x

Ilustrasi bekerja dari rumah. (Pixabay/Free-Photo)

Iklan

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Jumat, 10 Juli 2020 11:58 WIB

Bosan Ngeblog? Berikut Tips agar Ngeblog Tidak Membosankan

Seiring berjalannya waktu, kegiatan ngeblog sangatlah membosankan. Oleh karena itu, Anda membutuhkan tips agar tidak bosan ngeblog berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada awal mula membuat blog, pasti niat diri untuk menulis artikel di blog sangat tinggi. Namun seiring waktu kadang terasa membosankan, apalagi kalau bingung tentang materi apalagi yang mau dibuat. Kebosanan yang melanda itu sangat wajar, namun yang perlu salalu diingat adalah tentang niat awalmu mengapa membuat blog.

Berikut ini adalah beberapa tips dari Nando Rifky supaya ngeblog menjadi tidak membosankan.
 
1. Buatlah topik yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu
 
Bila artikel yang kamu buat adalah apa yang kamu sukai, kamu akan mudah dalam membuat konten dan sesuaikan dengan kemampuan,bila mampu membuat 2-3 artikel per minggu jangan memaksakan diri untuk membuat artikel setiap hari.
 
2. Lakukan observasi
 
Untuk mendapatkan inspirasi baru kamu juga perlu melakukan observasi, kamu akan mendapatkan bahan sebagai materi untuk diposting dari apa yang telah kamu lihat, yang kamu rasakan dan yang kamu alami.
 
3. Jadilah dirimu sendiri
 
Buatlah sebuah blog yang merupakan gambaran dirimu. Jangan menjadikan ngeblog untuk ajang berkompetisi, maksudnya adalah kamu merasa iri akan blog orang lain dan pada akhirnya kamu akan stres sendiri bagaimana menghasilkan karya yang lebih bagus dari orang lain.
 
4. Buatlah konten yang sedikit mengandung humor
 
Konten pada blog jangan melulu seirus, buatlah konten yang seikit mengundang tawa supaya penulis dan pembaca blog bisa rileks.
 
5. Buatlah draft/konsep
 
Inspirasi tidak akan selalu muncul, begitu muncul langsung saja buat konten draft supaya tidak lupa dan supaya tidak perlu bekerja keras untuk mengingatnya ketika kamu lupa. Kemudian saat mood mu sendang baik untuk menulis, kamu bisa melanjutkan draft itu hingga bisa terpublish
 
6. Menulis di waktu yang tepat
 
Untuk membuat konten yang berkualitas, perlu kondisi tubuh dan pikiran yang baik. Kesibukan tiap orang berbeda, maka dari itu pilihlah waktu yang menurut kamu pas untuk menulis. Mungkin waktu yang tepat itu di pagi hari, karena suasana pagi dan energi yang masih banyak bisa membuatmu semangat menulis, plus siapkan kopi. mantap hhehehe
 
Itulah ulasan singkat mengenai tips supaya ngeblog tidak membosankan. Untuk menjadi blogger yang sukses, hal yang paling penting adalah konsistensi karena kebanyakan blogger tumbang di tengah jalan karena kebosanan

Ikuti tulisan menarik Nando Rifky lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB