x

Iklan

Johanes Sutanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 8 Agustus 2020 06:28 WIB

Hati-hati, Penipu Incar Investor Saham Lewat Akun Instagram Palsu

Indo Premier Sekuritas dengan akun Instagram resminya @indopremier yang sudah centang biru (terverifikasi) juga tak luput dari incaran para penipu yang memodifikasi profil semirip mungkin untuk menipu anggota baru dengan mengaku-ngaku dari Indo Premier Sekuritas.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa yang akan dilakukan penipu ketika kedok penipuannya mulai dan sudah terbongkar? Persis. Si Penipu akan mencari modus baru. Namanya juga penipu kadang memang paling cepat dalam menemukan celah dan ide-ide penipuan terbaru.

Pun dalam investasi saham, penipu kini kini memiliki modus baru dalam melancarkan aksinya. Penipu menduplikasi akun-akun resmi sekuritas yang sudah centang biru dengan akun-akun palsu buatannya yang secara tampilan dan isi sama persis, tetapi kalau diteliti dengan cermat maka akan banyak ditemukan kelucuan.

Kelucuan-kelucuan itu mulai dari nama akun yang ngacau, deskripsi yang aduh mah amburadul dan penjelasan-penjelasan salah ketik atau kedunguan dalam berbahasa yang justru mendatangkan kecurigaan. Bagi yang tidak teliti, memang akan mudah terkecoh dan menuruti kemauan si penipu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Indo Premier Sekuritas dengan akun Instagram resminya @indopremier yang sudah centang biru (terverifikasi) juga tak luput dari incaran para penipu yang memodifikasi akun semirip mungkin untuk menipu anggota baru dengan mengaku-ngaku dari Indo Premier Sekuritas.

Indo Premier Sekuritas sebagai sekuritas swasta terbesar di Indonesia dengan akun Instagram resminya @indopremier yang sudah centang biru (terverifikasi) juga tak luput dari incaran para penipu yang menduplikasi dan memodifikasi akun resmi Indo Premier dengan dengan akun instagram palsu (fake).

Modus mereka pun terendus. Akun-akun palsu ini milik penipu ini memang tergabung atau memfollow akun-akun resmi @indopremier. Mereka ini biasanyamengincar member-member baru yang baru gabung di @indopremier yang biasanya masih bingung dalam investasi saham. Tidak tanggung-tanggung, akun mereka ini berjibun.

Mereka ini biasanya mengaku-ngaku dan mengatasnamakan Indo Premier. Mereka awalnya akan mem-follow akun-akun yang baru bergabung. Jadi jangan heran, begitu join dengan akun resmi @indopremier yang bercentang biru, kamu akan di-follow oleh akun-akun fake ini.

Mereka ini dengan pedenya akan langsung me-DM kamu yang seolah-olah ingin memberikan bantuan atau pertolongan. Penipu lantas meminta data-data pribadi mulai dari nomor telepon, hingga kartu debit yang ujung-ujungnya juga penipuan meminta korban mentransfer sejumlah uang ke rekening penipu dengan banyak alasan mau dibantu ini itu dalam investasi saham.

Untungnya, investor atau nasabah saat ini sudah semakin cerdas dalam berinvestasi karena sering diingatkan oleh Indo Premier sehingga sadar menyadari ulah penipu ini.

Selain itu, nasabah sadar bahwa yang namanya data pribadi itu tidak boleh diberikan kepada siapa pun, termasuk pada pegawai yang mengaku-ngaku atau mengatasnamakan sekuritas tertentu dalam hal ini Indo Premier.

Tak hanya meminta korban mentransfer sejumlah uang, penipu biasanya juga mengincar data-data mulai dari username, password dan secure PIN.

Data-data dalam investasi saham ini sifatnya pribadi sehingga tentu hanya boleh diketahui oleh nasabah dan tidak diperkenanankan diberikan oleh siapa pun, termasuk mereka yang mengaku-aku dari perusahaan sekuritas, karena mereka ini mau membobol dana yang ada di dalamnya.

Untungnya, nasabah memahami arti ceklis biru atau lencana verifikasi. Lencana verifikasi (verification badge) di instagram milik Indo Premier menjadi penanda akun resmi.

Ikuti tulisan menarik Johanes Sutanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB