x

Iklan

Rizki Resa

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Agustus 2020

Senin, 3 Agustus 2020 15:13 WIB

Edukasi Pencegahan Covid 19 oleh Mahasiswa KKN UNS di Kampung Bayan Krajan

Artikel berisi tentang kegiatan KKN UNS COVID di Kampung Bayan Krajan RT 003/014, Kadipiro, Surakarta

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Untuk membantu pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di Indonesia, UNS memajukan pengadaan KKN yang seharusnya diadakan tahun 2021. KKN UNS kali ini dinamakan dengan KKN UNS Era Covid-19 karena diadakan di tengah pandemi Covid-19.

Sehubungan dengan peraturan pemerintah yang menghimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan meniadakan aktivitas yang mengumpulkan orang banyak, KKN UNS Era Covid-29 ini dilakukan di daerah mahasiswa masing-masing. Dengan adanya KKN UNS Era Covid-19, pihak UNS sangat mengharapkan mahasiswa-mahasiswa KKN UNS dapat memberikan edukasi maupun inovasi yang bermanfaat untuk warga di sekelilingnya.

Sebagai mahasiswa KKN UNS Era Covid-19, saya memiliki beberapa program yang berkaitan dengan edukasi Covid-19 dan cara pencegahannya. Program KKN saya, antara lain, meningkatkan pemahaman masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan cara melalukan pencegahan, mengajak masyarakat agar dapat mematuhi aturan pemerintah tentang social distancing dan physical distancing, meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan setelah berpergian atau setelah melakukan aktivitas dan membawa hand sanitizer ketika berada di tempat umum, meningkatkan kesadaran akan pentingnya mempunyai disinfektan sendiri di rumah untuk membunuh virus dan bakteri yang menempel di barang-barang yang ada di rumah, mengajak masyarakat agar dapat menerapkan kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan selalu memakai masker saat di luar rumah dan meningkatnya pemahaman akan pentingnya menggunakan masker kain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berdasarkan program KKN yang saya buat, kegiatan KKN yang sudah saya lakukan yaitu mengedukasi warga dengan membuat MMT dengan tema Covid-19 dan cara pencegahan, mengadakan E-Poster yang akan di share melalui WAG tentang pentingnya social distancing dan physical distancing untuk mencegah penularan Covid-19, memberikan brosur tata cara cuci tangan yang bersih menurut WHO dan membagikan hand sanitizer gratis kepada masyarakat, memberikan brosur tata cara membuat disinfektan sendiri dan melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga, dan pembelian masker kain dari penjahit, memberikan brosur tata cara cara membuat masker kain yang dibagikan secara gratis kepada warga dan mengadakan kompetisi membuat masker sendiri di rumah.

Kegiatan KKN saya dapat berjalan dengan lancar dengan bantuan dari warga. Para warga sangat mengapresiasi program kegiatan KKN saya dan merasa teredukasi yang berkaitan dengan Covid-19 sehingga dapat mengetahui langkah apa saja yang harus ditempuh untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ikuti tulisan menarik Rizki Resa lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB