x

Iklan

FIRMAN BUDI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juli 2020

Kamis, 9 Juli 2020 09:32 WIB

Sadarkan Masyarakat Akan Potensi Desa, Mahasiswa UM Visualisasikan Potensi Dalam Sebuah Peta

Penulis: Firman Budi Santoso dan Alifiandi Rafi Muhammad

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TUMPANG, Malang – Desa di daerah timur Kabupaten Malang memiliki potensi yang beragam. Mulai dari potensi perkebunan, peternakan, wisata, budaya, dan masih banyak potensi yang tersimpan di dalamnya. Seperti yang ada di Desa Pandanajeng, Kecamatan Tumpang ini. Sangat banyak potensi yang terjaga seperti area pertanian yang luas, serta area pemukiman yang cocok juga digunakan untuk berternak. Potensi pertanian padi dan berbagai macam sayuran seperti sawi, bayam, kacang panjang, tomat, dan sebagainya.

Masyarakat juga memanfaatkan lahan kosong di area pemukiman untuk beternak ayam dan budidaya ikan air tawar seperti lele dan nila. Hasil pertanian, peternakan, dan perikanan tersebut digunakan masyarakat untuk membiayai kehidupan sehari-hari.

Dengan kondisi potensi desa yang sedemikian rupa, patutnya seluruh masyarakat menyadarinya. Terutama bagi pemerintahan desa, data potensi tersebut dapat digunakan sebagai branding desa ataupun dalam penentuan kebijakan kebijakan desa. Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang mengupayakan membantu desa dalam menyediakan data potensi dengan memvisualisasikan data dalam bentuk peta potensi. Hal ini juga mendukung kebutuhan desa dalam menanggapi himbauan Pemerintah Kabupaten Malang yang mengharuskan setiap desa memiliki peta desa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Peta potensi desa ini dibuat menggunakan software CorelDraw X7 dan Google Earth Pro. Ukuran dari peta ini adalah 1 x 1,5 meter. Peta dibuat dengan skala 1 : 3838 sehingga termasuk dalam peta kadaster. Dalam peta potensi desa ini selain menampilkan berbagai macam potensi yang ada di Desa Pandanajeng, juga menampilkan batas batas wilayah desa, batas wilayah antar dusun, area pemukiman, area persawahan, serta jalan kabupaten dan jalan desa.

Peta Potensi Desa Pandanajeng Tumpang

Tujuan dari pembuatan peta potensi desa ini tentunya untuk menyampaikan kepada masyarakat dalam bentuk visual bahwa banyak potensi-potensi desa yang dapat dikembangkan. Kepala Desa Pandanajeng. Muhammad Edy Mansyur menyampaikan bahwa, “Kalau masyarakat sudah banyak yang sadar dengan potensinya kan juga banyak untungnya juga”.

Selain itu, peta potensi desa juga dapat digunakan sebagai branding kepada pihak eksternal desa untuk dapat mengetahui potensi desa secara keseluruhan. Peta potensi desa ini ditempatkan di Balai Desa Pandanajeng sehingga dapat dilihat oleh masyarakat luar maupun dalam desa itu sendiri.

Ikuti tulisan menarik FIRMAN BUDI lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler