Beri Orang-orang 3 Hal Ini untuk Membuat Mereka Bahagia - Pilihan - www.indonesiana.id
x

ilustr: Shelters to Shutters

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 6 Juli 2020 06:52 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Beri Orang-orang 3 Hal Ini untuk Membuat Mereka Bahagia

    Dibaca : 1.181 kali

    Senyum menular, dan jika kita bisa membuat orang lain bahagia, kita juga akan menuai hasilnya.

    Sebenarnya, cara tercepat untuk membawa kebahagiaan ke dalam hidup kita sendiri adalah dengan berfokus pada orang lain. Dengan menyebarkan kebahagiaan kepada orang lain, kita akan mengisi cangkir kita sendiri pada saat yang sama. Dan siapa yang tidak ingin membuat orang yang paling kita sayangi bahagia?

    Tidak harus sulit. Tidak harus mahal. Itu hanya harus datang dari hati. Berikut adalah tiga hal yang dapat kita berikan kepada orang lain agar mereka bahagia:

    Perhatian

    Pernahkah kita melihat seorang anak kecil melompat-lompat, menari dalam lingkaran, atau sekadar menangis agar mendapat perhatian dari orang tuanya? Orang dewasa tidak jauh berbeda, kecuali bahwa mereka memiliki kedewasaan sedikit lebih dan mungkin tidak melompat, menari, atau menangis. Tetapi setiap orang mendambakan perhatian, tidak peduli berapa usianya.

    Dengan memberikan satu hadiah sederhana ini, kita dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan orang-orang yang kita cintai. Kita bisa memperdalam hubungan. Kita dapat tumbuh sebagai pribadi.

    Perhatian sangat diinginkan, apa pun situasinya. Ini tidak hanya berlaku untuk orang-orang yang kita kenal baik. Misalnya, saya banyak berbicara di depan umum, dan saya masih selalu terkejut melihat betapa banyak orang yang tidak dapat memberi saya perhatian mereka selama setengah jam bahkan ketika mereka membayar untuk mendengar saya berbicara.

    Di dunia yang serba cepat saat ini, ada berjuta hal yang bersaing untuk mendapatkan perhatian kita. Dari ponsel ke media sosial, mungkin sulit untuk menarik mata kita menjauh dari objek mengkilap terbaru. Untuk mengambil langkah mundur dan fokus pada seseorang, terkadang diperlukan disiplin. Tetapi saat-saat ketika saya memiliki audiensi yang fokus, memberi saya perhatian penuh mereka, saya berlanjut penuh kebahagiaan dan kepercayaan diri. Yang dibutuhkan hanyalah perhatian.

    Hal yang sama berlaku untuk hubungan kita. Jika kita ingin mengisi seseorang dengan sukacita, singkirkan gangguan dan beri mereka perhatian kita. Dengarkan ketika mereka berbicara. Lihatlah mata mereka. Berinteraksi dengan antusiasme. Kita akan merasa lebih memuaskan daripada memeriksa pesan teks kita juga.

    Kasih Sayang

    Kita semua mendambakan kasih sayang. Cinta adalah apa yang membuat dunia berputar. Tanpa itu, saya tidak yakin umat manusia akan tetap ada. Faktanya, kurangnya kasih sayang adalah salah satu alasan utama pasangan akhirnya mencari terapi profesional. Tanpa kasih sayang, tidak ada hubungan yang bisa bertahan dalam ujian waktu.

    Sementara menunjukkan kasih sayang datang lebih alami kepada beberapa orang daripada yang lain, itu adalah keterampilan yang dapat kita pelajari. Yang diperlukan hanyalah latihan. Tak lama, menunjukkan kasih sayang kita akan tampak alami. Dengan menunjukkan kasih sayang, kita juga cenderung mendapatkan kembali kasih sayang dari orang lain. Dengan kata lain, kasih sayang seringkali merupakan hal yang saling dipertukarkan antara orang-orang.

    Kasih sayang tidak sulit untuk diberikan. Padahal, sayang adalah tentang hal-hal kecil. Itu bisa berupa sentuhan di tangan atau ciuman di pipi. Itu bisa berupa sikap ramah atau senyum tulus. Kasih sayang bisa datang dalam bentuk hadiah. Kasih sayang bisa datang dalam bentuk kontak fisik. Kasih sayang bisa datang dari kata-kata baik. Metode ini tidak ada habisnya, tetapi itu semua mengirim pesan yang sama. Kasih sayang menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka dihargai dan diakui. Itu membuat mereka merasa dicintai. Ini membawa arti bagi kehidupan mereka.

    Apresiasi

    Tidak ada satu orang pun di dunia ini yang tidak ingin merasa dihargai atas siapa dia dan diakui atas kontribusi dan pencapaiannya. Penghargaan meningkatkan semangat kita dan sambil juga memberi kita rasa tujuan yang lebih besar di dunia. Ketika kita tahu bahwa kita telah membuat dampak dalam kehidupan orang lain, kita segera merasa lebih baik tentang diri kita sendiri. Ini memberi kita kepercayaan diri dan harga diri yang lebih tinggi. Itu memberdayakan kita untuk berbuat lebih banyak dengan hidup kita.

    Inilah sebabnya mengapa sangat penting bahwa kita sering menunjukkan penghargaan. Penghargaan bisa berupa "terima kasih" atau senyum hangat. Itu bisa berupa tulisan tangan atau isyarat kebaikan. Tidak peduli sekecil apa pun, penghargaan sangat berarti. Biayanya sedikit atau tidak sama sekali untuk menunjukkan penghargaan, dan itu akan segera membuat orang lain lebih bahagia.

    Apakah kita melatih rasa terima kasih dan menunjukkan penghargaan yang cukup? Apakah kita memperhatikan kecantikan orang lain? Apakah kita mengalami hari yang luar biasa atau hari yang mengerikan, ada jutaan hal yang harus kita syukuri. Kita memiliki hal-hal yang hanya orang lain inginkan. Misalnya, saat ini kita memiliki koneksi internet dan teknologi yang memungkinkan kita membaca artikel ini. Ada orang di dunia ini tanpa makanan yang cukup untuk dimakan. Bahkan ketika kita tidak melihatnya, kita selalu memiliki hal-hal yang harus kita syukuri. Dan orang-orang dalam hidup kita sangat berterima kasih. Dengan menunjukkan rasa terima kasih kepada orang-orang di sekitar kita dan hal-hal dalam hidup kita, kita akan dapat mengangkat semangat kita sendiri dan mengubah suasana hati kita.

    Buat daftar ucapan terima kasih, dan isilah dengan nama orang dan hal-hal dalam hidup kita yang kita syukuri. Bagaimana kita dapat menunjukkan penghargaan kepada orang-orang yang telah membantu menjadikan kita menjadi diri kita sekarang ini? Bukankah orang-orang di daftar kita pantas mendapatkan penghargaan kita?

    Jika kita ingin membuat orang lain bahagia, ada hal-hal sederhana yang dapat kita berikan kepada mereka. Saya ingin menantang anda untuk memberikan 3 hal tersebut di atas setiap hari dalam hidup kita. Dengan memberikan hal-hal ini dengan tulus, kita akan membawa sukacita dan kepuasan ke dalam kehidupan orang lain, dan ke dalam hidup kita sendiri.

    Jadi buatlah daftar orang-orang yang kita cintai dan buatlah perubahan di dunia kita. Mereka bisa saja teman, keluarga, atau rekan kerja. Lihatlah daftar kita setiap hari dan temukan cara untuk memberikan kembali kepada setidaknya satu orang. Buat orang-orang dari daftar kita merasa dihargai dan penting. Buat perubahan dalam hidup mereka. Seiring waktu, memberi kepada orang lain akan menjadi kebiasaan.

    ***
    Solo, Minggu, 5 Juli 2020. 5:15 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.