x

Iklan

Fransisca Apriliana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Juli 2020

Rabu, 22 Juli 2020 07:00 WIB

Pengabdian Dalam Masyarakat Lewat Kegiatan KKN COVID-19 UNS 2020

Artikel ini bertujuan untuk memaparkan seperti apa kegiatan KKN COVID-19 UNS 2020

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

SURAKARTA - Tepat pada tanggal 30 April 2020, Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi melaunching KKN Relawan Covid-19 UNS secara online oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H, M.H. Launching secara simbolis merupakan bentuk penerjunan mahasiswa KKN Relawan Covid-19 UNS ditempat tinggal masing-masing dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. UNS yang merupakan salah satu agen intelektual memiliki tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi terpanggil untuk turut berkontribusi bersama masyarakat dalam menghadapi Covid-19.

Fransisca Apriliana NIM E00196, salah seorang peserta KKN Relawan Covid-19 UNS dengan Tema Besar Kesehatan Masyarakat didampingi dengan. Bapak Lego Karjoko.,S.H.,M.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) membantu dalam peningkatan pemahaman masyarakat tentang serba-serbi Covid-19. Supporting pemahaman masyarakat dilakukan secara daring melaui media social berupa instagram, facebook, dan grup paguyuban warga Ngasinan RT 03/ RW 12 Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta. Selain secara daring, sosialisasi dilakukan melalui pemasangan pamlet dan spanduk mengenai gejala dan cara pencegahan penularan Covid-19 hingga tutorial membuat jamu sendiri dirumah.

Kegiatan edukasi juga menyasar kepada anak-anak kampung, yang mana selama Kondisi Luar Biasa (KLB) anak-anak merasa bosan berada dirumah. Kegiatan edukasi kepada anak-anak bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan dirumah melalui kegiatan pembagian masker

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penyediaan fasilitasi-fasilitas tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat menanamkan kesadaran kepada diri pribadi akan pentingnya memakai masker ketika berpergian. Disamping itu penyediaan tong cuci tangan di lapangan juga bermanfaat sekali, dimana banyak aktifitas masyarakat seperti membeli sayur dilakukan disini sehingga tersedianya tong dapat memudahkan masyarakat untuk segera mencuci tangan.

Kegiatan KKN Relawan Covid-19 UNS yang berjalan selama kurang lebih 45 hari diakhiri dengan survey kepuasan masyarakat tentang keberhasilan kegiatan program KKN yang telah berlangsung. Hal ini disarankan oleh DPL agar peserta dapat mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah berjalan.

Melalui KKN Relawan Covid-19 ini, diharapkan dapat membantu masyarakat sebagai bentuk pengabdian mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. dalam pencegahan dan penularan Covid-19.

 

Ikuti tulisan menarik Fransisca Apriliana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler