x

Iklan

Yasmine Abil

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Agustus 2020

Senin, 10 Agustus 2020 17:31 WIB

Mahasiswa KKN UNS Sosialisasi Mengenai Covid-19 di Kudaile, Kabupaten Tegal

Kegiatan Mahasiswa KKN UNS Mandiri Era COVID-19

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Slawi - Pandemi COVID-19, juga dikenal sebagai pandemi coronavirus, telah menyebar hampir keseluruh penjuru dunia terutama Indonesia. Dilansir dari Wikipedia, Pandemi COVID-19 di Indonesia  sudah menyebar ke 34 provinsi dengan Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan sebagai provinsi paling terpapar. Sebagai tanggapan terhadap pandemi, beberapa wilayah telah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan mulai menerapkan kenormalan baru atau new normal.

Di tengah pandemi COVID-19 ini, Universitas Sebelas Maret (UNS) menyelenggarakan Program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan pelaksanaannya dilakukan secara mandiri di tempat tinggal masing-masing. Seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN yaitu Yasmine Salma Nabillah (K7717081) yang didampingi oleh dosen pembimbing lapangan Dr. Mohammad Masykuri, M.Si. melakukan kegiatan KKN-nya di lingkungan Wijaya Kusuma RT 08 RW 05 Kudaile, Slawi, Kabupaten Tegal.

Kegiatan KKN tanggap wabah COVID-19 dilaksanakan secara online dan offline ke masyarakat sekitar. Program kerja yang dilaksanakan secara online meliputi sosialisasi terhadap warga sekitar seputar tentang COVID-108/10/20209, cara pencegahannya, era new normal, dan penerapan protokol kesehatan melalui sosial media seperti grup Whatsapp dan Instagram. Sosialisasi pencegahan COVID-19 juga dilakukan guna menganjurkan untuk semua warga agar wajib mengenakan masker, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, serta jaga jarak atau social distancing.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sosialisasi pencegahan COVID-19 juga dilakukan secara offline dengan cara menempelkan banner, poster, dan stiker disekitar lingkungan jalan Wijaya Kusuma, seperti di masjid, papan pengumuman pos satpam, dan rumah warga sekitar. Selain itu, Yasmine juga memberikan tutorial berupa video cara menanam tanaman sayuran hidroponik sederhana dirumah dan pembuatan wastafel ekonomis melalui grup Whatsapp warga RT 08 RW 05 dan mengajak warga untuk berdiskusi bersama dengan mengusung tema besar “Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap COVID-19”.

Respon warga sekitar terhadap pelaksanaan KKN tanggap wabah COVID-19 ini cukup baik, bekerjasama, dan mampu berpikir secara kritis terhadap kondisi genting yang tengah terjadi saat ini. Diharapkan dengan diadakannya KKN tanggap wabah COVID-19 ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga keselamatan diri dengan menerapkan protokol kesehatan disaat pandemi dan dapat memutuskan rantai penyebaran COVID-19.

Ikuti tulisan menarik Yasmine Abil lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

2 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB