Minat Terjun di Bisnis Online? Berikut Tip dan Bagaimana Cara Kerjanya - Pilihan - www.indonesiana.id
x

Ridho Nastainullah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2020

Rabu, 29 Juli 2020 06:12 WIB
  • Pilihan
  • Berita Utama
  • Minat Terjun di Bisnis Online? Berikut Tip dan Bagaimana Cara Kerjanya

    Dibaca : 395 kali

    Untuk konsumen, profesional dan kategori besar situs web eCommerce mewakili bagian yang semakin penting dari landscape bisnis dan belanja. Di seluruh industri, ini menjadi bagian normal dari cara orang melakukan pembelian dan cara perusahaan berbisnis. 

    eCommerce adalah kategori yang luas. Artikel ini akan membantu Anda memahami apa itu eCommerce, dan bagaimana cara kerjanya. 

    Apa Itu eCommerce?

    eCommerce adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa secara online. Akar utama dari kata "perdagangan" didefinisikan sebagai pertukaran barang dan jasa antara bisnis, orang, atau entitas. Tambahan huruf “e” di awal kata hanya merujuk pada hal yang dilakukan melalui web. 

    Setiap kali Anda melakukan pembelian online, Anda berpartisipasi dalam eCommerce. Dan jika Anda menjual barang atau jasa melalui situs web, maka Anda memiliki bisnis eCommerce. 

    Dampak eCommerce pada ritel tidak dapat diabaikan. Penjualan eCommerce di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai $ 4,9 triliun pada tahun 2021, tumbuh 265%. Brand eCommerce raksasa seperti Amazon dan Walmart juga memiliki toko online.

    Tidak ada cara yang benar untuk melakukan eCommerce. Dan dalam beberapa tahun terakhir, membangun situs eCommerce menjadi lebih mudah, lebih terjangkau dan bisa tidak perlu mengetahui pengkodean untuk membuat eCommerce. 

    Bagaimana Toko eCommerce Bekerja

    Membangun situs web eCommerce mirip dengan memulai bisnis apa pun. Beberapa cara utama-nya adalah Anda memerlukan rencana bisnis, strategi pemasaran, dan produk atau layanan yang benar-benar diinginkan oleh audiens Anda. Tetapi ada beberapa fitur spesifik yang sangat penting untuk bisnis eCommerce.

    Website

    Komponen inti dari setiap toko eCommerce adalah situs webnya. Tanpa etalase fisik, situs web eCommerce adalah cara utama konsumen mengetahui merek Anda. 

    Ini adalah tempat utama mereka akan pergi untuk belajar tentang produk yang Anda jual dan bagaimana Anda masuk ke industri yang lebih besar. Dan pengalaman yang mereka miliki di situs seperti betapa mudahnya menavigasi, menemukan apa yang mereka butuhkan. Hal itu akan sangat memengaruhi apa yang mereka pikirkan tentang merek Anda.

    Singkatnya, Anda memerlukan situs web yang sangat bagus seperti :

    • Informatif
    • Mudah digunakan
    • Mudah ditemukan
    • Menarik
    • Ramah untuk perangkat seluler
    • Terpercaya

     

    Jika konsumen mengunjungi situs web Anda dan melihat website seperti tahun 1995 maka kemungkinan konsumen tidak akan percaya bahwa bisnis Anda kredibel. Situs web Anda adalah peluang utama Anda untuk meyakinkan mereka mengapa Anda adalah pilihan terbaik untuk produk yang mereka inginkan. 

    Web Hosting

    Web hosting adalah layanan yang diperlukan untuk membuat situs Anda online. Setiap situs web yang Anda lihat di web dihosting di suatu tempat. Sebagian besar dari mereka membayar perusahaan web hosting untuk layanan ini. 

    Untungnya, langkah ini mudah. Mendaftar untuk paket hosting UKM saat ini mulai dari Rp19.900/ bulan. 

    Nama Domain

    Nama domain adalah alamat Anda di web. Ini yang Anda ketik di browser untuk membuka situs web. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan menginginkan nama domain yang cocok dengan nama toko eCommerce Anda. 

    Tetapi jika Anda ingin mengambil .com, opsi yang tersedia terbatas. Sebagian besar nama domain yang bagus sudah diambil dan Anda mungkin perlu kreatif untuk menemukan sesuatu yang cocok untuk Anda. Yang terbaik adalah mempertimbangkan opsi nama domain yang tersedia sebelum memberi nama bisnis eCommerce Anda, sehingga Anda memilih yang bisa Anda dapatkan. 

    Software eCommerce 

    Situs web eCommerce memerlukan serangkaian fitur khusus untuk memungkinkan orang melakukan pembelian. Perangkat lunak eCommerce adalah bagaimana bisnis online dapat menyediakan:

    • Keranjang belanja
    • Pemrosesan pembayaran yang aman
    • Proses check out
    • Pembuatan akun pelanggan
    • Daftar Keinginan
    • Rekomendasi yang disesuaikan
    • Kode diskon

     

    Perangkat lunak eCommerce yang baik membuat pengaturan banyak fitur yang Anda butuhkan sederhana, dan memungkinkan Anda memberi pelanggan opsi yang meningkatkan pengalaman berbelanja mereka. Jika Anda menggunakan WordPress, plugin WooCommerce tersedia untuk Anda.

    Keamanan

    Berita tentang pelanggaran data telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Pemilik situs web eCommerce perlu melakukan segala upaya untuk memastikan situs web tidak menjadi target. 

    Situs web eCommerce memiliki kewajiban kepada pelanggan untuk berinvestasi dalam fitur keamanan untuk melindungi informasi pribadi dan keuangan yang Anda kumpulkan melalui situs. 

    Salah satu hal untuk meningkatkan keamanan yaitu menggunakan sertifikat SSL.

    Pengiriman dan Pengembalian Barang

    Pengemasan dan pengiriman barang adalah bagian besar dari pekerjaan menjalankan bisnis online. Dan biaya pengiriman adalah biaya signifikan yang harus Anda pertanggungjawabkan. 

    Anda perlu mengetahui apakah Anda akan menutupi biaya pengiriman (dan menambahkan biaya ke dalam harga Anda), atau meneruskannya kepada pelanggan yang berisiko kehilangan beberapa pembelian dalam proses tersebut. 

    Setelah Anda mengetahuinya, Anda perlu membuat perhitungan yang sama dalam memutuskan bagaimana menangani pengembalian. Banyak pelanggan mengharapkan pengalaman pengembalian yang mulus tanpa biaya atau setidaknya biaya yang murah. Menanggung biaya untuk pengiriman kembali dapat membuat pelanggan cenderung untuk membeli dari Anda lagi, namun itu memikul biaya yang akan mempengaruhi keuntungan Anda. 

    Ini keseimbangan yang sulit untuk diketahui, tetapi setiap bisnis eCommerce yang menjual produk fisik pasti menghadapinya.

    Pemasaran Online

    Pemasaran online adalah cara pelanggan Anda mengetahui keberadaan Anda secara online. Untuk bisnis eCommerce di pasar online, umumnya semua pemasaran Anda akan terjadi di saluran online. Anda harus menjelajahi Search Engine Optimization (SEO), media sosial, iklan Pay Per Click (PPC), pemasaran konten, dan mungkin taktik seperti pemasaran afiliasi.

    Pemasaran adalah bagian besar dari tugas menjalankan toko online yang sukses. Seberapa sukses Anda seringkali berkaitan langsung dengan seberapa banyak Anda berinvestasi dalam pemasaran eCommerce. 

    Kesimpulan 

    Nah itulah artikel dari kami mengenai penjelasan tentang apa itu eCommerce dan bagaimana eCommerce bekerja. Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini. Satu hal yang perlu Anda pikirkan yaitu pilhlah hosting yang dapat diandalkan. 

    Untuk bisnis eCommerce ini Kami sarankan Anda menggunakan VPS Linux dibanding shared hosting. Karena VPS dapat menampung jumlah trafik yang cukup besar dan stabil.

    Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga artikel ini bermanfaat.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.