x

Grojogan Lepo Dlingo

Iklan

Idris Hasibuan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 25 Agustus 2020 06:10 WIB

5 Air Terjun di Yogyakarta yang Cocok Buat Tempat Ngadem

Yogyakarta memang terkenal dengan wisata alamnya yang menawan. Mulai dari pantai-pantainya di Gunung Kidul hingga Bantul. Sampai candi-candinya di Sleman dan wisata sejarahnya di pusat kota. Nah, bagi kamu yang ingin menikmati Jogja secara berbeda, kamu bisa meng-eksplore air terjun yang ada di wilayah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Yogyakarta memang terkenal dengan wisata alamnya yang sangat menawan. Mulai dari pantai-pantainya yang ada di Gunung Kidul hingga Bantul. Sampai dengan candi-candinya yang ada di Sleman dan wisata sejarahnya  di pusat kota. Bukan hanya itu, pusat perbelanjaan dan kuliner khas Jogja juga selalu menghipnotis para pengunjung.

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati Jogja dengan rasa berbeda. Kamu bisa memulai liburanmu dengan meng-eksplore air terjun yang ada di kawasan ini . Memang tak sebanyak di air terjun di Banyumas yang terkenal dengan salah satu kota paling banyak air terjunnya di Jawa Tengah. Jogjakarta justru hanya menyimpan sedikit destinasi air terjun karena memang tak banyak hutan di sana.

Namun jangan sedih, meski sediktit air terjun di Yogjakarta mempunyai keistimewaannya sendiri. Berikut ini 5 air terjun yang bisa kamu kunjungi.

1. Air Terjun Kedung Pedut

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Air Terjun Kedung Pedut terletak di kawasan Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk bisa sampai disini tentu saja tidak mudah karena kamu harus melewati beberapa jalur yang cukup panjang. Pertama, kamu harus menaiki gunung melewati jalur perbukitan. Meskipun terdengar sangat melelahkan, namun kamu akan disuguhkan dengan pemandangan asri dan indah seperti hamparan sawah yang hijau, jurang yang sangat dalam, serta tebing-tebing tinggi berlumut yang sangat eksotis.

2. Curug Luweng Sampang

Berada di Desa Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, Curug Luweng Sampang termasuk mudah dijangkau. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Pusat Kota Jogjakarta. Kamu bisa meluncur melewati Jalan Solo menuju Gantiwarno untuk lanjut ke Desa Jogoprayan. Sesampainya di desa tersebut, kamu tinggal menuju Desa Sampang dan bisa mulai mencari dimana Curug ini berada, tepatnya di pertigaan Nglipar.

3. Grojogan Lepo Dlingo

Grojogan Lepo Dlingo via www.bapermulu.com

Namanya berkunjung ke air terjun, sudah pasti kamu akan berenang. Nah, jangan lupa untuk membawa baju ganti disana karena lokasinya yang jauh dari area parkir. Jika kamu ganti di mobil, dikhawatirkan kamu kedinginan. Tentunya, kesehatan adalah yang utama, bukan? Kamu bisa meraskaan dinginnya dan warna grojogan lepo dlingo yang menawan.

4.  Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk merupakan sebuah objek wisata yang sangat dirawat dan dikelola dengan baik. Air tejun ini sempat viral di media sosial karena terkenal dengan green canyon ala Jogjakarta. Meski tidak selalu memiliki debit air yang banyak, apalagi sedang musim kemarau. Sebaiknya kamu mengunjunginya ketika airnya masih banyak.

5. Air Terjun Kembang Soka

Airnya terjun kembang soka memiliki keunikan tersendiri yaitu  air jernih berpadu dengan batuan air terjunnya berwarna kekuningan. Terdapat banyak kolam alami di sepanjang aliran sungai Kembang Soka Yogyakarta, dan air kolam alaminya berwarna hijau toska.

Bagaimana? Kamu sudah berkunjung ke air terjun yang mana saja?

Ikuti tulisan menarik Idris Hasibuan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu