x

Iklan

Hani Nisrina

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2020

Minggu, 9 Agustus 2020 22:45 WIB

Mahasiswa KKN 66 Unej Dampingi Warga Kembangkan Produk Wirausaha


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada Kuliah Kerja Nyta (KKN) Periode 2 tahun 2020 di masa pandemi Covid 19 Unej membuat kebijakan baru terkait formula pelaksanaan KKN. Mahasiswa yang pulang kampung ke wilayahnya masing-masing akibat adanya pandemi, diharapkan dapat berkontribusi kepada lingkungan desanya masing-masing.

Penulis menjalankan KKN periode ini di sebuah Kelurahan di Kawasan kecamatan Kaliwates Jember, yaitu Kelurahan Tegal Besar. Kelurahan ini memiliki lokasi yang cukup strategis dan dekat dengan pusat Kabupaten Jember membuat kelurahan ini termasuk dalam kawasan padat penduduk dengan terdapat banyak kompleks perumahan yang dihuni oleh warga asli maupun warga pendatang dari kota lain yang bekerja di Kabupaten Jember.

Wilayah Kelurahan yang strategis dengan kepadatan penduduknya penyebabkan penulis optimis bahwa wilyah ini cukup stategis untuk dijadikan tempat memulai suatu usaha Apalagi jika diimbangi dengan inovasi dan juga melihat kebutuhan ‘pasar’ pada saat ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Masyarakat setempat juga menyambut baik gagasan untuk memulai usaha bersama sebagai bentuk kegiatan baru yang dalam jangka panjang nantinya juga diharapkan dapat membantu perekonomian warga setempat. Dilatar belakangi hal itu  maka penulis mengambil tema pemberdayaan wirausaha masyarakat terdampak covid 19  pada KKN Unej 2020     

Kegiatan KKN yang penulis lakukan terbagi menjadi 6 minggu. Pada minggu pertama Pada minggu pertama penulis melakukan pendekatan dengan masyarakat sekitar berupa observasi lingkungan setempat, perkenalan diri, sekaligus pembahasan dan diskusi bersama Ketua RT dan RW setempat mengenai  program kerja KKN yang akan dijalankan.

Di minggu kedua, penulis mulai terjun ke masyarakat, hal yang pertama penulis lakukan adalah memberikan perkenalan cara pembuatan handsanitizer, sekaligus memberikan pelatihan akan kreatifitas dan inovasi dalam berwirausaha. Di minggu ketiga kegiatan yang penulis lakukan adalah pendampingan pra produksi, dimulai dari pencarian bahan baku, melakukan pendampingan pembuatan label dan nama produk, lalu pendampingan pada tahap branding dan packaging.  

Penulis  menggunakan media canva sebagai sarana pembelajaran pembuatan label dan logo produk . Di minggu keempat, memasuki pendampingan produksi produk berupa handsanitizer sampai tahap packaging. Di minggu ke enam ini, penulis berencana untuk melakukan pembekalan dan pendampngan stategi promosi dan pemasaran.

Selama pelaksanaan program, penulis tidak berjalan sendirian melainkan dibimbing oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) dan mendapat perhatian dari kepala lurah setempat. Bapak Anton selaku kepala lurah mengatakan bahwa program KKN yang sekarang mahasiswanya dapat memberdayakan masyarakat wilayahnya masing- masing sangat bagus dan berharap kedepannya program mahasiswa memberdayakan wilayahnya masing-masing dapat berkelanjutan. Beliau juga menyampaikan bahwa proker yang dijalankan sangat baik dan mengena di kondisi yang memang baru memasuki fase new normal ini.

Ikuti tulisan menarik Hani Nisrina lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB