x

Iklan

Ridho Nastainullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2020

Selasa, 28 Juli 2020 17:39 WIB

Manfaat Chatbot Untuk Website Bisnis Anda

Untuk Kamu yang punya website bisnis online dan mempunyai banyak pelanggan pasti memerlukan sesuatu yang semi otomatis seperti membalas chat pelanggan. Yaa, Kamu bisa menggunakan chatbot. Apa sih manfaat chatbot untuk website bisnis Anda? Simak pembahasannya disini yaa

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin Anda pernah berharap memiliki asisten bisnis yang tidak memerlukan banyak biaya tetapi dapat mengurus tugas yang menghabiskan waktu, seperti membalas chat pelanggan. Kabar baiknya sekarang Anda mungkin dapat memilikinya, yaitu menggunakan chatbots.

Chatbots dulunya bagus untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana namun sekarang chatbots bisa melakukan lebih banyak hal. Berkat kemajuan dalam teknologi chatbot, semakin banyak plugin chatbot dan tools chat untuk bisnis, bot dapat menangani beberapa layanan pelanggan yang penting dan tugas pemasaran untuk Anda.

6 Manfaat Chatbot Untuk Bisnis Anda

Berikut ini adalah 6 manfaat chatbot yang dapat membuat bisnis kecil Anda lebih baik dan berkembang.

1. Layanan Pelanggan Instan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak ada yang mau menunggu jawaban atas pertanyaan dasar tentang bisnis Anda. Dengan chatbot, mereka tidak perlu melakukannya. Tidak peduli jam berapa orang mengunjungi situs Anda dengan pertanyaan, dan betapapun sibuknya Anda, chatbots dapat menangani pertanyaan dasar tersebut untuk Anda.

Anda dapat mengatur chatbot Anda dengan menu pertanyaan dan jawaban yang relevan dengan bisnis dan pelanggan Anda. Jika chatbot Anda memiliki kemampuan pemrosesan bahasa alami yang didukung AI (beberapa plugin chatbot WordPress melakukannya), pelanggan Anda dapat melakukan percakapan nyata dengan bot Anda untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka. 

Obrolan layanan pelanggan WPBot menggabungkan percakapan bahasa alami dan menu

Bagaimana jika seseorang mengajukan pertanyaan yang tidak bisa dijawab bot Anda? Anda dapat mengonfigurasi bot Anda untuk menghubungkan pelanggan ke tim layanan pelanggan Anda melalui email atau telepon. 

2. Pengumpulan Data Pemasaran

Chatbots adalah cara terbaik untuk membangun daftar pemasaran Anda. Jika pelanggan Anda masuk ke obrolan dengan profil Facebook mereka, Anda dapat menerima data profil publik mereka. Anda juga dapat meminta alamat email dan nomor telepon untuk membuat daftar pemasaran Anda. 

Saat bot menumbuhkan daftar pelanggan Anda, Anda dapat membuat kampanye pemasaran dengan jangkauan dan segmentasi yang lebih baik.

3. Rekomendasi Produk yang Dipersonalisasi 

Chatbot Sephora di Kik melakukan pekerjaan yang hebat untuk memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi kepada pembeli. 

Fitur Beauty Uncomplicator bot membantu pengguna menemukan foundation, eyeliner, dan produk lain yang sesuai dengan jenis kulit dan preferensi gaya mereka. Itu dapat memindahkan pembeli dari menjelajahi ke melakukan pembelian tanpa meninggalkan obrolan. 

Dengan bot yang dapat menawarkan saran pribadi, bisnis Anda dapat memenuhi salah satu standar personalisasi di pengalaman pelanggan. 

4. Bantu Pelanggan Menemukan Produk yang Mereka Inginkan

Dengan chatbot yang tepat, pelanggan Anda dapat menemukan apa yang mereka cari saat mereka chat, tanpa harus mengklik situs sendiri. Sebagai contoh, beberapa chatbots WordPress terintegrasi dengan WooCommerce untuk mendukung pencarian produk, peningkatan penjualan dan penjualan silang dalam fitur obrolan. Ini menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih seperti layanan di dalam toko daripada belanja klik dan pencarian online. 

Mengapa Anda ingin pelanggan berbelanja melalui chatbot Anda daripada menjelajahi situs Anda? Jika situs sangat intuitif dan mudah digunakan, mungkin mereka akan lebih suka menjelajahi situs. Situs “susah dinavigasi” adalah hal yang membuat frustrasi nomor satu dari pembeli online dalam laporan 2018. Lebih dari 1/3 responden mengatakan mereka frustrasi dengan navigasi toko online dalam sebulan terakhir.

5. Ingatkan Pelanggan Tentang Barang-Barang di Keranjang Belanja Mereka

Rata - rata tingkat pengabaian keranjang untuk perdagangan online berkisar sekitar 70%. Ada banyak faktor yang membuat pelanggan mengabaikan keranjang mereka, seperti proses checkout yang kikuk dan biaya pengiriman yang tinggi. Tetapi kadang-kadang pembeli hanya terganggu, atau harus kembali bekerja, dan lupa ada sesuatu yang ingin mereka beli dalam keranjang digital.

Chatbots dapat membantu dengan itu, dengan mengirimkan pengingat kepada pembeli tentang produk-produk itu, atau undangan untuk mengajukan pertanyaan, atau penawaran diskon untuk item-item di troli mereka. Itu dapat meningkatkan tingkat konversi Anda tanpa upaya apa pun dari Anda.

6. Kirim Kampanye melalui Email, Obrolan, dan Teks

Kekuatan sebenarnya dari chatbots hari ini adalah berapa banyak data yang mereka kumpulkan dan kelola untuk pemilik bisnis. Ketika Anda memiliki chatbot yang mengumpulkan informasi Facebook Messenger, alamat email dan nomor telepon, Anda memiliki daftar pemasaran instan. Dan ketika Anda menggabungkan informasi kontak itu dengan perincian tentang bagaimana pembeli itu menggunakan chatbot dan situs Anda, Anda memiliki cara mudah untuk mengelompokkan daftar-daftar itu dan membuat kampanye yang lebih efektif.

Kami sudah bicara tentang kemampuan beberapa chatbots untuk memasarkan ulang ke pembeli yang meninggalkan barang di keranjang daring mereka. Tetapi Anda juga dapat menggunakan data chatbot Anda untuk dengan cepat membuat kampanye berdasarkan 

  • Pembelian sebelumnya. Mungkin 10 orang membeli rumah hamster dari toko Anda minggu lalu? Pelanggan itu mungkin membutuhkan penawaran khusus lain seperti makanan hamster.
  • Pencarian produk di toko Anda. Apakah pembeli mencari jaket musim gugur sebelum Anda memilikinya? Beri tahu mereka segera setelah Anda memilikinya. 
  • Pertanyaan yang diajukan pembeli kepada chatbot Anda. Apakah seorang pembelanja menghabiskan banyak waktu untuk bertanya tentang dan melihat alat-alat pertukangan toko Anda? Perbarui mereka setiap kali Anda memiliki stok barang-barang pertukangan.

Beberapa chatbots memungkinkan Anda mengirim campaign ke seluruh daftar atau segmen Anda. Beberapa terintegrasi dengan alat pemasaran lain sehingga Anda dapat membangun kampanye email dan teks juga. 

Kesimpulan

Sekarang Anda telah melihat bagaimana chatbots dapat membantu bisnis kecil Anda, bagaimana Anda memulainya? Kami membahasnya dalam posting mendatang yang melihat plugin chatbot paling populer dan tangguh untuk WordPress, termasuk plugin untuk membantu Anda mengintegrasikan Facebook Messenger ke situs Anda. 

Jika Anda belum mempunyai website untuk menjalankan bisnis Anda, silahkan gunakan hosting WordPress terbaik dari Masterweb. Sudah termasuk gratis domain dan SSL. Membuat website sangat mudah dan cepat hanya dengan fitur 1 klik.  Uptime server 99,98% dan network server 99,99%. Website selalu online, akses website cepat, aman dan dapat diandalkan.

 

 

Ikuti tulisan menarik Ridho Nastainullah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler