x

Dokumentasi di atas adalah Kegiatan Pemberian Media Edukatif Anak Usia Dini di Masa Pandemi kepada Guru RA pada tanggal 23 Juni 2020.

Iklan

Antoni Bagas

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juli 2020

Selasa, 7 Juli 2020 17:09 WIB

Media Edukatif Anak Usia Dini Solusi Hilangkan Kejenuhan di Masa Pandemi Inovasi Mahasiswa KKN UM Desa Permanu

Mahasiswa KKN UM Desa Permanu berikan Media Edukatif Anak Usia Dini dan Buku Panduan sebagai Solusi Hilangkan Kejenuhan AUD di Masa Pandemi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang - Permasalahan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 sangat beragam salah satunya di bidang Pendidikan dan pembelajaran. Dalam menerapkan pembelajaran dan membantu pendidik selama pandemi Covid-19, mahasiswa KKN UM 2020 membuat dan mengimplementasikan media permainan edukatif bagi anak usia dini di RA Riyadlotul Uqul, Desa Permanu, Selasa (23/6).

Media tersebut berupa permainan botol estafet, permainan boneka tangan, dan video animasi pembelajaran. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah menonton video animasi pembelajaran yang dipandu oleh mahasiswa KKN UM. Kemudian kegiatan yang kedua adalah bermain botol estafet oleh seluruh siswa secara bergantian. Kemudian yang terakhir adalah kegiatan bermain boneka tangan yang dimainkan oleh siswa dengan cara bermain peran sesuai kebiasaannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dokumentasi Bersama Siswa Sesudah Implementasi Media Permainan Edukatif (boneka tangan)

“Dalam kegiatan tersebut, kami menyerahkan media edukatif anak usia dini kepada guru RA, dan kami pun langsung mengimplementasikan dengan bantuan guru tersebut, begitu bersyukurnya kami karena siswa RA sangat berantusias dalam bermain dan belajar," ujar Emil selaku penanggungjawab program kerja tersebut.

Adapun dalam pengimplementasian media edukatif ini sangat bermanfaat untuk peserta didik di masa pandemi karena dapat membangkitkan semangat belajar. “Sangat senang dengan permainan botol estafet dan boneka tangan karena tidak membosankan,” unkap Rangga anak Kelas B.

Setelah kegiatan dalam sebuah sesi wawancara, “sangat bermanfaat karena dapat membantu pembelajaran dan meningkatkan semangat belajar siswa, serta media pembelajarannya sangat bervariatif dan sesuai dengan RA Riyadlotul Uqul. Saya sangat senang karena terbantu dan medianya sangat bermanfaat untuk anak-anak. Terlihat betapa antusiasnya anak-anak tadi,” ujar salah satu guru RA Riyadlotul Uqul.

Selain itu, pada hari Selasa tanggal 30 Juni 2020 Mahasiswa KKN juga memberikan buku panduan guna membantu pendidik agar dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media permainan edukatif bagi anak usia dini di RA Riyadlotul Uqul, Desa Permanu. Pada buku panduan juga tercantum manfaat, tujuan, serta konteks kehidupan mengenai beberapa media tersebut.

Dokumentasi Kegiatan Pemberian Buku Panduan Anak Usia Dini di Masa Pandemi kepada Guru RA

“Buku panduan ini sangat bermanfaat mbak, karena terdapat tujuan media pembelajaran, manfaatnya, konteks dalam kehidupan dan cara membuatnya. Sehingga dapat membantu kami untuk memberikan media pembelajaran yang bervariatif bagi siswa," kata salah satu guru RA Riyadlotul Uqul.

 

Pewarta : Emil Cahayaning Pratiwi – Mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

              Indana Risma Nurul – Mahasiswi Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran

Pewarta Foto : KKN UM Desa Permanu 2020

Ikuti tulisan menarik Antoni Bagas lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu