x

Iklan

Rahmadanty Atika

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Juli 2020

Selasa, 14 Juli 2020 14:00 WIB

KKN UNS 2020 : Mengabdi di Tengah Pandemi

Artikel ini merupakan rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh mahasiswa Ponorogo dari Universitas Sebelas Surakarta.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Universitas Sebelas Maret Surakarta atau UNS turut andil dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 melalui pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN). UNS menjadi pelopor kegiatan KKN dalam bentuk Relawan UNS Tanggap Bencana Covid-19 atau KKN Era Covid-19. Hal ini menjadi salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk turut berkontribusi bersama masyarakat dalam menghadapi Covid-19.

Dalam program ini, mahasiswa melakukan KKN secara mandiri dan tidak berkelompok serta dilaksanakan di lingkungan rumah masing-masing. Setiap mahasiswa diperbolehkan untuk menyusun beberapa program kerja yang dibutuhkan masyarakat setempat sebagai dampak dari pandemi Covid-19 ini.

Mahasiswa juga berkoordinasi dengan Ketua RT/RW setempat untuk menjalankan program yang mereka buat. Terdapat delapan sub tema yang diangkat UNS untuk dikembangkan mahasiswa ke dalam berbagai program kerja, diantaranya Kesehatan Masyarakat, Ketahanan Ekonomi Masyarakat, Ketahanan Pangan, Edukasi, Penyusunan Sistem Informasi, dan Supporting Keselamatan Masyarakat terhadap Covid-19.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Khususnya Mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang bertempat tinggal di Kabupaten Ponorogo. Beberapa dari mereka memilih subtema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19, Kesehatan Masyarakat, Ketahanan Pangan dan lain-lain. Total ada 12 (dua belas) mahasiswa UNS di Ponorogo yang telah melaksanakan KKN Era Covid-19 pada gelombang kedua ini. Mahasiswa tersebut tersebar di berbagai wilayah di Ponorogo. 

KKN UNS 2020 PONOROGO

Menurut Azis Akbar, salah satu mahasiswa bertempat tinggal di Desa Tranjang, Siman mengatakan walaupun pelaksanaan KKN kali ini memang berbeda dengan konsep biasanya, namun tetap berusaha untuk memberikan program-program kerja tepat guna dan dapat membantu masyarakat, khususnya warga Desa Tranjang.

Selain itu, menurut Maura Ovi, KKN Era Covid-19 ini justru memberikan tantangan baru apalagi dilakukan secara mandiri. “Subtema yang saya ambil adalah Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19 dengan menyusun beberapa program kerja seperti penerapan budaya hidup bersih dan sehat yang justru memberikan tantangan baru untuk saya, karena biasanya kami melakukan pengabdian belum tentu di tempat tinggal sendiri, namun kali ini saya benar-benar merasakan bagaimana membantu masyarakat ditengah kondisi yang belum sepenuhnya pulih ini,” ujar Maura Ovi.

KKN UNS 2020 PONOROGO

Dengan adanya KKN Era Covid-19 ini diharapkan dapat membantu percepatan penanganan Covid-19 khususnya di lingkungan RT/RW. Serta melalui kegiatan KKN ini diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman terjun langsung ke lapangan untuk berhadapan dengan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kualitas diri dari mahasiswa.

Ikuti tulisan menarik Rahmadanty Atika lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler