Warga Dilarang Masuk, Taman di Komplek Setda Bojongkoneng, Singaparna, untuk Siapa? - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

gringo honasan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Maret 2020

Kamis, 16 Juli 2020 06:31 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Warga Dilarang Masuk, Taman di Komplek Setda Bojongkoneng, Singaparna, untuk Siapa?

    Dibaca : 767 kali

    Taman adalah sebuah area atau sebidang tanah yang ditanami berbagai tumbuhan dan diberikan beberapa komponen tambahan yang bermanfaat bagi manusia. Menurut Laurie (1987) secara lengkap dapat diartikan taman adalah sebidang lahan berpagar yang digunakan untuk mendapat kesenangan, kegembiraan, kenyamanan bagi  penggunanya.

    Sedangkan komponen abiotik taman, antara lain, tanah, air, udara, dan cahaya matahari. Pada sebagian taman terdapat beberapa komponen tambahan seperti air mancur, jalan setapak, kolam, gazebo, ayunan, dan berbagai hiasan lain yang dapat menambah nilai estetika taman.

    Pada umumnya taman dibuat untuk menyusun, menanam, dan menata berbagai tanaman, seperti pohon, rumput, dan bunga sebagai salah satu upaya penghijauan. Tujuan umum dibuatnya taman adalah untuk menjadikan suatu area menjadi lebih indah, sejuk, nyaman, dan tertata secara rapi.

    Taman adalah sebidang lahan berpagar yang digunakan untuk mendapatkan kesenangan, kegembiraan, dan kenyamanan (Laurie,1986:9). Kota adalah tempat berlangsungnya proses hidup dan kehidupan atau sebagai tempat berlangsungnya aktifitas manusia (Setiyaningrum, Diyah,2002:4).

    Taman Kota adalah taman yang berada di lingkungan perkotaan dalam skala yang luas dan dapat mengantisipasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota.

    Fungsi Taman 

    Berbagai fungsi taman yang dapat dirasakan manfaatnya adalah sebagai berikut:

    1. Fungsi Ekologis

    Taman kota sebagai penjaga kualitas lingkungan kota. Dengan adanya penghijauan maka taman kota dapat berfungsi sebagai:
    - Paru-paru kota yang menghasilkan banyak O2
    - Filter debu dan asap kendaraan bermotor, sehingga dapat meminimalisir polusi udara

    - Tempat penyimpanan air tanah, sehingga mencegah datangnya banjir dan erosi serta menjamin pasokan air tanah. Semoga ga da cerita lagi “musim ujan kebanjiran, musim kemarau kekeringan”.
    - Peredam kebisingan kota yang padat aktivitas
    - Pelestarian lingkungan ekosistem. “Kondisi yang langka mendengar cicit burung di lingkungan perkotaan”.

    2. Fungsi Sosial

    - Sebagai tempat komunikasi sosial
    - Sebagai sarana olahraga, bermain, dan rekreasi
    - Sebagai landmark sebuah kota
    - Menambah nilai estetika sebuah lingkungan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah kota.(sumber para ahli)

    Fungsi Taman di lingkungan Komplek Sekretariat Daerah Pemkab Bojongkoneng Singaparna diperuntukan untuk siapa?

    Banyak warga masyarakat kota Singaparna dan daerah lainnya merasa kecewa atas larangan memasuki area ini d iwaktu senja hari. Ketika ingin melakukan kegiatan olahraga, jalan kaki, menghirup udara segar, bermain bersama anak-anak ditaman yang dibuat dan ditata Pemkab begitu indah, nyaman serta kesejukan dan kesehatan yang alami.

    Menurut petugas Pol PP yang jaga dipos penjagaan pintu masuk saat ditanyakan alasannya, "Kami hanya melaksanakan perintah pimpinan pak!," kata dia sambil meminta bertanya langsung kepada Kasat di kantornya.

    Namun menurut petugas yang enggan disebutkan namanya, disebutkan bahwa ada permintaan dari first lady dan orang nomor satu kabupaten, agar lingkungan perkantoran Setda untuk disterilkan.

    Warga masyarakat yang aktif berolahraga sangat menyesalkan sikap seperti itu. "Kalau di saat jam kerja kami mengerti, selain akan mengganggu juga tak pantas, karena tidak menghormati pegawai yang melakukan tugas rutin," kata salah seorang warga. 

    Kekecewaan warga cukup beralasan dan sedikit greget sebab hari libur pegawai Sabtu dan Minggu dilarang juga. "Di belakang Setda Taman Hijau Lansia, di depan pintu masuk Taman lengkap dengan segala asesorisnya, di ujung belakang pendopo baru Taman Asri Ciwulan, itu semua untuk siapa?," kata dia.

    Singaparna.(15/7/2020)

    Gringohonasan


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.