Tantangan Media Online yang Baru Merangkak - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Moch Atha Iliah Ibnu Salim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Juli 2020

Minggu, 26 Juli 2020 06:49 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tantangan Media Online yang Baru Merangkak

    Dibaca : 357 kali

    Sejak menekuni dunia jurnalistik selama 8 tahun silam, bagi saya menarik rasanya mengikuti perkembangan dunia media massa saat ini. Meski masih diusia yang relatif sebentar didunia jurnalistik dengan segala keunikan dan ketertarikannya, sungguh menjadi sebuah pengalaman berharga dalam mengelola sebuah media massa berbasis digital online. Sehingga saat ini bisa melihat bagaimana tantangan dan peluang media kedepannya bagi saya yang sudah dipercaya sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) disalah satu dari sekian ribu media online.

    Pengagum sosok Pendekar Pena di masanya, yakni Mahbub Djunaidi yang menginspirasi dalam berbagai tulisan dan ulasannya yang tajam menjadi cambuk bagi saya untuk terus mengasah kemampuan menulis. Apalagi sang Maestro Pena ini, merupakan sosok aktivis dan organisatoris yang sangat tajam mengkritik kebijakan Pemerintah lewat tarian penanya.

    Mengelola media massa, apapun itu bentuknya memang butuh pikiran, tenaga ekstra dan juga modal yang tidak sedikit. Apalagi jika media diisi oleh orang-orang profesional, mereka yang memiliki kompetensi jurnalistik dan wartawan mahir. Untuk itu Beritabangsa.com hadir dengan menyuguhkan informasi yang mengedukasi, inovatif dan menginspirasi masyarakat, tentunya juga dilandasi etika jurnalistik dan aturan main yang ada.

    Mengelola sebuah media online, memang menjadi tantangan menarik. Apalagi jumlah media online saat ini menurut Dewan Pers mencapai 43 ribu. Tentu tidak mudah untuk bersaing, namun tidak ada kata tidak mungkin untuk bisa 

    Suguhan berita menarik, kecepatan berita, akurasi, keseimbangan menyampaikan data dan liputan serta bertanggungjawab atas isi berita menjadi modal awal untuk menjadikan Beritabangsa.com sejajar dengan media online profesional di Tanah Air. Apalagi saat ini Beritabangsa.com sedang dalam tahap proses verifikasi di Dewan Pers, sehingga roh jurnalisme yang apik dan bertanggungjawab menjadi pegangan untuk berkiprah dan menyajikan informasi edukatif, inovatif dan inspiratif serta bertanggung jawab kepada masyarakat, khususnya di Jawa Timur.

    Dengan dipercaya untuk mengelola Beritabangsa.com mulai 19 September 2019 ini, sungguh menjadi sebuah tantangan menarik untuk mensejajarkan dengan platform media online Nasional lainnya. Terutama tantangan dalam mengimbangi platform digital yang digandrungi anak milenial saat ini seperti facebook, atau youtube.

    Sebentar lagi, Beritabangsa.com usianya sudah menginjak satu tahun, di usianya yang sangat muda layaknya bayi yang baru lahir, seluruh redaksi belajar mengenali medan didepan mata, merangkak lalu berdiri, tentu tidak mudah untuk langsung besar dan sukses, semua butuh proses. Namun tidak patah arang, karena konsistensi, komitmen dan kerjasama seluruh redaksi sangat dibutuhkan untuk membesarkan media ini.

    Kami berterima kasih kepada seluruh narasumber serta klien Beritabangsa.com yang selama ini berpartisipasi bersama mengembangkan media online ini. Informasi penting dan akurat yang selama ini disampaikan menjadi sebuah kekuatan untuk menghadirkan informasi yang mengedukasi dan menginspirasi serta layak untuk dibaca, layak untuk dipahami dan layak untuk dijadikan sebuah referensi.

    **Pemred Beritabangsa.com/Moch. Atho' Illah, S.Pd


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.