x

Iklan

nur sholeh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Februari 2020

Rabu, 26 Agustus 2020 14:37 WIB

Cara Bikin Stiker Whatsapp yang Mudah

Stiker WhatsApp tersedia untuk semua orang di Android dan iOS. Sejak diluncurkan, stiker WhatsApp dengan cepat menjadi populer. Di Indonesia, yang merupakan basis pengguna terbesar untuk WhatsApp, lebih banyak stiker dalam bahasa daerah beredar di platform tersebut. Fitur ini terbuka untuk pihak ketiga, artinya pengembang dari seluruh dunia dapat membuat dan menambahkan stiker untuk WhatsApp.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Stiker WhatsApp tersedia untuk semua orang di Android dan iOS. Sejak diluncurkan, stiker WhatsApp dengan cepat menjadi populer. Di Indonesia, yang merupakan basis pengguna terbesar untuk WhatsApp, lebih banyak stiker dalam bahasa daerah beredar di platform tersebut. Fitur ini terbuka untuk pihak ketiga, artinya pengembang dari seluruh dunia dapat membuat dan menambahkan stiker untuk WhatsApp.

Selain paket stiker unik yang ditawarkan WhatsApp, pengguna juga dapat membuat stiker pribadi mereka sendiri. Jadi mereka dapat memiliki stiker khusus, hewan peliharaan atau diri mereka sendiri atau apa pun dari galeri foto ponsel mereka. Penasaran bagaimana cara bikin stiker WhatsApp? Jangan bingung, berikut adalah tipsnya untuk Anda.

Cara Kirim Stiker WhatsApp

Untuk dapat menggunakan stiker, pengguna WhatsApp Android perlu memperbarui ke versi 2.18.329. Di iOS, fitur tersebut disertakan dalam WhatsApp versi 2.18.100. Stiker untuk WhatsApp diluncurkan dengan 12 paket gratis seperti Cuppy oleh Lagu Minseung, Teman Bibimbap oleh Pete Ellison, Biscuit oleh Ghostbot dll. Setelah diunduh, paket stiker ini akan tersedia secara offline juga

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk mulai menggunakan stiker di WhatsApp pada hape Android, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka keyboard dalam obrolan, di mana pengguna akan melihat tombol stiker baru di kiri bawah.
  • Tab Stiker baru dan akan terbuka saat pengguna mengklik tombol stiker.
  • Tab Stiker yang memiliki ikon khusus untuk stiker yang baru saja digunakan, berbintang, favorit diikuti dengan paket stiker yang telah diunduh pengguna. Pengguna dapat menandai stiker favorit mereka dengan mengetuk opsi bintang.
  • WhatsApp juga memiliki Toko Stiker yang dapat diakses dengan mengetuk ikon + di bagian atas. Di sini, pengguna dapat memilih paket stiker yang ingin diunduh
  • Seseorang dapat mengunduh sebanyak mungkin paket stiker yang mereka suka.
  • Selanjutnya, pengguna cukup memilih stiker yang ingin dibagikan dan dikirim ke chat.
  • Stiker WhatsApp dapat diakses dari aplikasi WhatsApp Web juga.

Cara Bikin Stiker WhatsApp

Jika Anda ingin membuat stiker sendiri dan ditambahkan ke WhatsApp, maka Anda harus menggunakan aplikasi. WhatsApp tidak mengizinkan Anda membuat dan menambahkan stiker Anda sendiri, tetapi aplikasi pihak ketiga bisa melakukannya.

Salah satu aplikasi tersebut adalah 'Pembuat stiker untuk WhatsApp' yang memungkinkan Anda mengubah foto apa pun menjadi stiker. Anda dapat membuat stiker foto dari galeri atau Drive ponsel Anda, Google Foto, dll. Jadi, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini?

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi 'Pembuat stiker untuk WhatsApp', tersedia di Google Play Store. Sebelum Anda memulai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, Anda dapat membuat paket stiker Anda sendiri dengan maksimal 30 stiker.

Setelah paket ditambahkan ke WhatsApp, Anda tidak dapat mengedit atau menambahkan stiker ke dalamnya. Jadi, misalnya, jika Anda telah menerbitkan paket stiker yang hanya berisi lima stiker di dalamnya, Anda tidak dapat menambahkan lebih banyak stiker ke paket yang sama.

Untuk melakukannya, Anda perlu membuat paket stiker baru dan menambahkannya sebagai yang berbeda di WhatsApp. Dilansir dari Surau.co, berikut adalah cara membuat stiker dalam aplikasi Whatsapp:

  1. Buka aplikasi 'Pembuat stiker untuk WhatsApp' dan klik opsi "Buat paket stiker baru".
  2. Masukkan nama dan penulis paket stiker.
  3. Halaman baru memungkinkan Anda menambahkan hingga 30 stiker khusus. Perhatikan bahwa ikon di atas adalah yang akan muncul sebagai pengidentifikasi paket stiker Anda di WhatsApp.
  4. Klik ikon 'tambahkan stiker' untuk mulai membuat stiker kustom Anda sendiri dari galeri.
  5. Anda dapat memotong gambar untuk memilih bagian yang Anda inginkan sebagai stiker. Setelah dipotong, tambahkan sebagai salah satu stiker di paket stiker Anda.
  6. Terakhir, klik opsi 'Publikasikan Paket Stiker' di sudut kanan bawah dan konfirmasi untuk menerbitkan.
  7. Setelah pengguna mempublikasikan paket stiker, maka stiker akan secara otomatis muncul di WhatsApp dan paket stiker Anda di aplikasi akan diidentifikasi dengan ikon baki.

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara bikin stiker WhatsApp dengan menggunakan langkah-langkah di atas?

 

Ikuti tulisan menarik nur sholeh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu