5 Inspirasi Aneka Kue Kering Lebaran untuk Idul Adha - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Dian Pratiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juli 2020

Sabtu, 25 Juli 2020 20:28 WIB

  • Pilihan
  • Berita Utama
  • 5 Inspirasi Aneka Kue Kering Lebaran untuk Idul Adha

    Walau tidak bisa berkumpul dengan keluarga besar di Hari Raya Idul Adha nanti, Anda tetap bisa menjalin silaturahmi dengan mengirimkan aneka kue kering lebaran buatan sendiri sebagai tanda kasih. Berikut ini beberapa resep kue khas lebaran yang bisa Anda coba buat.

    Dibaca : 1.421 kali

    Aneka kue kering lebaran

    Kurang dari seminggu lagi seluruh umat muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Adha atau yang juga sering disebut sebagai Lebaran Haji. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lebaran Idul Adha tahun ini mungkin tidak semeriah tahun-tahun sebelumya. Adanya penyebaran virus Corona yang hingga saat ini masih belum selesai mungkin membuat Anda tidak dapat berkumpul bersama keluarga besar demi mematuhi anjuran physical distancing oleh pemerintah.

    Tapi tak bisa berkumpul bukan berarti tidak bisa bersilaturahmi. Anda tetap bisa bersilaturahmi dan memberikan ucapan selamat lebaran kepada keluarga dan teman dengan berbagai cara. Salah satunya adalah mengirimkan aneka kue lebaran atau aneka kue kering lebaran buatan sendiri kepada para keluarga dan juga teman-teman dekat.

    Belum pernah membuat aneka kue khas lebaran bukan berarti Anda tidak bisa, lho. Yuk, coba beberapa resep aneka kue kering lebaran berikut ini supaya kamu bisa memberikannya pada keluarga saat Hari Raya Idul Adha nanti.

    Kue Putri Salju

    Aneka kue kering lebaran

    Bisa dibilang kue kering satu ini menjadi salah satu kue khas lebaran dari banyaknya aneka kue kering lebaran yang sering disajikan. Kue dengan taburan gula halus ini pun disukai oleh hampir semua orang terutama anak-anak. Adonan kue biasa menggunakan mixer roti 1 jutaan yang murah meriah namun hasil tetap maksimal. Nah, jika Anda ingin membuat kue khas lebaran satu ini berikut resep dan cara membuatnya;

      • Bahan:
        375 gram mentega
        65 gram gula halus
        60 gram kuning telur
        75 gram susu bubuk
        500 gram tepung rendah protein
        80 gram kacang tanah/mete cincang kasar
        Gula bubuk secukupnya untuk taburan

     

    • Cara Membuat:

     

    Langkah pertama kocok mentega dan gula halus hingga tercampur dan teksturnya menjadi lembut serta mengembang menggunakan mixer kue atau mixer roti untuk memaksimalkan pencampuran adonan yang maksimal. Kemudian masukan kuning telur sedikit demi sedikit kedalam adonan tadi, dan kocok hingga menyatu. Setelahnya, masukkan tepung rendah protein, dan susu bubuk yang sudah diayak sebelumnya, kemudian aduk adonan kue khas lebaran ini hingga rata.

    Setelah adonan tercampur sempurna, timbang adonan seberat 10 gram kemudian bentuk bulat. Letakkan diatas loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti. Beri jarak kurang lebih 1,5 sentimeter. Lalu panggang kue dalam suhu 170 derajat Celcius selama 25 menit atau hingga warna adonan menjadi sedikit kecoklatan. Setelah kue khas lebaran ini matang, diamkan kue pada suhu ruangan terlebih dahulu.

    Baru setelah itu taburi kue dengan gula halus agar kue kering putri salju makin cantik. Terakhir, taruh kue lebaran putri salju ke dalam toples yang kedap udara agar awet lama.

    Kue Nastar

    Aneka kue kering lebaran

    Tahukah Anda jika kue nastar sebenarnya merupakan kue kering asal Belanda dan sudah ada sejak masa Kolonial? Nama nastar sendiri diambil dari bahasa Belanda ananas dan tart yang berarti kue nanas, dan kemudian disingkat menjadi nastar. Rasa manis dari selai nanas di dalam kue dengan citarasa gurih ini pun menjadikannya sebagai salah satu dari aneka kue kering lebaran favorit banyak orang. Untuk bisa membuat kue lebaran satu ini, berikut bahan yang diperlukan dan cara pembuatannya;

      • Bahan Adonan Kue:
        100 gr BOS (butter oil substitute)
        300 gr Margarin
        75 gr Gula halus
        3 butir Kuning telur
        100 gr susu bubuk
        75 gr tepung pati jagung
        500 gr tepung terigu
        1-2 butir kuning telur untuk olesan
      • Bahan Selai Nanas:
        300 gr nanas bersih
        300 gr gula putih
        100 ml air
        5 cm kayu manis
        7 buah Cengkeh

     

    • Cara membuat:

     

    Pertama masukkan butter oil, margarin dan gula halus ke dalam satu wadah kemudian aduk adonan dengan dengan menggunakan mixer hingga tercampur sempurna, Kemudian tambahkan kuning telur lalu mixer kembali hingga tercampur rata. Setelahnya masukkan tepung terigu, susu bubuk dan tepung pati jagung, aduk menggunakan spatula hingga semua tercampur.

    Lalu ambil adonan kue sekitar 1 sdm (sendok makan), pipihkan dan isi dengan selai nanas. Lalu bentuk kembali menjadi bola-bola. Lakukan hal serupa hingga adonan habis. Taruh adonan nastar yang telah dibentuk di loyang datar yang telah diolesi margarin. Jangan lupa untuk mengolesi permukaan nastar dengan telur kocok dan tambahkan parutan keju cheddar untuk topping. Setelah itu adonan siang dipanggang ke dalam oven dengan suhu 160 C selama 25 menit. Setelah dingin taruh di toples dan kue lebaran siap dikirim ke keluarga terkasih.

    Kue Kacang

    Aneka kue kering lebaran

    Selain kue lebaran putri salju dan nastar, kue kacang merupakan salah satu kue khas lebaran yang biasa tersaji di setiap rumah. Kue kering yang sebenarnya berasal dari Negeri Paman Sam ini menggunakan kacang tanah sebagai bahan utamanya. Memiliki tekstur yang lembut dan renyah membuat kue lebaran ini menjadi salah satu kue favorit dari aneka kue kering lebaran yang ada. Untuk membuat kue kacang yang renyah dan manis, berikut bahan dan cara membuat yang perlu Anda siapkan;

    • Bahan:
      520 gr tepung terigu
      250 gr selai kacang
      200 ml minyak
      180 gr gula halus
      27 gr susu bubuk
      2 sdm margarin cair
      1 sdt garam

     

     

    • Cara Membuat:

     

    Campurkan gula halus, selai kacang, susu bubuk, dan garam ke dalam satu wadah hingga rata. Lalu masukkan minyak dan margarin cair lalu aduk kembali. Setelah itu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk. Lanjut uleni adonan dengan mesin spiral mixer sampai adonan bisa dipulung. Kemudian jika sudah mencapai tekstur yang diinginkan gilas adonan dengan ketebalan sekitar 1 cm, lalu cetak. 

    Setelah itu, tata adonan yang sudah dicetak di atas loyang yang telah dialasi baking paper. Lalu olesi permukaan adonan dengan bahan olesan (untuk olesan gunakan campuran yang dibuat dari 3 kuning telur dan 1 sendok teh minyak). Kemudian panggang dengan menggunakan oven kue hingga matang. Setelah matang diamkan kue lebaran ini dingin terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke toples, ya.

    Itu tadi aneka kue kering lebaran yang bisa Anda jadikan snack box coba buat sendiri untuk dibagikan pada sahabat, keluarga, maupun kerabat untuk tetap bisa bersilaturahmi di Hari Raya Idul Adha nanti. Selamat mencoba.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.