Hadapi Covid-19, KKN UM Membuat Aplikasi Mobile Edukasi dan Informasi untuk Desa Semen - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Penyerahan secara simbolik aplikasi PICOMEN oleh divisi pendidikan teknologi KKN Desa Semen kepada sekretaris Desa Semen

Syaiful Sy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Juli 2020

Jumat, 3 Juli 2020 17:43 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Hadapi Covid-19, KKN UM Membuat Aplikasi Mobile Edukasi dan Informasi untuk Desa Semen

    Dibaca : 269 kali

    Blitar. Pada tahun 2020 ini dunia tengah menghadapi pandemi Covid-19 dimana hal tersebut mengharuskan setiap orang untuk mengurangi kegiatan keluar rumah untuk memutus rantai persebaran Covid-19. Namun, Universitas Negeri Malang tetap melaksanakan KKN ditengah pandemi, yaitu dengan KKN edisi Covid-19 dimana pelaksanaannya memperhatikan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah dan sesuai ketentuan yang di buat oleh Universitas Negeri Malang.

    Pada KKN edisi Covid-19 mahasiswa lebih banyak melakukan kegiatan yang berkaitan dengan membantu pemerintah untuk memerangi Covid-19.

    Screen shot tampilan awal aplikasi PICOMEN

     

    Dengan adanya KKN edisi Covid-19 mahasiswa KKN Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar melaksanakan program kerja pembuatan aplikasi mobile edukasi dan informasi PICOMEN (Pusat Informasi Covid-19 Desa Semen). Aplikasi PICOMEN merupakan aplikasi yang dapat di install/dipasang pada smartphone.

    Aplikasi yang dibuat oleh mahasiswa KKN Desa Semen ini cukup sederhana namun dapat mengedukasi masyarakat Desa Semen terkait dengan pengenalan Covid-19, cara pencegahan Covid-19, terdapat pula video pencegahan Covid-19 dan cara cuci tangan yang benar, selain itu terdapat cara untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 (New Normal), serta informasi penanganan Covid-19 dan persebaran Covid-19 khusus di Desa Semen.

    Penanggung jawab program kerja pembuatan aplikasi mobile edukasi dan informasi PICOMEN (Pusat Informasi Covid-19 Desa Semen) menjelaskan isi aplikasi PICOMEN kepada sekretaris Desa Semen

     

    Penyerahan aplikasi PICOMEN dilakukan oleh penanggung jawab program kerja pembuatan aplikasi mobile edukasi dan informasi PICOMEN (Pusat Informasi Covid-19 Desa Semen), Al Fitriani Lestari bersama dengan anggota divisi pendidikan KKN Desa Semen kepada Sekretaris Desa Semen, Ari Winarko pada Kamis (18/6) di Kantor Kepala Desa Semen. Hal yang diserahkan merupakan sebuah softfile dokumen Microsoft Word, yang berisi link download aplikasi, link video tutorial penggunaan aplikasi, link website data sebaran Covid-19 Desa Semen beserta e-mail dan passwordnya agar pihak Desa Semen dapat terus mengupdate dan memperbarui data.

    “Dengan adanya aplikasi PICOMEN ini masyarakat Desa Semen dapat mengetahui terkait dengan pengenalan Covid-19, cara pencegahan Covid-19, terdapat pula video pencegahan Covid-19 dan cara cuci tangan yang benar, selain itu terdapat cara untuk hidup berdampingan dengan Covid-19 (New Normal), serta informasi penanganan Covid-19 dan persebaran Covid-19 khusus di Desa Semen. Pihak Desa Semen juga dapat mengupdate atau memperbarui informasi terkait dengan persebaran Covid-19 di Desa Semen, masyarakat yang datang atau pemudik dari luar Desa Semen juga dapat melapor melalui aplikasi PICOMEN ini,” ungkap penanggung jawab program kerja pembuatan aplikasi PICOMEN (Pusat Informasi Covid-19 Desa Semen) Al Fitriani Lestari ketika menjelaskan isi aplikasi PICOMEN kepada Sekretaris Desa Semen, Ari Winarko.

    Penyerahan secara simbolik aplikasi PICOMEN oleh divisi pendidikan teknologi KKN Desa Semen kepada sekretaris Desa Semen

    Setelah diserahkan, Ari Winarko selaku Sekretaris Desa Semen, langsung menyebarkan link download aplikasi dan link video tutorial penggunaan aplikasi melalui WhatsApp Group.  “Terimakasih untuk aplikasinya, sudah saya sebarkan kepada masyarakat Desa Semen melalui WhatsApp Group Desa Semen Bangkit, RT/RW Sedesa Semen, Semen Sinergi dan lain-lain, aplikasi PICOMEN menuai banyak respon positif,” kata dia.

     

    Pewarta : KKN UM 2020 Edisi Covid-19 Desa Semen

     

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.