Mengenal Beragam Mesin Kopi, Serupa tapi Tak Sama - Analisa - www.indonesiana.id
x

Dian Pratiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juli 2020

Rabu, 29 Juli 2020 12:19 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Mengenal Beragam Mesin Kopi, Serupa tapi Tak Sama

    Dibaca : 280 kali

    Mengenal Beragam Mesin Kopi

    serviamo.id - Ada berbagai jenis mesin kopi di pasaran Indonesia. Berawal dari Moka klasik, pada kenyataannya, pasar mesin kopi dalam negeri, berkat evolusi konstannya, sekarang menawarkan kepada kita kesempatan untuk mencicipi espresso di rumah yang secara kualitatif sebanding dengan bar.

    Tetapi bagaimana kita bisa mengarahkan diri kita dalam memilih model yang paling sesuai dengan kebutuhan kita?

    Di luar pertimbangan yang terkait dengan preferensi pribadi, untuk memastikan kami melakukan pembelian online yang baik, pertama-tama kita harus mempertimbangkan kebiasaan kita. Berbagai jenis mesin kopi sebenarnya dilengkapi dengan fitur-fitur khusus yang dirancang khusus untuk mencegat tidak hanya selera kita tetapi juga kebutuhan kita dalam hal biaya dan kenyamanan. Tapi mari kita lihat secara rinci pro dan kontra dari masing-masing model:

    Mokapot

    Ini adalah mesin kopi nNeapolitan klasik yang ditenagai oleh gas. Pasti murah, digunakan dengan kopi bubuk. Model listrik "yang dapat diprogram" seperti mesin kopi delonghi Alicia Plus baru-baru ini diperkenalkan ke pasar.

    Mesin Kopi Manual

    mesin kopi manual  adalah model "manual" yang membutuhkan takaran dan penekan kopi. Harga mesin ini sedikit lebih tinggi dari model lain tetapi perlu untuk mempertimbangkan penghematan yang akan diperoleh dari penggunaan kopi bubuk dibandingkan dengan sistem lain.

    Mesin Kopi Drip (American Coffee Drip)

    Semakin populer juga di Indonesia, mesin kopi Amerika baru-baru ini menjadi pengganti yang valid untuk kopi espresso. Saat memilih mesin kopi Amerika, kami menyarankan Anda untuk mengevaluasi aspek-aspek yang berkaitan dengan kapasitas tangki dan keberadaan fungsi-fungsi khusus seperti timer, start yang tertunda dan shutdown otomatis.

    Mesin Kopi Pods saat ini merupakan kompromi terbaik antara biaya dan kemudahan penggunaan. Berkat adopsi dari E.S.E. (Easy Serving Espresso) mesin pod kopi sangat menyederhanakan persiapan kopi dan operasi pembersihan selanjutnya. Meskipun normalnya tidak terlalu "bertubuh penuh", kualitas kopi yang dikeluarkan oleh model-model ini sangat tergantung pada jenis campuran yang digunakan. Akhirnya, pertimbangan terakhir menyangkut dampak lingkungan: pembelian mesin pembuat kopi merupakan pilihan "ekologis" karena kantong kertas sepenuhnya dapat didaur ulang.

    Mesin Kopi Kapsul

    Mewakili evolusi lebih lanjut dari sistem Pod. Berbeda dengan yang terakhir, bagaimanapun, Kapsul memiliki kemampuan yang lebih besar untuk menjaga sifat dan aroma kopi tidak berubah dari waktu ke waktu. Juga harus dipertimbangkan bahwa kapsul umumnya memiliki harga yang lebih tinggi daripada Pods dan akibatnya pilihan mesin kopi jenis ini sangat cocok untuk mereka yang tidak menggunakannya terlalu kuat setiap hari.

    Mesin Kopi Otomatis

    mesin kopi otomatis menawarkan kesempatan untuk merasakan aroma kaya kopi yang baru ditumbuk. Jenis mesin kopi ini "mengotomatiskan" penggilingan, dosis dan pengeluaran kopi. Meskipun umumnya lebih mahal daripada model lain, itu akan memastikan penghematan yang signifikan dari waktu ke waktu berkat penggunaan biji kopi yang terkenal lebih murah daripada Kapsul dan Wafel.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.