x

Bahagianya santri-santri di Kampung Qur'an Bromo ketika mendapatkan daging qurban

Iklan

PPPA Daarul Quran

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Agustus 2020

Jumat, 7 Agustus 2020 21:34 WIB

Qurban Terbaikmu Telah Sampai di Kampung Qur’an, Bromo

Bahagianya santri-santri di Kampung Qur'an Bromo ketika mendapatkan daging qurban

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pasca Hari Raya Idul Adha 1441 H, lebih tepatnya pada Hari Tasyrik kedua, Ahad (2/8), PPPA Daarul Qur’an Surabaya menyembelih dan mendistribusikan hewan qurban di berbagai wilayah, salah satunya yakni Kampung Qur’an Bromo yang terletak di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Tim Spirit Qurban PPPA Daarul Qur’an Surabaya mengutamakan pendistribusian di daerah ini karena merupakan wilayah dengan jumlah muslim yang minoritas. Kampung tersebut dikelilingi oleh pemukiman yang penduduknya mayoritas beragama non-muslim. PPPA Daarul Qur’an Surabaya pun mendistribusikan sebanyak 200 kantong daging qurban untuk masyarakat Kampung Qur’an Bromo dan masakan matang berupa sate, gulai serta rendang untuk dinikmati bersama santri Suku Tengger Bromo.

Perjalanan menuju lokasi Kampung Qur’an Bromo menempuh waktu kurang lebih tiga jam, dengan medan yang naik turun dan jalanan yang berliku, mengingat lokasinya berada di lereng Gunung Bromo. Setibanya di sana, PPPA Daarul Qur’an Surabaya menuju Musholla Al-Ikhlas Wal Barokah yang menjadi pusat aktivitas keagamaan dan tempat anak-anak muslim Suku Tengger belajar, mengaji, dan menghafal Al-Qur’an.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Musholla Al-Ikhlas Wal Barokah ini berdiri sejak tahun 2011, diwakafkan oleh seorang muallaf dari Suku Tengger bernama Sumarjono yang kini telah wafat. Tidak jauh dari khas Suku Tengger, musholla tersebut dibangun dengan menggunakan dinding kayu jati dan tiang dari kayu cemara Bromo, dengan dihiasi beberapa ukiran.

Keberadaan Mushola di kaki Gunung Bromo ini menjadi sarana dakwah di tengah perkampungan yang jarang terdengar alunan bacaan Al-Qur’an. Kini musholla tersebut diramaikan oleh puluhan santri yang mengaji.

“Masyarakat sekitar Suku Tengger tetap rukun hingga saat ini, umat muslim maupun Hindu tetap hidup berdampingan dan saling menghargai. Budaya Suku Tengger tetap terjaga, tidak ada masalah soal perbedaan keyakinan,” ujar Diantoro, selaku ketua takmir musholla.

Ia juga mengucapkan terima kasih, karena qurban PPPA Daarul Qur’an tahun ini sampai di Kampung Qur’an Bromo. “Saya berterima kasih sekali kepada PPPA Daarul Qur’an Surabaya sudah berbagi daging qurban untuk warga di sini, semoga semuanya berkah dan kita tetap menjalin silaturrahmi baik seperti ini,” katanya. []

Ikuti tulisan menarik PPPA Daarul Quran lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler