x

Talent digital di era disrupsi

Iklan

Achmad Luqman Chakim

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Juli 2020

Kamis, 30 Juli 2020 15:26 WIB

5+ Sejarah Komputer yang Wajib Anda Ketahui


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sejarah komputer - Jauh sebelum komputer memasuki Indonesia, negara-negara Barat sudah dikenal. Awalnya, peralatan yang digunakan sebagai kalkulator atau masalah aritmatika.

Bentuk komputer awalnya juga tidak maju seperti sekarang. Hanya ingin tahu tidak sejarah awal teknologi komputer? Kemudian sejarah komputasi dan perkembangannya diringkas dibagi menjadi 5 generasi. Informasi berikut adalah untuk Anda.

Pengertian Komputer

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pemberian nama tim berasal dari computare sarana kalkulator Latin. Mengapa? Karena di tim ini awalnya diciptakan sebagai perangkat untuk nomor dan proses penghitungan.

Dikutip dari definisi komputer menurut ahli, yaitu Donald H. Sanders, komputer berarti sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan akurat secara otomatis menerima, menyimpan dan mengolah data input yang pada gilirannya menghasilkan output di bawah kendali sistem operasi disimpan dalam penyimpanan.

Atau jika didefinisikan dengan kata lain, komputer ini merupakan perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen: monitor, CPU, keyboard, mouse dan printer, yang semuanya bekerja sama untuk menghasilkan data dan informasi sesuai dengan program yang ada .

Penemu Komputer Pertama

Sebelum pergi ke dalam sejarah perkembangan komputer, Anda harus tahu siapa penemu komputer pertama. Charles Babbage adalah seorang ilmuwan matematika yang berasal dari Inggris. Pada awalnya ia mengalami beberapa masalah dalam perhitungan matematika menggunakan tabel. Hal ini membuat inovasi untuk menciptakan alat untuk meminimalkan kesalahan dalam proses penghitungan. Pada akhir berhasil menciptakan mesin penghitung yang disebut perbedaan mesin pertama. Ini adalah mesin waktu Anda digunakan untuk menjadi pelopor untuk penciptaan komputer.

5 Generasi Komputer

Perkembangan ini dibagi menjadi komputer lima generasi, yang dimulai pada tahun 1941. Keterangan lengkap dapat diringkas dalam artikel berikut.

Generasi Pertama (1941-1959)

Dalam dunia komputer Perang II mulai dikembangkan oleh negara-negara yang bersangkutan untuk kebutuhan perang. Jerman adalah pelopor berpengaruh dalam pengembangan komputer.

Melalui salah satu insinyur yang bernama Conrad Zuse, pada tahun 1941 Jerman berhasil menciptakan komputer yang disebut Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Tidak mau kalah dengan saingannya, sekutu Inggris pada tahun 1943 juga berhasil membuat sebuah tim yang dibangun khusus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh Jerman, tim ini disebut Coloso.

Baru kemudian, pada tahun 1946, seorang ilmuwan Amerika berhasil membuat komputer yang dapat digunakan untuk semua yang disebut ENIAC menggunakan beberapa (Electronic Numerical Integrator dan Computer).

Peralatan ini adalah peralatan yang besar dan memakan banyak ruang, dan terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, kapasitor 10000, 75000 switch dan sambungan las 5 juta berat badan hingga 30 ton. ENIAC komputer disebut sebagai generasi pertama komputer.

Generasi Kedua (1959-1965)

Komputer pada tahun 1960 mengembangkan transistor yang memiliki kekuatan dan ukuran yang lebih kecil. bahasa mesin pada komputer juga menggunakan bahasa assembly.

komputer transistor ini mulai digunakan di instansi pemerintah dan perguruan tinggi untuk tujuan ilmiah. Kapasitas komputer juga dianggap lebih cepat dan dapat membuat pertukaran informasi secara real time.

Peralatan generasi kedua adalah permintaan yang cukup di pasar bahkan jika harganya cukup mahal. Selain itu, di komputer generasi kedua yang digunakan dalam sektor industri dan kesehatan dapat diandalkan dalam hal data cetak, menghitung gaji dan desain produk.

Generasi Ketiga (1965-1971)

transistor kedua menggunakan komputer generasi telah benar-benar membuat ukuran menjadi lebih kecil dan memiliki daya yang lebih efisien. Sayangnya, alat ini menghasilkan panas yang besar bila digunakan dalam risiko merusak bagian-bagian lain dari komputer.

Hingga akhirnya pada tahun 1958 ada ilmuwan dari Amerika Serikat bernama Jack Kilby yang berhasil menemukan solusi untuk masalah jenis ini transistor. Yaitu menggunakan IC (Integrated Circuit / IC) yang dikombinasikan dengan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari kuarsa.

Selain itu, para ilmuwan telah membuat sebuah chip tunggal terobosan, yang mewakili sejumlah besar komponen peralatan yang membentuk dalam ukuran yang lebih kecil.

Keuntungan dari generasi ini komputer sudah menggunakan sistem operasi (OS) yang dapat menjalankan berbagai program yang berbeda pada saat yang sama. generasi ketiga ini komputer IBM termasuk 30 UNIVAC 9000, 1108 UNIVAC dan GE 600.

Generasi Keempat (1971-1980)

Pada generasi keempat, banyak perusahaan yang berhasil bermanuver menggunakan satu chip untuk mengakomodasi ribuan komponen komputer menggunakan teknologi LSI (Large Scale Integration).

Selain itu, menjadi VLSI chip yang LSI chip atau sangat berisi ratusan ribu sirkuit terpadu, yang pada gilirannya membuat komputer mikro. Pada tahun 1970 Intel memperkenalkan mikrokomputer 4 bit. Peralatan generasi keempat menggunakan chip yang berisi transistor 230 60 000 operasi dilaksanakan dalam hitungan detik.

Kemudian pada tahun 1972 8-bit mikro yang juga merupakan desain Intel datang. Ciri dari tim generasi keempat mulai menggunakan hijau dan menggunakan dasar Microsoft untuk bahasa pemrograman dan CPM untuk pengoperasian sistem kontrol.

Generasi Kelima (sekarang dan masa yang akan datang)

Peralatan generasi kelima sudah mulai menggunakan PC standar. Perusahaan ini dianggap ahli dalam pengembangan tim ini adalah Intel dan Microsoft. Bahkan Microsoft resmi menjadi standar internasional untuk peralatan software dan hardware.

Generasi kelima ini juga sering disebut generasi Pentium karena penggunaannya sebagai salah satu yang paling mikroprosesor canggih dipertimbangkan. Komputer generasi ini juga memiliki jutaan warna dengan resolusi yang sangat tajam.

Juga saat ini mulai mengembangkan peralatan mobile seperti laptop. Langkah selanjutnya tetap dilakukan untuk mewujudkan generasi masa depan komputer dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Tujuan adalah perangkat komputasi yang mampu berkomunikasi dengan manusia, mereka dapat menggunakan informasi visual, dan belajar dari pengalaman pribadi.

Komputer awalnya dibentuk tabung vakum besar kini telah menjadi sebuah perangkat kecil yang bahkan bisa dibawa kemana-mana. Anda tidak dapat menyangkal teknologi yang akan membuat inovasi lebih lanjut.

Sumber referensi : restuemak.com

Ikuti tulisan menarik Achmad Luqman Chakim lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler