Peningkatan Pengetahuan Kesehatan, Kualitas Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi pada KKN UNS di Era Pandemi Covid-19 - Analisa - www.indonesiana.id
x

Alifia niza salafy

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2020

Jumat, 10 Juli 2020 13:32 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Peningkatan Pengetahuan Kesehatan, Kualitas Pendidikan dan Pemberdayaan Ekonomi pada KKN UNS di Era Pandemi Covid-19

    Dibaca : 332 kali

    Dewasa ini, dunia sedang dihadapkan dengan adanya sebuah pandemi yang mana dikenal dengan nama Coronavirus Disease 2019 (yang selanjutnya disebut Covid-19). Lebih dari 4 juta jiwa di seluruh dunia telah positif terinfeksi dan lebih dari 200 ribu jiwa meninggal dunia akibat virus ini Di Indonesia , lebih dari 14 ribu jiwa sudah positif terinfeksi Covid-19 dan sekitar kurang lebih 991 jiwa meninggal dunia.

    Dalam situasi pandemi, Universitas Sebelas Maret (UNS) menjadi salah satu Universitas yang tetap melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Era Covid-19 secara online yang diikuti oleh lebih dari 2.000 mahasiswa .

    Selain itu dalam menjalankan KKN ini dihimbau tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku yaitu dengan menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu meter dan selalu membawa hand sanitizer.

    KKN terbagi dalam tiga gelombang yang dimulai pada 30 April 2020 hingga diperkirakan akan berakhir Juli 2020 yang dilakukan secara individu di domisili masing-masing mahasiswa.

    KKN Universiatas Sebelas Maret Era Covid-19 memiliki beberapa tema yaitu kesehatan masyarakat, ketahanan pangan, ketahanan ekonomi masyarakat, supporting keselamatan masyarakat terhadap Covid-19, dan supporting pemahaman masyarakat terhadap Covid-19.

    Salah satu mahasiswa program studi Arsitektur Fakultas Teknitk (FT) UNS, Alifia Niza Salafy, turut serta dalam KKN Gelombang I dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Drajat Tri Kartono, M,Si. Alifia tetap memilih mengambil KKN di Era COVID-19 karena tidak ingin menunda salah satu syarat kelulusan Universitas akibat pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir.

    Mengambil tema kesehatan masyarakat, Alifia melaksanakan berbagai program kerja di RT 02 RW 13 Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada tanggal 30 April 2020 hingga 19 Juni 2020.

    Kegiatan program yang dilakukan antara lain, membagikan hand sanitizer dan masker kepada masyarakat, membuat modul materi dan soal mata pelajaran matematika kelas 1 Sekolah Dasar yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Batu, pemasangan banner di lingkungan sekitar, dan membagikan sembako bagi yang membutuhkan.

    Selain program kerja tersebut terdapat juga kegiatan membuat poster seputar Covid-19, membuat video mencuci tangan dengan 7 langkah dan video menggunakan hand sanitizer dengan benar yang kemudian akan diunggah ke media sosial seperti instagram dan youtube.

    Program kerja KKN berjalan dengan lancar dengan bantuan dari Ketua RT 02 dan Ketua RW 13 serta warga RT 02/RW 13 Desa Sekarpuro yang telah bersedia berperan dalam kegiatan-kegiatan KKN.

    Diharapkan dengan diadakannya berbagai macam program kerja KKN Covid-19 , masyarakat RT 02/ RW 13 lebih waspada dan berhati-hati akan penyebaran Covid-19 dengan melakukan pola hidup yang sehat dan selalu menjaga kebersihan.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.