x

Pemandangan Gunung Prau, Dieng, Wonosobo. shutterstock.com

Iklan

Yudha Bebe

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Juli 2020

Senin, 20 Juli 2020 16:53 WIB

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng, Jawa Tengah

rekomendasi tempat wisata di dieng jawa tengah yang menarik untuk dikunjungi dan untuk melihat keindahan dataran tinggi dieng

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dataran tinggi Dieng menjadi salah satu kawasan wisata yang paling bagus di provinsi Jawa Tengah, tidak heran banyak tempat wisata yang banyak destinasi wisata yang bisa kunjungi sekaligus disana.

Berikut ini tempat wisata yang wajib kamu kunjungi kalau liburan di Dieng yang pastinya mempesona dan indah, sehingga sering sekali dikunjungi oleh wisatawan.

  1. CANDI ARJUNA

Candi Arjuna berada di dekat Kawah Sikidang, Kurang lengkap rasanya kalau tidak mampir ke candi arjuna, sejarah candi ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun untuk menyembah Dewa Syiwa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di kawasan candi arjuna ini terdapat lima candi lainnya yang saling berjajar lurus lokasinya berada di ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut, sehingga suasana dan pemandangannya begitu menyenanggkan.

LOKASI               : Karangsari, Dieng kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional    : 07:00-16:00 WIB

Harga                    : Rp.10.000-Rp.20.000

  1. KAWAH SIKIDANG

 Kurang lengkap rasanya kalau berkunjung ke dieng, tapi tidak menyempatkan untuk berkunjung di Kawah Sikidang, Letak kawah ini tidak jauh dari Bukit Sikunir. Akses menuju kawah ini cepat melalui jalanan dari Wonosobo.

 Dan jangan lupa kalau mampir kesini wajib bawa masker untuk terhindar dari bau belerang yang menyengat kalau kamu gak tahan dengan baunya, selain melihat keindahan kawah sikidang kamu juga bisa melihat berbagai kerajinan tradisional khas Dieng buatan warga setempat.

 

LOKASI                    : Bakal Buntu, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Jam Operasional       : Setiap hari pukul 08.00-16.00

Harga                         : Rp.10.000

 

  1. BATU PANDANG RATAPAN ANGIN

 Batu Pandang Ratapan Angin berupa sebuah teping diketinggian yang letaknya sangat berdekatan dengan Telaga Menjer, bahkan kamu bisa melihat telaga menjer dari tempat ini termasuk telaga pengilon juga akan terlihat dari sini.  

 Menuju Destinasi ini bukanlah hal yang menyusahkan, akses masuk batu pandang ini berada dekat dengan wisata dieng lainnya, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, dan Telaga Warna, Jika di tempuh dari kota Wonosobo, perjalanan akan memakan waktu hingga satu jam.

 

Lokasi                         : Jalan Raya Dieng, Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Opersasional        : Setiap hari pukul 06.00-17.30

Harga                          : Rp.10.000

 

  1. TELAGA PENGILON

 Dieng mempunyai banyak telaga, salah satunya yang menarik perhatian wisatawan adalah telaga pengilon, telaga ini kerap dikaitkan dengan mitos dan legenda oleh masyarakat sekitar, tapi tetap saja keindahannya tidak diragukan lagi.

Telaga pengilon ini sering dikaitkan kembaran Telaga Warna, tapi yang membedakan adalah kejernihan airnya. Di telaga pengilon ini airnya sangat jernih, melalui telaga ini warga setempat memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah.

 

Lokasi                         : Dieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional          : Setiap hari pukul 06.00-17.00

Harga                          : Rp.10.000

 

  1. GARDU PANDANG TIENG

 Salah satu lagi tempat yang cocok untuk di datangi ketika matahari terbit, yakni Gardu Pandang Tieng,  lokoasi ini sangat padat pengunjung. Para wisatawan biasanya berbondong-bondong untuk mengunjunginya untuk memburu keindahan sunrise.

 Di sebelah selatan kamu bisa melihat kemegahan Gunung Sindoro beserta dengan desa Tieng. Waktu tempuhnya hanya sekitar 30 menit dari kota Wonosobo Jawa Tengah.

 

Lokasi                         : Jalan Raya Dieng, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Jam Operasional          : Setiap Hari 24 Jam

Harga                          : Free

 

Itulah 5 tempat Destinasi Wisata di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah yang paling menarik dan bisa kamu kunjungi ketika liburan kesini.. Semoga bermanfaat dan Selamat Mengunjunginya.

Ikuti tulisan menarik Yudha Bebe lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

6 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB