x

Iklan

Dian Pratiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juli 2020

Rabu, 22 Juli 2020 13:40 WIB

5 Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat tak selalu mahal, lho. Pasalnya ada berbagai bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan, yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif perawatan kulit secara alami.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan

Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia. Hasil rempah ini pun oleh masyarakat Indonesia yang juga sering disebut sebagai bumbu dapur ini, memang kerap dimanfaatkan untuk menambahkan citarasa di dalam sebuah masakan. Namun  selain untuk memasakan nyatanya berbagai  bumbu dapur pun diolah menjadi bubuk halus menggunakan mesin penepung atau alat penghalus bumbu dapur, nah ini kerap dijadikan bahan untuk membuat obat tradisional, hingga bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit para wanita Indonesia sejak dahulu, lho. Lantas apa saja bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan?

Kunyit

bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bumbu dapur yang kerap dijadikan bahan untuk membuat soto hingga nasi tumpeng ini memang sudah cukup populer akan manfaatnya untuk kulit. Bahkan beberapa produk kecantikan pun menjadikan kunyit sebagai salah satu kandungan di dalamnya. Bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan ini mengandung kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi, yang berguna untuk meredakan jerawat yang meradang. Selain itu kunyit juga dikenal sebagai bumbu dapur yang mengandung vitamin C, sehingga bermanfaat untuk membantu mencerahkan wajah, menyamarkan flek hitam dan noda bekas jerawat, serta dapat menyamarkan bekas luka, lho.

Bawang Putih

bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan

Bumbu dapur yang kerap digunakan untuk membuat berbagai macam masakan ini ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kulit, lho. Bawang putih memang memiliki kandungan yang bermanfaat, seperti zinc yang membantu untuk mengontrol produksi minyak wajah. Kemudian juga ant-bakteri yang berguna untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Vitamin C sebagai zat antioksidan untuk melindungi kulit dari efek radikal bebas, sehingga mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit, serta senyawa sulfur yang bisa membantu mengeringkan jerawat lebih cepat.

Jahe

bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan

Bagi masyarakat Indonesia jahe seringkali dimanfaatkan untuk membuat minuman penghangat tubuh serta meredakan gejala masuk angin serta perut kembung. Namun selain baik untuk kesehatan, ternyata jahe juga memiliki manfaat untuk kulit. Bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang berguna untuk merevitalisasi kulit yang lelah. Selain itu jahe juga diklaim dapat meredakan sunburn, mengontrol produksi sebum pada wajah, serta mencegah munculnya jerawat.

Cengkeh

bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan

Selain dijadikan bumbu untuk masakan bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan ini juga sering digunakan sebagai ramuan herbal untuk kesehatan. Manfaat cengkeh untuk kecantikan kulit pun beraneka ragam. Mulai dari menyamarkan garis-garis halus di wajah dan crowfeed, hingga menyamarkan kerutan. Selain itu rutin mengkonsumsi air rebusan cengkeh juga diklaim dapat mengatasi masalah jerawat dari dalam dan juga menyamarkan noda bekas jerawat, lho. 

Bukan hanya untuk kulit, bagi Anda yang memiliki masalah dengan rambut rontok bisa mencoba menggunakan cengkeh untuk perawatan rambut. Pasalnya, cengkeh diklaim dapat mengatasi rambut rontok dan juga membantu menutrisi rambut dari dalam sehingga rambut menjadi lebih kuat.

Lengkuas

bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan

Bagi Anda yang sedang memiliki masalah gatal-gatal pada kulit bisa memanfaatkan lengkuas untuk meredakannya. Pasalnya, bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan satu ini mengandung senyawa flavonoid, yang memiliki sifat antijamur,anti-inflamasi dan anti-mikroba. Bukan itu saja, menurut beberapa penelitian lengkuas mengandung 40 jenis antioksidan, sehingga membuat bumbu dapur satu ini sangat baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Itu dia kelima bumbu dapur yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Selain mudah ditemukan, tentu menggunakan bumbu dapur sebagai perawatan kulit lebih alami sehingga minim dari efek samping. Serta tentu saja harganya lebih terjangkau jika dibandingkan dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, bukan?

Ikuti tulisan menarik Dian Pratiwi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler