x

Iklan

wahyu sinangsih

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Juli 2020

Selasa, 4 Agustus 2020 18:33 WIB

Hikmah Melempar Jumroh


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

menuju mina

Pada tanggal 10,11,12,13 Dzulhijah adalah proses melempar jumroh. Bagi jamaah haji ini adalah bagian ritual perjalanan haji. Memang haji adalah Arofah, Haji dimulai dari berwukuf di Arofah pada tanggal 9 Dzulhijah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Proses selanjutnya adalah bermalam di Mudzalifah untuk sholat Maghrib dan isya dijamak dan istirahat sebentar mencari kerikil persiapan melempar jumroh.

Melempar jumroh akan dimulai pada tanggal 10 Dzulhijah di tugu atau tembok aqobah dilanjutkan cukur atau tahalul awal. Namun demikian ada sebagian jamaah yang langsung ke Mekkah untuk melaksanakan thowaf ifadhah dan sa'i.

Tetapi ada juga yang tahalul kemudian melanjutkan melempar jumroh di tanggal 11,12 dan 13. Untuk tanggal ini melempar di tiga tugu ula, wustho dan aqobah dan masing-masing 7 kerikil.

Hikmah dibalik melempar jumroh adalah melempar keangkuhan, melempar kesombongan juga perilaku yang kurang baik (dari gangguan syetan). Sehingga diharapkan sepulang dari ibadah haji menjadi perilaku yang lebih baik hilang sifat dari syetan angkuh, sombong takabbur. Dan pulang mendapatkan predikat haji yang mabrur.

Ikuti tulisan menarik wahyu sinangsih lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu