x

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan di kampung dalam rangka melaksanakan KKN UNS Covid-19.

Iklan

Aprian Adi Saputra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Juli 2020

Rabu, 29 Juli 2020 06:24 WIB

Mahasiswa UNS tetap Mengabdi di Tengah Pandemi Covid-19

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret (KKN UNS) tahun ini dilaksanakan di desa masing-masing. Hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi telah mempengaruhi berbagai sektor, termasuk diantaranya sektor pendidikan. Bukan hanya kebijakan KKN yang berubah, tapi para mahasiswa juga mulai belajar dari rumah akibat pandemi ini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Rian, salah satu mahasiswa UNS yang menjalani KKN semester ini. Baginya KKN kali ini tidaklah seperti ekspektasinya, dimana sebelumnya dia berpikir untuk KKN di luar pulau. Namun, KKN kali ini akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan karena memiliki keistimewaannya sendiri. Baginya, pengabdian melalui KKN Covid-19 seperti ini adalah momen yang sangat langka yang semakin mempererat hubungannya dengan warga desa. Mengambil tema “Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19”, Rian meluncurkan 4 program kerja di kampung halamannya. Adapun program kerja tersebut terdiri dari edukasi mengenai covid-19 melalui MMT, edukasi tentang pentingnya social distancing, physical distancing, dan berbagai hal yang berhubungan dengan pencegahan covid-19 melalui e-poster, edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, dan juga edukasi mengenai pentingnya penggunaan masker kain sekaligus pembuatannya. Diharapkan serangkaian program kerja ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat setempat akan Covid-19.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret (KKN UNS) tahun ini dilaksanakan di desa masing-masing. Hal ini dikarenakan adanya pandemi Covid-19. Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi telah mempengaruhi berbagai sektor, termasuk diantaranya sektor pendidikan. Bukan hanya kebijakan KKN yang berubah, tapi para mahasiswa juga mulai belajar dari rumah akibat pandemi ini.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Rian, salah satu mahasiswa UNS yang menjalani KKN semester ini. Baginya KKN kali ini tidaklah seperti ekspektasinya, dimana sebelumnya dia berpikir untuk KKN di luar pulau. Namun, KKN kali ini akan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan karena memiliki keistimewaannya sendiri. Baginya, pengabdian melalui KKN Covid-19 seperti ini adalah momen yang sangat langka yang semakin mempererat hubungannya dengan warga desa.

Mengambil tema “Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19”, Rian meluncurkan 4 program kerja di kampung halamannya. Adapun program kerja tersebut terdiri dari edukasi mengenai Covid-19 melalui MMT, edukasi tentang pentingnya social distancing, physical distancing, dan berbagai hal yang berhubungan dengan pencegahan Covid-19 melalui e-poster, edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, dan juga edukasi mengenai pentingnya penggunaan masker kain sekaligus pembuatannya. Diharapkan serangkaian program kerja ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat setempat akan Covid-19.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Aprian Adi Saputra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB