Podcastfest 2020, Kompetisi Seru dari UPH Kampus Surabaya! - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Amanda Nathasia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 April 2020

Selasa, 28 Juli 2020 17:41 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Podcastfest 2020, Kompetisi Seru dari UPH Kampus Surabaya!

    Dibaca : 305 kali

    Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya punya cara unik untuk tetap terkoneksi dengan siswa/i SMA. Kali ini dengan mengadakan kompetisi podcast 2020. Mungkin sebagian besar dari kamu belum mengerti apa itu Podcast. Namun, Podcast sudah sangat tenar alias populer di mancanegara, bisa dikatakan mirip dengan radio, tetapi juga memiliki perbedaan yang nyata dengan radio. Podcast adalah berkas digital berupa audio yang pendengarnya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut. Podcast ini adalah audio non-streaming, sehingga sangat berbeda dengan radio. Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang.

    Acara Podcastfest 2020 yang diadakan UPH Kampus Surabaya merupakan bagian dari workshop business incubation untuk siswa SMU kelas 12 yang diadakan prodi Manajemen UPH Kampus Surabaya sebagai proses praktik untuk peserta bagaimana cara membuat event dengan baik dan menarik. Tujuannya supaya peserta tidak hanya belajar secara teori saja tetapi juga belajar dari sisi praktik dan belajar untuk beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan yang baru untuk memberikan hasil yang terbaik. Kompetisi podcast 2020 ini dilaksanakan selama 2 Juni sampai 30 Juni 2020.

    Tema besar yang diangkat dalam Podcastfest 2020 ini adalah “Social Living in the Middle of Pandemic”, tema ini memiliki pesan bahwa para peserta dapat membagikan berbagai macam sektor dan profesi yang bisa dilakukan secara online serta memotivasi para generasi muda untuk tetap semangat belajar walaupun di tengah situasi saat ini.

    Untuk kompetisi podcast, peserta akan menjadi host dan mencari bintang tamunya sendiri dari berbagai macam bidang yakni mulai dari olahraga, pendidikan, influencer, dokter, forografer, pemain film dan beberapa bintang tamu lainnya yang menarik untuk disimak, kemudian peserta melakukan live melalui IGTV di Instagram @podcastfest2020.

    Masing-masing peserta juga memilih sub-tema yang disesuaikan dengan profesi dari bintang tamu serta berdasarkan keadaan yang sedang dialami oleh seluruh masyrakat Indonesia. Tujuan masing-masing sesi adalah untuk memberikan edukasi bahwa pandemi Covid-19 memang terjadi dan memberi dampak yang besar buat perekonomian, namun bukan berarti kita harus menyerah dengan keadaan kita harus mampu beradaptasi menjadi lebih maju di era New normal.

    Antuasiasme terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti kompetisi Podcastfest 2020 dan berasal dari sekolah-sekolah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia diantaranya SMAK Kolose Santo Yusup Malang, SMA Suluh Jakarta, SMA Negeri 2 Palangkaraya, Charis National Academy Malang, dan beberapa sekolah lainnya. Kompetisi podcastfest ini dimenangkan oleh Christifani Celine Christeg, siswi kelas 11 SMAK Kolose Santo Yusup, Malang. Ia mengaku bahwa sangat mengapresiasi kegiatan yang dibuat oleh UPH Kampus Surabaya dan merasa bangga terhadap dirinya yang tetap berprestasi walau di tengah pandemi.

    “Yang jelas kesanku senang banget UPH Kampus Surabaya bisa adakan kompetisi semenarik ini, dan aku juga bangga karena pertama kalinya aku ikut lomba podcast, dan bisa menangin lomba ini. Motivasi aku ikut kompetisi ini sebenarnya karena aku ingin nambah pengalaman dan prestasi dan mencoba produktif dengan buat podcast. Aku juga tertarik untuk masuk ke UPH dan ambil jurusan Ilmu Komunikasi karena aku yakin talenta ku semakin berkembang bila masuk jurusan tersebut,” Ungkap Christifani.

    UPH Kampus Surabaya berharap melalui kegiatan ini, UPH dapat berperan untuk mendorong sisi produktivitas dan kreativitas para milenial di tengah situasi pandemi ini. Selamat untuk para pemenang! Mari terus produktif hasilkan karya meskipun #DiRumahAja.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.