Mahasiswa UMM Ciptakan Jamu Sehat untuk Tubuh dan Kulit di Desa Tegalgondo Malang - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

fenti nurjanaah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Agustus 2020

Rabu, 5 Agustus 2020 05:55 WIB

  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Mahasiswa UMM Ciptakan Jamu Sehat untuk Tubuh dan Kulit di Desa Tegalgondo Malang

    menjaga kesehatan tubuh dan kulit tentunya menjaga kekebalan imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19

    Dibaca : 226 kali

    Melalui Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang kembali melakukan pergerakan terbaru di wilayah desa Tegalgondo, Malang.

    Tim PMM UMM melakukan Pembagian berupa minuman jamu sehat ke beberapa rumah warga. Kegiatan ini diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Setyo Wahyu S, SE., ME. Kegiatan ini lakukan pada hari kamis 23 Juli 2020.

    Indonesia sangat kayak terhadap rempah-rempahnya, banyak sekali tanaman herbal yang tumbuh di Indonesia sebagai obat-obatan alami yang tentunya memiliki banyak sekali khasiat serta manfaat.

    Sejak pandemi Covid-19 muncul, hampir semua orang mengalami kendala untuk menjalani aktivitas kehidupan normal akibat pembatasan yang perlu dilakukan untuk mencegah penularan, dan seperti yang kita tahu sekarang Indonesia telah menciptakan dan menerapkan program baru yang disebut New normal. Program new normal ialah dimana masyarakat indonesia tetap bisa menjalankan aktivitas seperti biasa namun dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ada.

    Jamu sudah menjadi bagian atau cara pengobatan tradisional bagi masyarakat Indonesia sejak dulu. Seiring dengan perkembangan teknologi dan perkembangan jaman beberapa jenis jamu yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Jamu sebagai bagian dari pengobatan tradisional juga dikonsumsi oleh sekitar 30 persen rumah tangga di Indonesia, Mengkonsumsi minuman sehat seperti jamu diyakini dapat memperkuat imunitas atau daya tahan tubuh dimasa pandemi covid-19. Pemanfaatan obat tradisional tersebut menjadi upaya memelihara kesehatan, mencegah penyakit, dan tentunya merawat kesehatan kulit dan tubuh.

    Di tengah pandemi corona dan sedang menjalankan new normal yang dimana kita harus bisa hidup berdampingan dengan virus covid-19 ini, kami kelompok 4 PMM UMM membuat jamu tradisional yang berbahan dasar rempah-rempah alami yang memiliki banyak khasiat dan manfaat, seperti yang kita tahu jamu dari bahan rempah alami banyak mengandung beragam zat dan vitamin tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit.

    Bahan-bahan alami yang digunakan untuk membuat jamu diantaranya ada: daun salam, daun kayu putih, sambiloto, mauni, temulawak, kunyit, ceplek sari, secang, widoro putih, akar alang-alang. Dari bahan-bahan terserbut tentunya sudah dipastikan memiliki manfaat dan banyak mengandung khasiat bagi tubuh.

    Manfaat dan khasiat jamu paitan yaitu:

    1. Menyembuhkan flu dan pilek

    Mengandung antioksidan yang sangat banyak sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati pilek dan flu. Selain itu, juga dapat mengurangi gejala pilek, seperti demam, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan. Antioksidan yang terkandung dalam sambiloto juga dapat membantu tubuh Anda dalam mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

    1. Membantu mencegah penyakit jantung

    Jamu juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tanaman ini dapat mencegah pembentukan gumpalan darah serta dapat membantu memecah gumpalan darah. Tanaman rempah-rempah alami ini mampu membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah penyakit jantung. Selain itu, dan juga berkhasiat untuk melemaskan otot-otot dinding pembuluh darah, sehingga membantu Anda menurunkan tekanan darah tinggi.

    1. Mencegah Diabetes

    Selain penyakit jantung, rempah-rempah yang digunakan juga telah dikenal dapat membantu mencegah diabetes. dapat menurunkan kadar glukosa, trigliserida, dan kolesterol LDL. Efek ini mampu mencegah Anda dari diabetes.

    1. Membantu menyembuhkan infeksi

    Rempah-rempah yang digunakan seperti salah satunya sambiloto juga mempunyai sifat antibakteri, antivirus, dan antiparasit yang membuatnya mampu menyembuhkan penyakit infeksi. Salah satu penyakit infeksi yang dapat disembuhkan dengan bantuan sambiloto adalah sinusitis. Sambiloto dapat membantu menghentikan proses bakteri yang menyebabkan sinusitis menempel pada lapisan sinus Anda. Sehingga, Anda lebih cepat sembuh dari sinusitis.

    Selain itu, beberapa penyakit infeksi lain yang dapat disembuhkan dengan sambiloto adalah herpes, kusta, pneumonia, tuberkulosis, gonore, sifilis, malaria, leptospirosis, dan rabies. Sambiloto juga baru-baru ini dikenal dapat membantu mengobati HIV/ AIDS. Tanaman ini dapat meningkatkan jumlah sel darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada pasien HIV.

    1. Membantu meyembuhkan masalah pada pencernaan

    Jamu dari rempah-rempah alami ini tentunya dapat digunakan untuk menjaga kesehatan saluran cerna Anda. Tanaman ini mampu membantu Anda mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, kolik, gas dalam usus, dan sakit perut. Selain itu, juga dapat membantu memperkuat organ hati dan mengatasi masalah hati, seperti pembesaran hati, sakit kuning, dan kerusakan hati akibat obat.

    “Di masa pandemi seperti ini masyarakat tetap harus menjaga stamina dalam menghadapi new normal yang berdampingan dengan covid-19 ,dengan pemberian berupa minuman jamu kunyit ini ke beberapa rumah warga semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,"ujar Farah Yogi selaku ketua koordinator PMM UMM kelompok 4, Kamis (23/7/20).

    Dengan pemberian minuman berupa jamu paitan ini semoga warga desa Tegalgondo dapat selalu menjaga kekebalan tubuh dan tentunya juga menjaga kesehatan kulit saat menjalani aktivitas New Normal ini. (fnt/nyk)



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.