Mahasiswa KKN UPN Veteran Yogyakarta Bagi-bagi Bingkisan New Normal kepada Pengemudi Ojol dan Pedagang K-5 - Analisa - www.indonesiana.id
x

MELAKUKAN PROGRAM BAGI-BAGI MASKER, HAND SANITIZER, DAN DISINFEKTAN KEPADA PARA PENGENDARA OJOL DAN PEDAGANG KAKI LIMA

RAFIKA RINIPTASARI

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Agustus 2020

Selasa, 4 Agustus 2020 09:40 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Mahasiswa KKN UPN Veteran Yogyakarta Bagi-bagi Bingkisan New Normal kepada Pengemudi Ojol dan Pedagang K-5


    Dibaca : 318 kali

    Sleman – Mahasiswi KKN UPN Veteran Yogyakarta dari kelompok T.72.18.S, Rafika Riniptasari(22) melakukan pembagian masker, handsanitaizer, dan disinfektan kepada para driver ojek online, serta pedangang kaki lima sekitaran Jalan Kaliurang, terutama di  wilayah Karangwuni, Caturtunggal, Depok, Sleman. Kegiatan ini dilakukan pada minggu ketiga program KKN Tematik Covid-19 UPN Veteran Yogyakarta. 

    Program tersebut ditujukan karena sejatinya para pengemudi ojek online dan pedagang kaki lima cenderung rentan terpapar Covid-19. Setiap hari mereka selalu terpapar oleh udara di luar, bertemu dengan banyak orang yang tidak dikenal, serta tidak kita ketahui apakah orang tersebut menjadi carrier Covid-19 atau tidak. Oleh karena itu mereka perlu dibekali beberapa starterpack untuk meminimalisir penularan Covid-19.

    Bersama Pedagang Sekitar Jakal

     

    Bersama Driver Ojol

    Dalam bingkisan berwarna hijau tersebut, terdapat satu paket berisi disinfektan 250 ml, handsanitizer 60ml, masker kain 3 lapis, dan stiker campaign kenang-kenangan KKN Tematik Covid-19 UPN Veteran Yogyakarta.

    Mereka tampak senang dan sangat berterimakasih akan adanya program kerja KKN Tematik Covid-19 UPN Veteran Yogyakarta ini. Karena pada awalnya ada beberapa dari mereka yang belum tahu bagaimana starterpack ojol saat menuju new normal seperti mengapa perlu membawa disinfektan ketika bekerja.

    Disinfektan yang dibuat juga menggunakan bahan-bahan sederhana, sehingga dapat dicontoh oleh para driver ojol maupun pedagang kaki lima yang ada. Selain bahannya mudah didapat dan murah, pengerjaannya juga sangat sederhana.

    Cukup sediakan air, Wipol, dan So Klin (agar menyamarkan bau disinfektan Wipol). Penggunaan Wipol dan So Klin juga cukup masing-masing berjumlah dua tetes, kemudian selebihnya dicampur air. Untuk alat spray juga dapat menggunakan botol bekas pewangi pakaian, atau semprotan tanaman.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.