x

Iklan

Amanda Nathasia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 April 2020

Jumat, 28 Agustus 2020 06:53 WIB

Sambut Mahasiswa Baru dengan Semangat Meresponi Panggilan Tuhan untuk Melayani


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam UPH Festival 2020 ini seluruh mahasiswa baru juga harus mengenal seperti apa fakultas yang mereka telah pilih. Untuk itu program Welcoming by Faculty menjadi salah satu program yang penting untuk diadakan di UPH Festival 2020. Walaupun tahun ini diadakan secara online akibat adanya pandemi yang belum usai, namun diharapkan para mahasiswa baru tetap merasakan momen berharga dalam memasuki jenjang perkuliahan bersama di UPH. Seluruh rangkaian kegiatan untuk menyambut dan membekali mahasiswa baru Teachers College (TC) dilaksanakan tanggal 10-14 Agustus 2020 melalui Zoom meeting.

New Student Orientation (NSO) TC UPH diisi dengan penjelasan visi dan misi fakultas serta perkenalan dengan para dosen, pembimbing akademik, dan staff fakultas. Pada kesempatan ini, para mahasiswa baru juga dijelaskan tentang sistem perkuliahan online yang akan dijalankan, serta keunikan program studi masing-masing. Tidak hanya itu, mahasiswa baru juga disambut oleh YPPH (Yayasan Pendidikan Pelita Harapan), MYC (Mission Youth for Christ), dan HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi). Ada juga sesi sharing dari alumni yang membagikan pengalaman serta memberikan semangat untuk mahasiswa baru TC 2020. Tidak hanya itu, melalui penjelasan yang diberikan Oh Yen Nie, S.E., M. Ed. - Dean of Teachers College UPH, mahasiswa ditekankan untuk tetap mempersiapkan diri dengan maksimal walaupun harus belajar dengan sistem online.

“Tentu pandemi Covid-19 ini membawa dampak dalam banyak aspek, salah satunya dalam sektor pendidikan sehingga kita harus menjalankan pembelajaran secara online. Tentunya, sebagai calon-calon guru Kristen yang disiapkan untuk mengajar di era yang baru nanti, kita berharap di TC kalian dapat berproses, dibentuk, dan bertumbuh (Grow) sebelum akhirnya kalian akan diutus (Go) menjadi berkat bagi pendidikan Kristen di Indonesia. Walaupun saat ini masih kuliah online, kami harap mahasiswa baru tetap semangat, tetap maksimal, dan selalu mengandalkan Tuhan,” Jelas Oh Yen Nie.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam rangkaian NSO, mahasiswa baru juga dibekali mengenai 5 poin penting mengenai kehidupan kampus di TC dengan tajuk “New Normal Series”, yaitu:

Introduction to Online Learning

Mahasiswa baru diperkenalkan natur dan tujuan dari online learning, regulasi, serta bagaimana mereka menjalankan dengan respons hati yang benar serta berintegritas.

Introduction to Microsoft Teams dan Moodle

Mahasiswa baru diperkenalkan dan diberikan tutorial bagaimana menggunakan platform yang digunakan dalam menjalankan online learning.

Healthy Relationship & Good Communication

Mengingat konteks mahasiswa TC yang beragam, berbeda suku, budaya, latar belakang keluarga, dan realitas mereka tidak dapat melakukan interaksi tatap muka, mereka perlu diperlengkapi untuk dapat menjalin komunikasi dan relasi yang sehat.

Time and Money Management

Sebagai mahasiswa baru, mereka akan beradaptasi dalam banyak hal. Kami melihat pengelolaan waktu dan uang adalah penting, bukan hanya di dalam konteks online learning, tetapi secara utama sebagai pertanggungjawaban mereka kepada Allah.

Ethics and Social Media Skills.

Sebagai murid Kristus dan nantinya sebagai guru Kristen, mahasiswa baru perlu aware dalam menggunakan media sosial, sehingga melaluinya mereka dapat menjadi garam dan terang.

Melalui pertemuan antara dekan, kaprodi, dan staff fakultas dengan seluruh mahasiswa baru, diharapkan para mahasiswa semakin mengenal fakultas dan dapat mengikuti ritme perkuliahan dengan baik di TC UPH.

Ikuti tulisan menarik Amanda Nathasia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler