MLM [6] Variasi Skema MLM - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: Profit on Knowledge

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 25 Juli 2020 20:36 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • MLM [6] Variasi Skema MLM

    Dibaca : 630 kali

    Pemasaran jaringan telah menarik minat jutaan orang di seluruh dunia. Amway, Tupperware, Avon, Nu skin, Herbal Life & Oriflamme dan lain-lain telah menjadi nama rumah tangga secara global dan menjadikan diri mereka sebagai produk premium berkat strategi penjualan dan distribusi MLM yang telah diadopsi oleh perusahaan-perusahaan ini.

    Konsep baru MLM atau pemasaran jaringan melibatkan penjualan dan distribusi produk melalui distributor yang membeli produk untuk digunakan sendiri dan fokus pada merekrut dan membangun jaringan distributor di bawah mereka sehingga penjualan terjadi secara otomatis ketika masing-masing distributor membeli produk untuk digunakan sendiri dan selanjutnya perekrutan dan pembangunan jaringan di bawah mereka. Format penjualan dan distribusi ini disebut juga Penjualan Piramida.

    Meskipun konsep ini sangat sukses dan kisah sukses orang yang menghasilkan jutaan melalui jaringan MLM mereka telah dipublikasikan secara global, ada banyak kritik, sinisme, dan biaya perdagangan tidak adil yang telah dilontarkan terhadap sistem MLM.

    Perusahaan MLM telah menjadi anggota Asosiasi Agen Penjualan Langsung dan telah mematuhi peraturan dan sistem perdagangan sebagaimana ditetapkan oleh otoritas untuk sistem tersebut. Terlihat bahwa perusahaan-perusahaan yang terus berinvestasi dan fokus pada produk berkualitas tinggi telah berkembang pesat di pasar menggunakan jaringan MLM untuk menjual dan mendistribusikan produk mereka. Hanya kualitas produk yang memungkinkan orang menjadi distributor dan membeli produk untuk digunakan sendiri. Dengan jumlah pelatihan dan pengetahuan produk yang diberikan kepada distributor bersama dengan pengalaman mereka sendiri tentang produk membantu menciptakan volume bisnis yang lebih tinggi melalui jaringan.

    Variasi Konsep MLM

    Keberhasilan jaringan MLM secara global untuk menjual produk melalui rantai distributor telah membuka jalan bagi terciptanya beberapa konsep yang dimodifikasi atau variasi jaringan MLM. Ada skema di mana dalam jaringan distributor telah didirikan untuk menjual tidak hanya satu produk perusahaan tetapi untuk menyediakan katalog produk dari berbagai perusahaan dan mengundang distributor untuk membeli produk-produk yang mereka anggap berguna dan membutuhkan. Dalam banyak kasus katalog diedarkan seperti berkala dan berlangganan dibebankan ketika distributor berlangganan yang sama. Pada saat yang sama setiap distributor mendapat diskon pada katalog yang ia pesan untuk jaringannya dan karenanya mendapatkan penghasilan di sini juga.

    Sebagai konsep, sistem seperti itu terlihat fantastis. Namun ketika menyangkut keterlibatan dan kepemilikan berbagai perusahaan yang terlibat dalam penyediaan produk berkenaan dengan kualitas produk, pelatihan, serta jaminan, dan lain-lain. Yang bersangkutan, ada kemungkinan bahwa perusahaan dapat gagal memenuhi harapan dan seluruh sistem dapat pergi tanpa arah.

    Surat Berantai

    Menuju keberhasilan konsep jaringan MLM, ada beberapa jenis jaringan dan konsep yang telah membuat putaran di berbagai negara di waktu yang berbeda. Salah satu skema yang terus membuat putaran adalah konsep Chain Letter Network, di mana anda menerima surat yang meminta anda untuk mengirim sejumlah kecil seperti 50 ribu rupiah ke lima orang yang tercantum dalam surat itu dan kemudian membuat sebanyak salinan dari penggabungan yang sama nama anda di atas daftar dan kirimkan kepada orang lain mengulangi instruksi yang sama. Ketika orang-orang membaca surat anda, mereka pada gilirannya akan mengirimi anda 50 ribu dan mengedarkan lebih banyak surat menambahkan nama mereka ke daftar. Dengan demikian anda akan terus menerima uang dengan perluasan jaringan.

    Ini hanya berupa skema menghasilkan uang tanpa produk atau penjualan terjadi secara riil. Meskipun orang-orang menyadari bahwa skema seperti itu tidak menghasilkan pendapatan nyata dalam jangka panjang dan tidak melibatkan perdagangan apa pun, masih sedikit yang bisa ikut serta sehingga skema ini terus berjalan. Anda akan menemukan adaptasi yang berbeda dari skema tersebut dan semuanya tampaknya sejalan dengan peraturan perdagangan negara juga.

    Skema semacam itu dapat bekerja secara teori berdasarkan efek berganda dan seterusnya, tetapi secara moral dan etis skema tersebut tidak akan memperoleh dukungan dari dukungan masyarakat luas. Karena itu, penting untuk memahami skema MLM secara terperinci dan kemudian memutuskan atau memilih skema yang asli dan paling cocok untuk anda.

    ***
    Solo, Sabtu, 25 Juli 2020. 9:49 am
    'salam sukses penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.