Arti Penting Pendidikan Agama Islam Ditinjau dari Sejarah Pendidikan Islam - Analisa - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi anak cium tangan saat lebaran. shutterstock.com

Dina safitri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Juli 2020

Kamis, 9 Juli 2020 07:56 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Arti Penting Pendidikan Agama Islam Ditinjau dari Sejarah Pendidikan Islam

    Dibaca : 262 kali

    Dalam pelaksanaannya, pendidikan sebagai proses timbal balik antara pendidik dan anak didik melibatkan faktor-faktor pendidikan guna mencapai tujuan pendidikan dengan didasari oleh nilai-nilai tertentu. Nilai-nilai mendalam itulah yang kemudian disebut dengan sebagai dasar paradigma pendidikan.

    Istilah dasar paradigma pendidikan dimaksudkan sebagai landasan tempat berpijak atau pondasi berdirinya suatu sistem pendidikan. Dasar paradigma pendidikan Islam identik dengan dasar Islam itu sendiri. Keduanya berasal dari sumber yang sama yaitu al-Qur'an dan al-Hadits. Dari kedua sumber inilah muncul sejumlah pemikiran mengenai masalah umat Islam yang meliputi berbagai aspek, termasuk diantaranya masalah pendidikan Islam.

    Al-Quran dan al-Hadist merupakan dasar paradigma pendidikan Islam karena didalamnya memuat sejumlah penjelasan konsep nasional yang mempunyai nilai penting guna mengembangkan pendidikan Islam terutama tentang konsep manusia yang dibutuhkan dalam paradigma pendidikan. Sebagai dasar pendidikan Islam, al-Quran dan al-Hadits adalah rujukan untuk mencari membuat dan mengembangkan paradigma, konsep, prinsip, teori dan teknik pendidikan Islam.

    Hakikat pendidikan Islam itu dari beberapa pakar pendidikan islam memberikan rumusan pendidikan Islam diantaranya, Yusuf Qadharwi mengatakan, "Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya, akal dan hatinya, rohani dan jasmaninya, akhlak dan keterampilannya".

    Karena pendidikan islam menyiapkan manusia untuk hidup, baik dalam keadaan aman maupun perang, dan menyiapkan untuk menghadapi masyarakat dengan segala kebaikan dan kejahatan manis dan pahitnya. Pendidikan merupakan salah satu syarat untuk memajukan pemerintahan ini maka usahakan pendidikan mulai dari tingkat SD sampai pendidikan tingkat Universitas.

    Dengan adanya pendidikan maka akan muncul timbul dalam diri seseorang untuk berlomba-lomba dan memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

    Melansir dari buku sejarah peradaban islam, 1993 : 1 "Peradaban islam adalah terjemahan dari kata al-Hadhrah al-islmiyyah. Kata arab ini sering juga diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia sengan kebudayaan islam. "Kebudayaan" dalam bahasa arab adalah al-Tsaqfah. Di indonesia sebagaimana juga di Arab dan Barat, masih banyak orang yang mensinonimkan dua kata "kebudayaan" (Arab, al-Tsaqfah; Inggris, culture) dan "peradaban" (Arab, al-Hadhrah; Inggris, civilization). Dalam perkembangan ilmu antropologi sekarang, kedua istilah itu dibedakan. Kebudayaan adalah bentuk ungkapan tentang semangat mendalam seuatu masyarakat".

    Sebagaimana telah dipaparkan dalam buku sejarah peradaban Islam, Salah satu tugas penting dilakukan departemen agama adalah menyelenggarakan, membimbing mengawasi pendidikan agama. Lembaga-lembaga pendidikan Islam sudah berkembang dalam beberapa bentuk sejak zaman penjajahan Belanda titik salah satu bentuk pendidikan Islam tertua di Indonesia adalah pesantren yang tersebar di berbagai pelosok. Tidak ada hubungan antara satu dengan yang lain. Lembaga ini dipimpin oleh seorang ulama atau Kyai. Untuk tingkat kelanjutan tidak ada kurikulum yang jelas pada lembaga ini. Kemajuan seseorang sangat ditentukan oleh kerajinan kesungguhan dan ketekunan masing-masing.

    Pendidikan hadir untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan islam sebagai pedoman bagi muslim dan muslimah yang ada di seluruh dunia. Dengan adanya pendidikan Islam maka terarah dengan baik, bertumpu serta berpedoman penuh pada Al-Qur'an dan Hadist. Cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan pendidikan Islam, baik dari segi ide dan konsepsi maupun segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai sekarang (Dirjen Bimbaga Islam, 1985: 2).

    Akan tetapi, kalau dilihat dari esensi sejarah, bahwa sejarah pendidikan Islam itu tidak hanya untuk menguraikan secara deskriptif apa yang terjadi pada masa lampau, akan tetapi mencakup juga tentang analisis dari waktu ke waktu, dan juga bisa mengaitkan antara tiga dimensi waktu tanpa terpisah, yaitu: masa lampau, sekarang, dan akan datang. 

    Apa keterkaitan masa lampau dengan masa sekarang dan Apa hubungan masa sekarang dengan masa yang akan datang? Karena pemahaman masa lampau harus didudukan sehingga dapat dipahami bahwa apa yang terjadi sekarang adalah sebagai akibat dari masa lampau titik begitu juga apa yang terjadi pada masa sekarang akan berdampak pada masa yang akan datang artinya masa yang akan datang itu ditentukan oleh masa sekarang.

    Falsafah tiga dimensi waktu inilah yang perlu diuraikan dan dianalisis dalam mata kuliah sejarah pendidikan Islam titik sejarah Islam telah mencatat bahwa telah pernah terjadi masa kejayaan pendidikan Islam di saat di mana pendidikan Islam mencapai puncak kejayaannya, baik dipandang dari sudut lembaga pendidikan maupun produktivitas ilmuan-ilmuan Islam dalam bentuk karya ilmiah. Hal ini dapat dijadikan contoh yang yang akan ditiru oleh generasi sekarang titik demikian halnya tidak dapat dimungkiri bahwa ada masa kemunduran lembaga-lembaga pendidikan. Ilmuan-ilmuan tidak muncul dan produktivitas ilmu menjadi mandul.

    Di dalam mempelajari sejarah pendidikan Islam, Zuraini dkk. mengemukakan manfaat yang dapat diambil:

    1. Mengetahui dan memahami pertumbuhan, perkembangan pemikiran-pemikiran umat Islam dalam bidang pendidikan Islam.
    2. Mampu mengambil pelajaran dari proses pemikiran tentang pendidikan Islam pada masa lalu untuk memecahkan problematika pendidikan islam pada masa kini.
    3. Memiliki sikap positif  terhadap pemikiran-pemikiran baru yang muncul di seputar pendidikan islam ( Zuraini, dkk, 1992 :6 ).

    Dengan demikian, pendidikan agama islam sangat penting ada sebagai pedoman manusia mengatur segala kebutuhan yang ada dikehidupan ini. Dan dengan pendidikan agama islam sejarah pendidikan islam bisa diperbarui sesuai dengan kemajuan zaman. 

    Sekian, semoga bermanfaat. 


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.