, Kelurahan Harapan Jaya, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Dalam pelaksanaannya, kegiatan KKN ini  dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Dr. Yadi Ruyadi, M.Si.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program kegiatan KKN yang dilaksanakan meliputi pendataan penduduk setempat sebagai upaya pencegahan Covid-19. Selain dari itu, dilakukan pula pembuatan media edukasi daring berupa poster dan video yang kemudian disebarkan melalui media sosial seperti Instagram dan YouTube. Besar harapanya bahwa media edukasi yang dibuat dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan diri untuk mencegah penularan Covid-19.

Untuk meningkatkan upaya  pencegahan penularan Covid-19, dalam kegiatan KKN ini juga dilakukan penyaluran Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker kain dan cairan desinfektan. Penyaluran APD dibantu oleh satpam perumahan yang berjaga untuk dibagikan kepada masyarakat setempat. Hal ini dapat membantu masyarakat dalam menerapkan anjuran pemerintah untuk selalu mengenakan masker ketika berkegiatan di luar rumah, sebagai salah satu syarat dalam protokol kesehatan.

 Pelaksanaan rangkaian kegiatan KKN ini disambut baik oleh Bapak M. Ilyas selaku Ketua RW 10 dan Bapak Suyanto selaku Ketua RT 05. Pihak RW dan RT pun turut membantu kegiatan, khususnya pada program pendataan penduduk. "Melalui kegiatan (KKN) ini, semoga kedepannya masyarakat menjadi lebih sigap dalam mencegah penularan Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketika berkegiatan di luar rumah" ujar Bapak Yanto.

Adapun rangkuman pelaksanaan kegiatan KKN Tematik Pencegahan Covid-19 seperti yang telah dijelaskan di atas, dapat dilihat melalui tautan berikut ini https://youtu.be/UmDlmKRSkHE

Ikuti tulisan menarik Adella Febrina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler