x

Iklan

Desi Kurnia R

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2020

Jumat, 24 Juli 2020 16:31 WIB

New Normal KKN UNS Tahun ini

Kegiatan KKN Covid-19 UNS di Desa Jebres Tengah Rt 03 Rw 25, Surakarta

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

(Solo, 23 Juli 2020) Setidaknya sejak akhir 2019 hingga hari ini, dunia dilanda wabah virus baru yaitu Covid-19. Kasus pertama virus ini berasal dari Wuhan, China dan kemudian menyebar ke eluruh dunia tak terkecuali Indonesia. Kasus pertama di Indonesia pada Maret dan per 22 Juli 2020 sudah menyentuh angka 90 ribu jiwa.

Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19 misalnya dengan physical distancing, mengenakan masker saat berada di luar rumah, dan rajin mencuci tangan setelah berkegiatan. Aktivitas-aktivitas tersebut kini dikenal dengan istilah new normal.

Pemerintah terus menggemakan seruan new normal kepada masyarakat. Selain pemerintah, beberapa universitas di Indonesia juga turut andil dalam mengedukasi masyarakat agar mematuhi himbauan pemerintah untuk menghindari penyebaran Covid-19. Salah satu kampus tersebut adalah UNS. Program pengabdian atau KKN dimanfaatkan untuk menjangkau masyarakat lebih luas dan lebih dekat supaya edukasi merata. Setiap mahasiswa diberikan tenggang waktu untuk menyelesaikan KKN dari 15 Mei 2020 dan maksimal berakhir pada 30 Juni 2020.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu lokasi KKN Covid-19 ini berada di Desa Jebres Tengah Rt 03 Rw 25, Kelurahan Jebres, Surakarta. Tujuan program mahasiswa di sana adalah untuk mengedukasi serta meningkatkan awareness masyarakat terhadap Covid-19. Hal ini dirasa penting karena kenyataan di lapangan, masih banyak yang belum menerapkan new normal terutama orang-orang usia lanjut.

Tujuan tersebut diimplementasikan melalui beberapa kegiatan seperti membagikan sabun cuci tangan dan masker non-medis bagi yang membutuhkan, menempelkan poster di tempat-tempat strategis, pengadaan ember cuci tangan, dan memberikan penyuluhan melalui WA group warga Rt 03.

Ikuti tulisan menarik Desi Kurnia R lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler