Tip Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19 - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Hannum Hasibuan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2020

Jumat, 14 Agustus 2020 12:02 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tip Mengelola Keuangan Saat Pandemi Covid-19

    Profesi apapun akan terganggu akibat adanya wabah ovid-19. Padahal suatu kebutuhan pokok haruslah dipenuhi demi kelangsungan hidup keluarga, masyarakat maupun organisasi. Oleh karena itu perlu dilakukan manajemen keuangan yang tepat.

    Dibaca : 386 kali

    Seperti yang kita ketahui bahwa memanajemen keuangan itu sangat penting bagi kehidupan kita karena dampaknya  akan lebih membawa kepada kedisplinan dalam mengelola uang, sehingga dapat kita ketahui bahwa menurut  Erlina, SE bahwa manajemen keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi-fungsi keuangan. Fungsi-fungsi keuangan tersebut meliputi bagaimana memperoleh dana (raising of fund) dan bagaimana menggunakan dana tersebut (allocation of fund).

    Sehingga pada saat terjadinya wabah Covid-19 seperti saat ini  telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk ekonomi. Beberapa perusahaan mulai merumahkan sejumlah pegawainya. Bahkan, bahkan ada beberapa di antaranya yang melakukan PHK. Situasi seperti ini, tentu saja perlu dilakukannya pengaturan keuangan dalam keluarga.

    Pada saat ini tidak hanya orang biasa saja yang terganggu keuangannya tetapi juga orang yang berada dalam roda kemampuan dalam menghasilkan keuangan juga ikut terancam karena penghasilan dari bisnis-bisnis yang telah dikembangkan dalam memperoleh uang sudah mulai menurun dari biasanya.

    Sehingga di saat seperti ini, profesi apapun itu akan terganggu akibat adanya wabah dari Covid-19, padahal suatu kebutuhan pokok haruslah dipenuhi demi kelangsungan hidup keluarga, masyarakat maupun organisasi, oleh karena itu perlu dilakukannya memanajemenkan pengolaan keuangan saat adanya wabah Covid-19 sehingga segala sesuatunya dapat terpenuhi dan tidak terganggunya keuangan yang dikeluarkan. Agar lebih mudahnya mari kita bahas tips mengelola keuangan saat terjadinya pandemi Covid-19 berikut :

    Tidak Melakukan Panic Buying

    Di masa awal pandemi virus corona, banyak orang yang melakukan panic buying dan memborong tisu dan juga antiseptik. Hindari melakukan hal ini karena dapat menaikkan pengeluaran Anda secara drastis. Lagi pula, stok yang telah habis akan selalu diisi kembali. Jadi, belilah sesuai keperluan Anda.

     

    Buat Anggaran Belanja Rutin

    Tip mengatur keuangan selama pandemi virus corona covid-19 kedua adalah dengan membuat anggaran belanja rutin. Selama berada di situasi pandemi virus corona covid-19 seperti saat ini, pendapatan berkurang. Jadi, ada baiknya kalian membuat anggaran belanja rutin.

    Menggunakan sistem pos alokasi anggaran yang lebih sederhana. Bagi keluarga yang berpenghasilan kurang dari Rp 10 juta, disarankan untuk membagi menjadi tiga pos keuangan, yaitu pengeluaran rumah tangga rutin yang wajib dan pengeluaran rumah tangga rutin yang dapat dihemat.

    Anggaran belanja ini bisa dibuat per minggu atau per bulan, tergantung pada kebutuhan dan kebiasaan. Anggaran belanja rutin cukup berisi hal-hal yang pokok saja, seperti bahan makanan, listrik, gas, dan sebagainya. Dengan begitu, kalian hanya akan menggunakan uang untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan.

     

    Buat Skala Prioritas

     

    Cara mengatur keuangan yang kedua selama pandemi Covid-19, yaitu dengan menentukan skala prioritas pengeluaran. Untuk melakukan cara ini, sangat dianjurkan untuk membuat daftar kebutuhan apa saja yang ingin dibeli.

     

    Prioritas pengeluaran pada pos wajib seperti pembayaran hutang atau cicilan, uang sekolah anak, pembayaran listrik atau kewajiban lain. Pembelian kebutuhan pokok dengan memanfaatkan promo-promo.

     

    Setelah itu, bisa mengeliminasi atau mengurangi beberapa keperluan yang tidak begitu penting. Misalnya kebiasaan membeli makanan junkfood, nongkrong di kafe, maupun penggunaan internet yang berlebihan selama berada di rumah.

    Selain itu, Anda juga bisa mencari solusi kreatif lain untuk menekan jumlah pengeluaran setiap bulannya.

    Mempersiapkan Dana Darurat 

    Dalam menghadapi wabah Covid 19 ini tentunya kita perlu membuat anggaran tak terduga atau dana darurat. Dimana dana darurat ini memang penting untuk kesiapsiagaan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, di saat pendapatan tidak selancar biasanya seperti saat ini, tidak masalah jika anggaran ini dipangkas lebih kecil dari biasanya.

    Apalagi di saat seperti ini ketika kesehatan menjadi hal yang paling penting. Anggaran dana darurat akan sangat bermanfaat untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kesehatan terganggu, lalu perlu membeli obat atau memeriksakan diri ke dokter.

     

    Catat Setiap Pengeluaran

     

    Tips keuangan di saat pandemi virus corona covid-19 berikutnya adalah dengan mencatat setiap pengeluaran. Lakukan pencatatan untuk setiap pengeluaran yang sudah dilakukan, sekecil apapun itu. Sebaiknya, pencatatan ini dilakukan secara rutin setiap hari.

    Tidak berhenti di pencatatan saja, sebaiknya kalian juga melakukan evaluasi, apakah pengeluaran sudah sesuai dengan anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya atau belum. Dari kegiatan evaluasi pengeluaran ini kalian juga akan bisa menyimpulkan, anggaran atau pengeluaran mana saja yang bisa dipangkas untuk ke depannya.

     

    Mencari Sumber Penghasilan Lain

     

    Meski terdengar sulit, namun jika memungkinkan mulailah untuk mencari sumber penghasilan lain. Di saat seperti ini, kita tidak bisa hanya mengandalkan penghasilan saja.

    Keadaan yang mendesak seperti saat ini, terkadang bisa memaksa kita untuk berpikir lebih kreatif. Jadi, mulai coba memikirkan usaha yang sekiranya bisa digunakan sebagai sumber penghasilan sampingan. Namun, tentunya usaha tidak bisa dijalankan dengan sembarangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari modal hingga potensi.

    Sebagai gambaran usaha apa saja yang cukup potensial untuk dikerjakan di masa pandemi virus corona covid-19 ini, bisa dilihat di artikel berjudul '6 Pekerjaan Sampingan Bisa Tambah Penghasilan Saat WFH Wabah Virus Corona Covid-19'.

    Itulah di antaranya 6 tips mengatur keuangan di masa pandemi virus corona covid-19. Dengan mengikuti tips di atas, kondisi keuangan bisa lebih terkontrol. Selain itu, jangan lupa tetap berdoa semoga keadaan sulit ini bisa segera berlalu.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.