x

Iklan

Muhammad Sohibul Hikam

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Juli 2020

Senin, 20 Juli 2020 08:05 WIB

KKN UNS : Mahasiswa Mengedukasi Warga Desa Sumberadi Mengenai Covid-19


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PRESS RELEASE

 

 

(Kebumen, 20 Juli 2020), Program “KKN UNS Tanggap Wabah COVID-19” merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UNS dalam rangka pengabdian terhadap masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan implementasi dari ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada suatu masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah sebagai penyebaran Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi penyaluran tekad mahasiswa dalam turut andil mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kini pandemi Covid-19 menjadi permasalahan kemanusiaan yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia. Mahasiswa berupaya menciptakan masyarakat yang aktif dan mandiri guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Desa Sumberadi merupakan salah satu desa di Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Desa Sumberadi menjadi sasaran pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk mendorong terjaganya kondisi masyarakat yang aman agar terhindar dari penyebaran mata rantai virus Covid-19. KKN UNS ini dilaksanakan oleh mahasiswa bernama Muhammad Sohibul Hikam (NIM H0817069), Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Dr. Drs. Sugiyanto, M.Si, M.Si. (NIP. 19600606 198603 1 005). KKN dengan judul program “Pendidikan Sikap dan Perilaku Masyarakat Terhadap  COVID-19 di Desa Sumberadi, Kecamatan Kebume15, Kabupaten Kebumen“ ini dilaksanakan mulai dari tanggal 3 Mei 2020 hingga tanggal 30 Juni 2020. Program kegiatan dilaksankan secara langsung dan daring sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tetap stay at home dan physical distancing. Physical distancing merupakan salah satu langkah pembatasan fisik yang dapat disarankan untuk pencegahan penyebaran mata rantai virus Covid-19 (alodokter.com).

Program kerja dilakukan dengan membagikan desain pamflet dan video-video yang  berkaitan dengan supporting pemahaman masyarakat mengenai Covid-19 dan bagaimana pola hidup sehat saat pandemi Covid-19 serta pentingnya melakukan physical distancing dengan mmt dan pamflet yang dapat disebarluaskan melalui group whatsapp. Masyarakat juga diberi informasi mengenai cara mencuci tangan dengan baik dan benar menggunakan pamphlet yang ditempelkan di setiap rumah. Kegiatan bidang ketahanan pangan dengan dilakukan pembagian bibit tanaman dan pelatihan online cara menanam bibit tersebut. Kegiatan bidang yang berkaitan dengan supporting keselamatan masyarakat mengenai Covid-19 dilakukan dengan penyemprotan disinfektan secara rutin di kawasan RT 03, RW 02, Desa Sumberadi, Kebumen yang dilakukan sebanyak 4 kali selama kegiatan KKN berlangsung. Selain penyemrotan, kegiatan lain yang dilakukan guna menunjang keselamatan masyarakat adalah pembuatan alat cuci tangan. Program yang dilakukan secara langsung tetap mengikuti protokol kesehatan. Program kerja yang telah terlaksana diharapkan dapat bermanfaat untuk masyarakat setempat.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Sohibul Hikam lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler