x

Iklan

Rahma Maulidiyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Juli 2020

Minggu, 5 Juli 2020 12:09 WIB

Mahasiswa KKN UM 2020 Ubah Hasil Panen Bawang Merah Desa Purworejo Jadi Inovasi Produk Bawang Goreng Aneka Rasa


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Penyerahan Hasil Produk Inovasi Bawang Goreng Kepada Pihak Desa Purworejo, Ngantang

Petani bawang merah sampai saat ini masih banyak yang memasarkan langsung dari hasil panennya tanpa diolah. Padahal, bawang merah bisa diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi bagi petani terlebih saat panen raya. Produk olahan bawang merah yang sering dibutuhkan oleh masyarakat yakni bawang goreng. Umumnya, bawang goreng dijadikan bahan makanan pelengkap ataupun taburan ketika menikmati masakan. Bawang goreng sendiri sangat populer di Indonesia, sehingga prospek usahanya cukup menjanjikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Desa Purworejo Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang merupakan salah satu desa yang terkenal dengan hasil panennya berupa bawang merah. Hasil panen bawang langsung didistribusikan keluar kota untuk dijual kembali. Warga Desa Purworejo sampai saat ini belum pernah memanfaatkan hasil panennya menjadi olahan pelengkap makanan yang bisa menjadi daya tarik masyarakat disekitarnya.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang 2020 berupaya memaksimalkan hasil panen bawang merah menjadi inovasi produk bawang goreng dengan berbagai macam rasa, sehingga dapat memikat hati pelanggan. Padahal, kalau dilihat dari segi ketahanannya bawang goreng bisa bertahan lebih lama dari pada bawang merah karena cepat membusuk. Selain itu, apabila produk bawang goreng ini berhasil dipasarkan akan menambah penghasilan warga Desa purworejo, Ngantang.

Salah satu program kerja Mahasiswa KKN UM Desa Purworejo 2020 ini berupa video tutorial pembuatan bawang goreng aneka rasa. Sehingga, video ini bisa dijadikan contoh maupun bekal warga Desa Purworejo khususnya ibu-ibu PKK di Desa tersebut untuk membuat inovasi bawang goreng aneka rasa yang saat ini banyak diminati masyarakat untuk pelengkap makanan maupun camilan sehari-hari.

Video tutorial pembuatan bawang goreng aneka rasa ini berisi bahan-bahan yang mudah didapat serta harganya terjangkau dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat bawang goreng aneka rasa. Langkah-langkah pembuatan bawang goreng aneka rasa juga ditampilkan secara lengkap dan jelas agar mudah dipahami.

Dari video tersebut, diharapkan warga Desa Purworejo dapat meningkatkan nilai jual hasil panen bawang goreng dan menambah inovasi untuk pengolahan hasil panen bawang goreng.

Ikuti tulisan menarik Rahma Maulidiyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler