#SalingKuatMenguatkan Masa Pandemi, Mahasiswa UMM Bagikan Masker Gratis Ke Pedagang Kecil - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

pmmkelompok 33

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Juli 2020

Jumat, 31 Juli 2020 11:40 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • #SalingKuatMenguatkan Masa Pandemi, Mahasiswa UMM Bagikan Masker Gratis Ke Pedagang Kecil

    Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona, penggunaan masker yang benar dan pembagian masker gratis.

    Dibaca : 428 kali

    Masa pandemi Covid-19 tidak mencegah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang untuk memberikan pengabdian pada masyarakat. Salah satu tim PMM UMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang) kelompok 33 di kecamatan Balikpapan dan Gresik terus melanjutkan upaya pencegahan penyebaran virus corona.
    Sejak Kamis (16/7) sampai dengan Selasa (21/7) lalu, mahasiswa UMM melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona, penggunaan masker yang benar dan pembagian masker gratis pada UKM maupun pedagang kaki lima yang masih tetap mencari penghasilan di tengah pandemi saat ini.
     
    Kegiatan sosialisasi dan pembagian masker ini bertujuan agar para UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dan pedagang dapat mengetahui cara untuk mencegah penularan ketika sedang berinteraksi dengan para pembeli, sehingga dapat meminimalkan penyebaran Covid-19 melalui transmisi lokal (human to human transmission). Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memakai masker yang benar, menjaga jarak minimal 1 meter, hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, serta mencuci tangan dengan sabun sesuai anjuran WHO (World Health Organization).
     
    Selama terjun ke lokasi jual-beli, masih banyak ditemukan para penjual yang tidak menggunakan masker saat melakukan transaksi hingga masih adanya kesalahan dalam penggunaan masker. Selain itu, para pembeli juga didapati masih lalai dalam menaati aturan menjaga jarak antara satu dengan yang lainnya (physical distancing) selama melakukan antrian maupun transaksi kepada penjual.
     
    Tidak hanya berhenti pada sosialisasi masyarakat saja, kelompok 33 PMM UMM ini juga memanfaatkan platform media sosial yaitu “Instagram: untuk melakukan edukasi seputar Covid-19 guna menjangkau kelompok masyarakat yang lebih luas dari berbagai kalangan usia. Selain itu, kelompok 33 PMM UMM ini juga memanfaatkan platform tersebut sebagai media promosi produk UKM yang berada di daerah Gresik dan Balikpapan sebagai upaya menaikkan penjualan di masa pandemi ini. Dilansir dari platfrom Instagram (@pmm33.umm) produk yang dipasarkan diantaranya berbagai macam kripik dan kue.
     
     
    Pengabdian masyarakat ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Sendi Lia Yunita, M.Sc. dan beranggotakan 4 orang yaitu Sukma Oktavia Aulia, Mahliga Harum H, Aisyah Nurlitasari, Amatullah.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.