Sistem Informasi UPH Perkenalkan Pemanfaatan ICT di Era New Normal Kepada Siswa SMA - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Amanda Nathasia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 April 2020

Jumat, 31 Juli 2020 09:10 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Sistem Informasi UPH Perkenalkan Pemanfaatan ICT di Era New Normal Kepada Siswa SMA

    Dibaca : 448 kali

    Kondisi pandemi seperti saat ini telah mempercepat perubahan ke era teknologi informasi. Salah satunya semakin tumbuh kesadaran akan manfaat dari ICT (Information and Communication Technology) yang memudahkan beragam kegiatan.  Setiap lapisan masyarakat didorong untuk terus beradaptasi dalam memanfaatkan teknologi secara maksimal termasuk di dunia pendidikan. Mulai untuk kegiatan belajar-mengajar, proses bimbingan skripsi, penerapan prinsip paperless, juga proses penerimaan mahasiswa baru secara online.

    Bisa dikatakan pemanfaatan ICT atau sistem informasi bukan lagi pilihan tapi sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan di era new normal ini. Maka dari itu, Universitas Pelita Harapan (UPH) merasa penting untuk memberikan sosialisasi khususnya kepada siswa SMA bagaimana memaksimalkan pemanfaatan ICT di era new normal melalui webinar “Information System in New Normal”, 10 Juli 2020.

    Webinar ini menghadirkan alumni Sistem Informasi UPH 2016, Joshua Natan Wijaya, yang saat ini bekerja sebagai Web Apps Developer di PricewaterhouseCoopers, PwC, dosen program studi (prodi) Sistem Informasi (SI) Dr. Andree E. Widjaja, Ph.D., serta Veren Valencia – mahasiswi Sistem Informasi 2017 sebagai moderator.

    Teknologi yang terus berkembang membuat pemerintah ataupun instansi lainnya harus lebih terbuka dalam melakukan inovasi. Ditandai dengan perubahan pola pelayanan, dari manual menjadi pelayanan virtual. Tentu hal ini harus didukung oleh kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu memanfaatkan teknologi secara maksimal. Hal ini, menurut Dr. Andree, sudah diantisipasi dalam pembelajaran di prodi Sistem Informasi UPH, sehingga para lulusannya mampu memberikan solusi dalam memenuhi kebutuhan dalam penggunaan teknologi di berbagai bidang.

    “Profesional di bidang Sistem Informasi, semakin strategis. Sangat dibutuhkan untuk mengembangkan inovasi di bidang teknologi. Setiap harinya kini kita dituntut untuk menggunakan teknologi untuk beraktivitas. Di sini, lulusan SI dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi secara maksimal, sehingga memberi kemudahan, dan dapat mengatasi masalah yang ada,” kata Dr. Andree.

    Untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang fasih dalam pemanfaatan dan pengembangan teknologi, Sistem Informasi UPH membekali mahasiswa dengan pemahaman seputar pengaplikasian atau penggunaan teknologi informasi yang selalu relevan dengan kebutuhan industri sesuai tren terkini. 

    “DI SI UPH, kita menekankan prinsip bahwa teknologi harus mampu mengatasi masalah yang ada. Contoh di mata kuliah critical thinking membantu mahasiswa mengasah kemampuan menjadi seorang problem solver. Selain itu, kita akan belajar dari dua sisi yaitu teknologi dan manajemen, sehingga kita bisa menerapkan teknologi guna mendukung proses. Untuk itu mata kuliah manajemen juga dipelajari di sini,” kata Dr. Andree.

    Kualitas lulusan SI UPH juga diakui di dunia profesional. Hal ini disampaikan Joshua Natan Wijaya, saat berbagi pengalaman kepada peserta webinar yang umumnya para siswa SMA dari berbagai kota.  

    “Ilmu yang didapat saat kuliah di SI UPH selalu relevan dengan perkembangan teknologi. Dari awal sudah dikasih basic knowledge menjadi seorang Web Apps Developer seperti pekerjaan saya saat ini. Bahasa pemograman yang dipakai juga selalu mengikuti tren dan lebih update. Kita juga diajarkan untuk memanfaatkan teknologi dalam mengatasi perubahan yang terjadi di masyarakat seperti saat pandemi ini di mana semuanya serba online, kita dituntut untuk siap bekerja lebih inovatif dari sebelumnya,” tutur Joshua.

    Prodi SI UPH juga berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang menguasai keilmuannya serta mampu menjembatani kesenjangan antara pengguna dan teknologi untuk mendukung tujuan organisasi dan bisnis melalui pengembangan dan implementasi sistem informasi, sehingga siap menjawab kebutuhan pasar Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) yang terus berkembang. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang prodi Sistem Informasi UPH, dapat diakses di website www.uph.edu atau konsultasi online di 08111632838.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.