x

Iklan

Miftahul Jannah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 Juli 2020

Selasa, 7 Juli 2020 15:53 WIB

Injak Lur: Wastafel Portable Buatan Mahasiswa UM Guna Cegah Sebaran Covid-19


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu cara yang dinilai efektif dalam pencegahan penyebaran Covid-19 adalah dengan sesering mungkin cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun dengan benar. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk rajin mencuci tangan, kurang lebih selama 20 detik. Mencuci tangan yang benar dapat dilakukan dengan membersihkan telapak tangan, menyela jari-jari tangan, memutar ibu jari, menggosok kuku, serta menggosok punggung tangan dan telapak tangan.

Namun, adanya sentuhan pada kran air dan kurangnya menjaga kebersihan kran air justru menjadi tempat penyebaran virus. Sehingga diperlukan kesadaran yang tinggi untuk tetap menjaga kebersihan diri sendiri dan juga lingkungan.

Mahasiswa KKN Univesitas Negeri Malang (UM) berinovasi membuat wastafel portable yang bernama “Injak Lur”. Berbeda dengan wastafel biasa yang dioperasikan menggunakan tangan, Injak Lur ini dalam pengoperasiannya dengan cara diinjak. Wastafel ini diciptakan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Wiyurejo, Pujon, Kabupaten Malang. Injak Lur ini sendiri disalurkan kepada masyarakat Desa Wiyurejo dengan tujuan menciptakan gerakan hidup bersih dengan rajin mencuci tangan dan juga sebagai upaya pencegahan mata rantai penyebaran Covid-19.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyerahan Wastafel Kepada Perangkat Desa Wiyurejo

Tujuan dioperasikan dengan diinjak tentu saja untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran Covid-19. Mahasiswa KKN UM berhasil membuat Injak Lur dalam waktu kurang dari 2 minggu, yakni pada 22 Juni sampai dengan 30 Juni 2020. Ide ini muncul dari Kisworo, mahasiswa KKN UM yang berkeinginan untuk memberikan kontribusi pada Desa Wiyurejo di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Ide membuat Injek Lur ini muncul ketika kita memperhatikan bahwa terdapat berbagai protokol kesehatan yang telah diterapkan, salah satunya dengan sesering mungkin mencuci tangan. Ketika kita mencuci tangan di wastafel biasa, setelah cuci tangan otomatis kita harus mematikan air dengan menyentuh kran air yang dimana bisa menjadi media penyebaran Covid-19. Nah, Injek Lur ini diciptakan untuk meminimalisir menyentuh kran air, yaitu dengan membuat sistem injak / pedal pada wastafel. Harapan kita dengan adanya wastafel portable ini masyarakat lebih rajin mencuci tangan dan dapat menekan penyebaran covid-19,” ujar Yahya Putra Kisworo selaku penanggung jawab program kerja Teknologi Tepat Guna wastafel portable.

Cara kerja Injak Lur ini cukup sederhana, yaitu dengan menginjak pedal yang tersedia ketika akan menyalakan air. Ketika selesai menggunakan air cukup memindahkan kaki dari pedal. Masyarakat tidak perlu lagi bersentuhan langsung ketika menggunakan kran saat mencuci tangan dan penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir.

Ikuti tulisan menarik Miftahul Jannah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler