Hidup Sehat Seperti Rasulullah - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

wahyu sinangsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juli 2020

Minggu, 12 Juli 2020 06:49 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Hidup Sehat Seperti Rasulullah

    Dibaca : 753 kali

    Manusia hidup di dunia bisa menikmati kehidupan jikalau sehat. Menurut anda bagaimana?  Nah menurut saya ya betul sekali. Kita bisa merasakan nikmatnya lezatnya makanan jika kondisi lidah perasa kita sehat. Coba jika kondisi kurang sehat maka makanan selezat apapun rasanya hambar. Sate yang orang bilang mak nyus maaf jika sakit terasa pahit. Bakso yang mongah mongah saat panas bikin orang makan gobyos, es dawet es cendol siang siang diminum rasanya bisa endol terkendol kendol jika kita sehat.

    Namun semua terasa pahit jika kondisi kita kurang sehat alias sakit.Tetapi anehnya di tempat kami justru ketika sakit kita ditawari makanan yang enak enak, makanan yang menggiurkan. Untuk itu kita memang harus menjaga kesehatan kita sendiri, apalagi di musim pandemi seperti saat ini.

    Sedikit kami sampaikan tentang hidup sehat seperti Rosulullah, apa saja mari kita simak diantaranya adalah

    1. Makan sehat ala Rasulullah
    Di dalam Al-Qur'an Allah sudah menyampaikan kita makan makanan yang halalan thoyiban, artinya makan yang halal dan baik seperti dalam Surat Al Baqarah ayat 168 dan disitu Allah juga menyampaikan agar kita tidak mengikuti langkah syetan.
    Nah pertanyaannya apakah kita sudah makan yang halal dan baik, jangan jangan kita makan yang halal tetapi kurang baik/sehat atau kebalikannya makanan sudah baik tetapi tidak halal.
    Selain itu Nabi mengajarkan juga makan dan minum jangan berlebihan sebagaimana dalam firman Allah Surat Al A'rof ayt 31 yang artinya "Hai anak adam, kenakan pakaian mu yang indah di setiap memasuki masjid, makan dan minumlah dan jangan berlebi lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.
    Ternyata penyakit bisa datang karena perut kita yang makan berlebih lebihan, selain itu kita juga menjadi malas kalau kekenyangan. Sebagai contoh makanan Rosulullah adalah kurma, madu, minyak zaitun, habbatussauda

    2. Tidur ala Rasulullah
    Di awal kita pengin sehat melalui cara makan dan apa yang kita makan berikutnya adalah tidur beliau Rosulullah. Banyak riwayat menyebutkan tidurnya Rosulullah di awal waktu sesudah sholat Isya kalau sekarang mungkin sekitar setengah delapan atau jam delapan malam. Nah dengan tidur di awal waktu nantinya bisa bangun di sepertiga malam. Menurut para pakar kesehatan tidur nyenyak seseorang dan dapat merangsang tumbuhnya hormon yang menyehatkan bagi manusia sekitar jam 12 malam dan bangun jam tiga pagi mendapatkan oksigen yang bersih dan menyehatkan. Namun justru kita kadang begadang timur malam malam sehingga bangun menjadi kesiangan.

    3. Olahraga ala Rasulullah
    Rosulullah senantiasa berolahraga diantaranya berenang, berkuda dan memanah. Nah kita mungkin berkuda bisa diartikan bersepeda yang sekarang baru viral.

    4. Kebersihan ala Rasulullah
    Rosulullah senantiasa mandi dan bersiwak atau gosok Gigi. Setiap akan sholat Lima waktu Rosulullah bersiwak menjaga kebersihan.

    5 Rosulullah tidak gampang marah
    Nah ini yang kadang memang sulit bagi kita untuk tidak gampang marah. Rosulullah sedikit marahnya, kita sedikit sedikit marah. Ternyata dari beberapa penelitian marah memicu hormon yang dapat memicu darah tinggi yang mengakibatkan gangguan jantung dan stroke
    Itulah beberapa cara Rosulullah dalam menjaga kesehatan, dan bukankah kesehatan mahal harganya ayo kapan lagi kita menteladaninya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.