x

Iklan

Cardio Miftahul Firdaus

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Juli 2020

Minggu, 9 Agustus 2020 06:15 WIB

Mahasiswa UMM Sosialisasi Stunting dan Pemberian Vitamin A di Posyandu Kecamatan Bareng Jombang

Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PMM) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang sebagai pengganti program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat (PMM) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang sebagai pengganti program Kuliah Kerja Nyata (KKN). PMM merupakan tempat bagi mahasiswa UMM untuk dapat berperan aktif dalam kehidupan di masyarakat. PMM 13 merupakan salah satu kelompok yang melakukan sosialisasi kesehatan di wilayah Bareng, Jombang.

Penimbangan Berat Badan Bayi di Posyandu Wonorejo

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Tim PMM 13 UMM yang terdiri dari Farhan Rizqi dan Cardio Miftahul, yang dibantu oleh tenaga Kesehatan Puskesmas Bareng memberikan sosialisasi mengenai cara mencegah stunting dan gizi sehat pada ibu hamil dan balita pada tanggal 8 Agusatus 2020 di  posyandu 2 dusun, yakni di Dusun Mojoanyar dan Dusun Wonorejo dengan didampingi tenaga medis dari Puskesmas Bareng dan dibantu oleh petugas posyandu setempat. Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Setyo Wahyu S, SE., ME.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh puskesmas dan posyandu yang diadakan setiap awal minggu di setiap bulan. Kegiatan yang dilakukan yakni seperti pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, serta pemberian vitamin. Pada penyuluhan kali ini untuk balita diberikan vitamin A yang bermanfaat untuk menambah Kesehatan pada bayi, dimana pemberian vitamin ini juga penting disaat terjadinya pandemic COVID-19 seperti saat ini, agar menambah kekebalan tubuh pada balita yang juga rentan dan tidak menutup kemungkinan juga dapat tertular virus COVID-19. Tidak hanya dilakukannya kegiatan itu saja bagi balita, namun juga bagi para orang tua yang mendampingi juga diberikan penyuluhan bagaimana untuk memberikan Makanan Pendamping ASI disaat bayi sudah mulai berumur 6 bulan ke atas, serta penyuluhan pemakaian masker.

 

Pemberian Vitamin A di posyandu Wonorejo

Pemberian penyuluhan pengguanaan masker itu juga diberikan karena masih kurangnya kesadaran warga terhadap pemakaian masker saat menjalani keseharian yang nantinya bila diindahkan juga akan berbahaya dapat tertular dan menularkan Virus COVID-19. Hal ini diakui oleh petugas puskesmas yang bertugas di kedua dusun tersebut, masih banyak warganya yang masih kurang sadar akan kepentingan pemakaian masker pada kesehariannya, dan hanya memakai masker disaat ada petugas Kesehatan yang datang.

Diharapkan dengan adanya penyuluhan yang dilakukan ini dapat meningkatkan kesadaran para warga untuk dapat dengaan disiplin mengenakan masker di kesehariannya agar tetap menjaga Kesehatan keluarga yang ada di rumah dan warga sekitar. (frr/cmf)

 

Ikuti tulisan menarik Cardio Miftahul Firdaus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler