KKN UNS 2020 Galakkan Program Kawasan Wajib Bermasker di Kabupaten Magelang - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Alma Yulia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Juli 2020

Minggu, 12 Juli 2020 06:23 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • KKN UNS 2020 Galakkan Program Kawasan Wajib Bermasker di Kabupaten Magelang

    Dibaca : 348 kali

    Magelang- Pemberlakuan normal baru/new normal yang diterapkan oleh pemerintah yang dilakukan untuk menjaga stabilitas ekonomi dan sosial masyarakat,  namun kondisi ini  menimbulkan kenaikan yang terus meningkat pada kasus Covid-19. Rendahnya kesadaran dan pemahaman masyarakat mengenai pencegahan Covid-19 menjadi penyebab utama. Maka perlu dilakukan pendekatan kepada masyarakat dengan cara pendampingan, edukasi, dan ajakan bergerak bersama untuk mencegah penyebaran Covid-19.

    Salah satu mahasiswa Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sebelas Maret, Alma Yulia Putri Azahari yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Dr. Roemintoyo, M.Pd melaksanakan KKN Covid-19 Batch 2 pada tanggal 15 Mei - 30 Juni 2020 di RT 03 RW 02 Dusun Nusupan, Desa Salaman, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

    Program kerja unggulan yang dilaksanakan selama KKN Covid-19  ini berupa membuat wilayah RT03 RW 02 dusun Nusupan menjadi wilayah wajib menggunakan masker dan memiliki cuci tangan di setiap rumahnya.

    Sebagai bentuk luaran dari program yaitu dengan pemasangan banner mengenai Wilayah Wajib Menggunakan masker di gapura wilayah memasuki RT03 RW 02 Dusun Nusupan, membagikan masker kain kepada warga dengan menyertakan pemberian sosialisasi tentang penggunaan dan pencucican masker kain yang benar, membentuk rumah model percontohan yang lengkap dengan cuci tangan dan tempat sampah, dan edukasi new normal yang  dilakukan melalui  media sosial  Youtube dan  Whatsapp group untuk menghindari berkumpulnya masyarakat dalam jumlah banyak.

    Warga menyambut dengan antusias pelaksanaan KKN Covid-19 dilingkungannya dan mengaku senang dengan kegiatan yang melibatkan masyarakat sehingga masyarakat dapat merasa aman di lingkunagan RT03 RW 02 Dusun Nusupan ini meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19. Ketua RT setempat meyampaikan bahwa kegiatan ini layak dilanjutkan dan dijadikan sebagai gerakan yang massive untuk mencegah penyebaran Covid-19 dimasyarakat.

    Diharapkan pula dengan program yang telah dilakukan, masyarakat menjadi lebih paham bahwa sangat pentingnya untuk memakai masker saat berada di luar rumah dan memahami pencegahan penularan Covid-19.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.