5 Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng, Jawa Tengah - Travel - www.indonesiana.id
x

Pemandangan Gunung Prau, Dieng, Wonosobo. shutterstock.com

Yudha Bebe

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juli 2020

Senin, 20 Juli 2020 16:53 WIB
  • Travel
  • Berita Utama
  • 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng, Jawa Tengah

    Dibaca : 535 kali

    Dataran tinggi Dieng menjadi salah satu kawasan wisata yang paling bagus di provinsi Jawa Tengah, tidak heran banyak tempat wisata yang banyak destinasi wisata yang bisa kunjungi sekaligus disana.

    Berikut ini tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau liburan di Dieng yang pastinya mempesona dan indah, sehingga sering sekali dikunjungi oleh wisatawan.

    1. CANDI ARJUNA

    Candi Arjuna berada di dekat Kawah Sikidang, Kurang lengkap rasanya kalau tidak mampir ke candi arjuna, sejarah candi ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa.

    Di kawasan candi arjuna ini terdapat lima candi lainnya yang saling berjajar lurus lokasinya berada di ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut, sehingga suasana dan pemandangannya begitu menyenanggkan.

    LOKASI               : Karangsari, Dieng kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

    Jam Operasional    : 07:00-16:00 WIB

    Harga                    : Rp.10.000-Rp.20.000

    1. KAWAH SIKIDANG

     Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke dieng, tapi tidak menyempatkan untuk berkunjung di Kawah Sikidang, Letak kawah ini tidak jauh dari Bukit Sikunir. Akses menuju kawah ini cepat melalui jalanan dari Wonosobo.

     Dan jangan lupa kalau mampir kesini wajib bawa masker untuk terhindar dari bau belerang yang menyengat kalau kamu gak tahan dengan baunya, selain melihat keindahan kawah sikidang kamu juga bisa melihat berbagai kerajinan tradisional khas Dieng buatan warga setempat.

     

    LOKASI                    : Bakal Buntu, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

    Jam Operasional       : Setiap hari pukul 08.00-16.00

    Harga                         : Rp.10.000

     

    1. BATU PANDANG RATAPAN ANGIN

     Batu Pandang Ratapan Angin berupa sebuah teping diketinggian yang letaknya sangat berdekatan dengan Telaga Menjer, bahkan kamu bisa melihat telaga menjer dari tempat ini termasuk telaga pengilon juga akan terlihat dari sini.  

     Menuju Destinasi ini bukanlah hal yang menyusahkan, akses masuk batu pandang ini berada dekat dengan wisata dieng lainnya, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna, Jika di tempuh dari kota Wonosobo, perjalanan akan memakan waktu hingga satu jam.

     

    Lokasi                         : Jalan Raya Dieng, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

    Jam Opersasional        : Setiap hari pukul 06.00-17.30

    Harga                          : Rp.10.000

     

    1. TELAGA PENGILON

     Dieng mempunyai banyak telaga, salah satunya yang menarik perhatian wisatawan adalah telaga pengilon, telaga ini kerap dikaitkan dengan mitos dan legenda oleh masyarakat sekitar, tapi tetap saja keindahannya tidak diragukan lagi.

    Telaga pengilon ini sering dikaitkan kembaran Telaga Warna, tapi yang membedakan adalah kejernihan airnya. Di telaga pengilon ini airnya sangat jernih, melalui telaga ini warga setempat memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah.

     

    Lokasi                         : Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

    Jam Operasional          : Setiap hari pukul 06.00-17.00

    Harga                          : Rp.10.000

     

    1. GARDU PANDANG TIENG

     Salah satu lagi tempat yang cocok untuk di datangi ketika matahari terbit, yakni Gardu Pandang Tieng,  lokoasi ini sangat padat pengunjung. Para wisatawan biasanya berbondong-bondong untuk mengunjunginya untuk memburu keindahan sunrise.

     Di sebelah selatan kamu bisa melihat kemegahan Gunung Sindoro beserta dengan desa Tieng. Waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit dari kota Wonosobo Jawa Tengah.

     

    Lokasi                         : Jalan Raya Dieng, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

    Jam Operasional          : Setiap Hari 24 Jam

    Harga                          : Free

     

    Itulah 5 tempat Destinasi Wisata di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah yang paling menarik dan bisa kamu kunjungi ketika liburan kesini.. Semoga bermanfaat dan Selamat Mengunjunginya.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Supartono JW

    Senin, 27 Juli 2020 18:56 WIB

    Kisah Perjalanan (4) 27 Juli, Sehari di La Vallee dan Disneyland-Paris

    Dibaca : 327 kali

    Hari ini, Rabu, 27 Juli 2011 setelah sarapan pagi, sesuai agenda kami akan bertandang ke La Valee Outlet Shooping Village dan lanjut ke Paris-Disneyland. Sebenarnya, masih ingin badan ini rebahan di kamar hotel, namun apa boleh buat, saya harus mengikuti agenda perjalanan wisata yang memang sudah sangat tertata. Jadi, tidak boleh ada waktu yang meleset dari jadwal yang telah ditentukan. Kemarin, setengah hari ada di Brussel-Belgia, dan setengah harinya lagi berada di bus baik dari Amsterdam menuju Brussel, maupun Brussel menuju Paris, memang tidak begitu banyak menguras tenaga, karena semua perjalanan di tempuh pada siang hari. Nyamannya bus yang membawa kami dan pemandangan indah antara Brussel-Paris, menjadikan kami tak merasakan bahwa kami harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam 40 menit. Bahkan, saat bus harus rehat di rest area pun, kami sebenarnya ingin bus tak perlu berhenti, karena semangatnya kami. Malah saat bus masuk ke Paris, kami pun tak menyadari bahwa kini kami sudah ada di negera Prancis. Bila di sebelumnya kami sudah bercengkerama di Istanbul-Turki selama sehari. Lalu, di Sofia, Veliko Tarnovo, dan Razgrad-Bulgaria selama delapan hari. Berikutnya, singgah di Koln, Duseldorf-Jerman sekitar tiga jam, dan di Volendam, Amsterdam-Belanda selama dua malam satu hari. Kemudian, di Brussel-Belgia setengah hari, maka di Paris-Prancis ini, kami menginap selama empat malam dan bercengkerama selama tiga hari penuh.