x

Menu Idul Adha

Iklan

Agung

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Januari 2020

Rabu, 8 Juli 2020 08:50 WIB

5 Menu Makanan Saat Hari Raya Idul Adha

Bingung mencari ide masakan selama momen Idul Adha? Bukan cuma gulai, yuk, coba beberapa menu berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Momen hari raya yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim selain Idul Fitri adalah Idul Adha. Pada hari tersebut, merupakan puncak dari ibadah haji dan dirayakan dengan melaksanakan sholat Ied serta diikuti dengan proses penyembelihan hewan qurban.

Penyembelihan hewan qurban ini merupakan sunnah yang dianjurkan bagi orang yang mampu melaksanakannya. Hewan yang dijadikan sebagai qurban ialah kambing, domba, unta maupun sapi.

Pada momen inilah seluruh masyarakat dapat menikmati hikmah dan manfaatnya. Daging qurban yang telah disembelih, dibagikan secara merata untuk semua masyarakat. Nah, disaat inilah rumah kita akan dipenuhi dengan persediaan daging qurban.

Menu Idul Adha

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagi kamu yang minim referensi dalam mengolah daging qurban tersebut, kali ini kami rangkum beberapa masakan yang bisa kamu olah dengan bahan dasar daging qurban.

Apabila kamu membutuhkan resep daging sapi maupun kambing, kamu bisa mengunjungi situs https://tastynesia.com. Disana kamu bisa menyimak cara memasak dan mengolah beragam menu Idul Adha yang kami sajikan berikut ini.

Sate Kambing

Olahan daging kambing yang paling populer dan cukup mudah dalam proses pembuatannya adalah sate kambing. Kamu hanya memerlukan bahan seperti tusuk sate, bumbu untuk olesan dan bahan sebagai sambal kecap. Waktu yang dibutuhkan kurang dari 1 jam, kamu sudah bisa menyajikan lebih dari 10 tusuk sate kambing. Menarik bukan?

Tongseng Kambing

Masih dengan bahan dasar daging kambing, kamu bisa menyajikan menu spesial kepada keluarga di hari raya dengan tongseng kambing. Masakan berkuah dan nikmati ini bisa kamu hidangkan dalam waktu 1 jam. Tak perlu repot, gunakan saja santan kenal dan beberapa bumbu halus untuk menghidangkan tongseng kambing.

Rawon Daging Sapi

Beralih ke daging sapi, masakan dengan bahan dasar ini tidak membutuhkan trik khusus layaknya olahan daging kambing. Daging sapi tidak memiliki aroma yang apek sehingga cukup sesuai diterapkan oleh kamu yang masih pemula dalam memasak.

Rawon sapi awalnya dikenal dari daerah Jawa Timur. Uniknya, masakan ini memiliki kuah berwarna hitam dengan cita rasa yang khas berkat rempah-rempah didalamnya.

Rendang Daging Sapi

Siapa diantara kita yang tidak mengenal dengan masakan Padang satu ini? Pasti setiap orang mengenalnya. Bahkan, rendang juga sudah lama go-internasional dan masuk dalam list makanan terenak di dunia. Menarik bukan?

Nah, di momen Idul Adha ini kamu bisa mencoba untuk menghidangkan rendang kepada keluarga. Meski cara mengolahnya membutuhkan ketelitian khusus, bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya kok. Kamu bisa mengikuti resep yang telah disediakan.

Sop Daging Sapi

Apabila kamu tidak terlalu suka dengan olahan berbahan santan, maka bisa mencoba menu yang satu ini. Sop daging sapi merupakan masakan yang segar dan berkolaborasi dengan sayur-sayuran yang sehat. Cukup memanfaatkan waktu selama 45 menit, kamu sudah bisa menyajikan sajian enak dan lezat satu ini.

Soto Daging Sapi

Masih menghindari santan, menu satu ini berasal dari daerah Madura. Soto kuah bening yang berpadu dengan daging sapi penuh protein akan sangat cocok dijadikan sebagai sajian utama di meja makan selama momen Idul Adha.

Bagaimana? Cukup lengkap bukan? Kali ini kamu sudah tidak perlu bingung lagi untuk mencari menu olahan dari daging sapi maupun kambing yang memang persediaannya cukup banyak saat lebaran qurban. Selamat berkreasi.

Ikuti tulisan menarik Agung lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler