Mahasiswa KKN UNS era Covid-19 Bantu Warga Desa Gelam Jaya Cegah Penyebaran Virus Corona - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Mahasiswi Prodi Ilmu Hukum FH UNS, Gresa Salsabila (E0017210), melakukan pembuatan disinfektan bersama dengan Ibu Dwi Astuti Ketua RT 007 RW 007 Desa Gelam Jaya, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten.

Gress Salsa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 2 Juli 2020

Senin, 6 Juli 2020 11:13 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Mahasiswa KKN UNS era Covid-19 Bantu Warga Desa Gelam Jaya Cegah Penyebaran Virus Corona

    Dibaca : 487 kali

    Pandemi Covid-19 tidak memutuskan semangat mahasiswa untuk terus mengabdi kepada masyarakat, seperti apa yang dilakukan oleh salah satu kampus yakni UNS (Universitas Sebelas Maret), yang tetap melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema "KKN UNS Era Covid-19 di Indonesia" secara individu.

    Adapun perwakilan mahasiswa UNS, Gresa Salsabila, Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum FH UNS (NIM : E0017210) yang melaksanakan program kerjanya selama 45 hari di RT.07 RW.07 Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten di bawah bimbingan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) Bapak Dr.Titis Srimuda Pitana P.,ST,M.Trop.Arch.

    Menurut Gresa, di desa Gelam Jaya masih diperlukan upaya untuk menyadarkan para warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan diri untuk memutus rantai penularan Covid-19. Banyak hal-hal kecil yang bisa dilakukan warga untuk mencegah penularan Covid-19.

    Adapun program-program yang telah dilaksanakan seperti memasifkan gerakan penyemprotan disinfektan secara berkala tidak hanya berupa penyemprotan. Warga juga diajari bagaimana cara membuat disinfektan dari bahan-bahan yang mudah di dapatkan di rumah yakni cairan pemutih dan pembersih lantai.

    Gresa Salsabila Membantu Warga Melakukan Penyemprotan Disinfektan secara Berkala di Pintu Gerbang Perumahan Vireta II Desa Gelam Jaya

    Tidak hanya itu Gresa juga membagikan masker gratis disertai dengan pamflet cara merawat masker kain yang benar sebagai edukasi pentingnya memakai dan merawat masker untuk mencegah penularan virus corona, menyerahkan fasilitas cuci tangan untuk para warga dan mensosialisasikan gerakan cuci tangan yang baik dan benar.

    Lalu juga membantu warga dalam penyemprotan disinfektan secara bergilir, melakukan pemasangan poster edukatif untuk mengingatkan warga pentingnya mencegah virus corona, memberdayakan para remaja untuk membuat handsanitizer, hingga membuat jadwal penjagaan pintu gerbang perumahan secara bergilir. Ini dimaksudkan untuk mencegah warga yang bukan penduduk asli sana masuk dengan bebas ke dalam perumahan dan mengingatkan para pendatang dari luar perumahan untuk selalu cuci tangan dan menerapkan protokol kesehatan. Semua hal ini dilakukan demi kesehatan para warga RT 07 RW 07 Gelam Jaya.

    Gresa Salsabila Membagikan Masker dan Pamflet Edukasi tentang Merawat Masker untuk Warga Gelam Jaya yang Belum Mengenakan Masker

    "Saya sangat berterimakasih kepada mba Gresa, yang banyak membantu warga untuk mencegah penularan Virus Corona. Warga sangat terbantu dengan kegiatan KKN UNS COVID -19 yang dilakukan mba Gresa, sekarang warga menjadi sering mencuci tangan menjaga jarak, memakai masker dan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala," kata Dwi Astuti, Ketua RT 07 RW 07, Gelam Jaya, Pasar Kemis.

    Hal senada di ucapkan juga oleh Bapak Sulasmin sebagai perwakilan dari pihak warga, "Saya merasa KKN yang dilakukan mba Gresa sangat tepat sasaran karena memang kami perlu diingatkan terus menerus untuk mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, kadang kami juga luput dan terlalu menyepelekan adanya virus Corona ini sehingga dengan hadirnya mba Gresa ditengah-tengah kami yang tak henti-hentinya menyerukan untuk selalu pakai masker dan mencuci tangan."

    Gresa Salsaila Menyerahkan Ember Cuci Tangan untuk Warga RT 07 RW 07 Desa Gelam Jaya kepada Ketua RT 07 RW 07 Desa Gelam Jaya

    Sosialisasi yang Gresa lakukan tidak hanya secara langsung tapi juga melalui daring melalui Whatsapp Group Warga, "Komunikasi yang terjalin tidak hanya sebatas satu arah dari saya saja, tapi banyak pertanyaan dan feedback dari warga juga sehingga kami saling menginformasi satu sama lain dan berkoordinasi terkait dengan pencegahan virus corona karena dalam mengupayakan tindakan preventif untuk mencegah penularan Covid-19, saya rasa tidak cukup dari himbauan saja tapi juga ada kesadaran dari warga itu sendiri," kata Gresa saat memberikan sosialisasi yang dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dan dihadiri oleh 10 warga saja sebagai perwakilan para warga RT 07 terkait tindakan yang perlu di ambil warga pada saat Covid-19 sebagai penutupan dari seluruh kegiatan program KKN yang dilakukan di Pos RW 07 Gelam Jaya, baru-baru ini.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.