KKN UNS Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Bojonegoro - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Ivan Septian

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2020

Sabtu, 11 Juli 2020 06:48 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • KKN UNS Bantu Warga Terdampak Covid-19 di Bojonegoro

    Dibaca : 317 kali

    Saat ini Indonesia telah dilanda musibah yaitu pandemi Covid-19 tidak terkecuali di Kelurahan Karangpacar, Kecamatan kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, namun kesadaran masyarakat tentang bahaya dari Covid-19 sepertinya masih rendah. Itu terbukti physical distancing tidak begitu dilakukan, serta hampir tidak ada tempat pencucian tangan yang seharusnya disiapkan di teras setiap rumah. Dan yang paling penting adalah belum adanya penyemprotan disinfektan secara menyeluruh.

    Dalam waktu kurang lebih 45 hari, telah dilaksanakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Sebelas Maret dalam masa pandemi Covid-19 di lingkungan RT 08 RW 02 Kelurahan Karangpacar, Kecamatan kota Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Program kerja yang dilaksanakan terbagi menjadi dua.

    Program kerja pertama merupakan edukasi melalui pembuatan 10 macam poster tentang bahaya dan pencegahan Covid-19 yang disebarkan ke media sosial yaitu Instagram dan Whatsapp, serta pembuatan banner yang dipasang di lingkungan RT.

    Program kerja kedua atau program kerja inti yang mana telah dilakukan pembuatan serta dilanjutkan dengan penyemprotan sebanyak 60 liter disinfektan ke seluruh rumah dan lingkungan RT 08 RW 02 Kel. Karangpacar, Bojonegoro. Selain itu, juga telah dilakukan pemberian 2,5 liter disinfektan beserta sprayernya kepada seluruh kepala keluarga yang berjumlah 35 kepala keluarga. Sehingga total disinfektan yang dibuat sebanyak 147,5 liter, dengan rentang waktu kegiatan selama 4 hari yaitu mulai tanggal 1 hingga 4 Juni 2020. 

    Respon warga dengan adanya kegiatan ini sangat baik. “Alhamdulillah terimakasih sekali kepedulian dan sumbangannya mas, sangat bermanfaat sekali bagi warga, semoga sukses ya mas,” itulah kata-kata yang yang diucapkan oleh pak Djarot, ketua RT setempat.

    Bojonegoro, 24 Juni 2020

    Kontak            :

    Drs. Tri Aprilijanto Utomo, Ph.D. ( Dosen Pembimbing Lapangan)

    Ivan Robi Septian/I0717022 (Mahasiswa Relawan/ivanrseptian@student.uns.ac.id)


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.